Traveling

Yuk Kunjungi Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor yang Instagrammable dan Murah Banget!

Apa nih tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang jadi favorit Anda?

Hobring.com – Pandemi Covid-19 memang membuat kegiatan jadi serba terbatas. Tak ayal, hal tersebut dapat memengaruhi kondisi psikis atau kesehatan mental.

Refreshing kini menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar. Agar liburan tetap aman di tengah pandemi, warga khususnya Jabodetabek biasanya mencari lokasi terdekat untuk menikmati libur akhir pekan misalnya tempat wisata dekat Stasiun Bogor.

Kota Bogor, Jawa Barat adalah lokasi paling cocok untuk mengisi waktu liburmu di masa pandemi Covid-19 terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Salah satu transportasi yang paling mudah dicapai untuk sampai ke Kota Hujan adalah kereta api commuter line. Selain akses yang sangat mudah, biayanya juga sangat terjangkau.

Lalu, apa saja tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di sekitar Stasiun Bogor?

  1. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor. Sumber: GetLostID
Kebun Raya Bogor. Sumber: GetLostID

Tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang paling mudah Anda jangkau hanya dengan berjalan kaki adalah Kebun Raya Bogor.

Berawal dari kebun percobaan untuk tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Pada abad ke 19, Kebun Raya Bogor mengalami perkembangan yang membawanya menjadi tempat bagi para ilmuwan dan peneliti di bidang botani.


Baca Juga:


Jika sebelumnya Kebun Raya Bogor hanya digunakan untuk kebutuhan penelitian saja. Kini, Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang bisa dikunjungi oleh publik.

Kebun Raya Bogor bukan hanya sekadar kebun yang ditanami oleh tumbuhan dan tanaman yang langka serta beragam fauna saja. Ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi saat mendatangi Kebun Raya Bogor, misalnya Danau Gunting yakni sebuah danau yang menyerupai bentuk gunting.

Selanjutnya Museum Zoologi yang mengoleksi aneka ragam hasil penelitian di masa lalu. Kemudian Pemakaman Belanda Kuno yang kaya akan sejarah karena terdapat catatan yang ditulis oleh Caspar Georg Carl Reinwardt yang merupakan pendiri dari Kebun Raya Bogor pada tahun 1817.

Berikutnya ada Monumen Lady Raffles yakni sebuah monumen untuk mengenang Olivia Mariamne yaitu istri dari Sir Thomas Stamford Raffles yang saat itu merupakan Letnan Gubernur Inggris di Pulau Jawa pada abad ke 19.

Olivia Mariamne meninggal pada tahun 1814 di sekitar lokasi Kebun Raya Bogor. Untuk mengenangnya, Thomas Stamford Raffles membangun tugu untuk mendiang istri tercinta.

Tidak hanya Tugu Lady Raffles saja, Kebun Raya Bogor memiliki banyak tempat yang bisa Anda jelajahi dan dijamin Anda tidak akan pernah bosan. Untuk tiket masuk terbilang sangat terjangkau dengan biaya mulai Rp 15.000 per orang dan Rp 5.000 per kendaraan.

Anda bisa menikmati Kebun Raya Bogor bersama teman, kekasih bahkan keluarga. Nah, sebelum Anda mengunjungi Kebun Raya Bogor, pastikan Anda selalu mengupdate informasi terkini terutama di tengah pandemi Covid-19 ya.

2. Kampung Labirin

Tempat wisata dekat Stasiun Bogor berikutnya adalah Kampung Labirin. Sesuai dengan namanya, Kampung Labirin adalah kampung tematik yang akan mengajak Anda untuk merasakan tersesat dengan nyaman karena setiap gang di kampung tersebut telah dipercantik. Anda bisa berswafoto dengan foto-foto yang menarik untuk diabadikan.

Menurut Lurah Babakan Pasar, Rokib Alhudry, mengatakan bahwa konsep Kampung Labirin adalah mencari jalan keluar dan pengunjung bisa merasakan sensasi petualangan didalamnya.

“Kampung Labirin itu objek wisata yang dikonsep mencari jalan keluar ketika masuk ke sebuah area yang kebetulan berkelok-kelok, banyak belokan dan mereka pengunjung di dalam itu tersasar karena banyak gang. Kita membuat mereka bermain di dalam gang itu kemudian mereka nyasar tapi nyaman,” ujar Lurah Babakan Pasar Rokib Alhudry yang dikutip dari ayobandung.com.

Kampung Labirin
Kampung Labirin. Sumber: Bogor Online

Cara untuk menuju Kampung Labirin sangat mudah. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 2,9 kilometer atau sekitar 30 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Bogor.

Tapi jika Anda tidak ingin terlalu lelah berjalan, ada alternatif lain misalnya menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 15 sampai 20 menit. Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk bertualang dan tersesat di Kampung Labirin?

3. Situs Batu Dakon Andesit

Situs Batu Dakon
Situs Batu Dakon. Sumber: Tripadvisor

Jika Anda sudah selesai menikmati keanekaragaman botani dan fauna di Kebun Raya Bogor serta bertualang dengan seru di Kampung Labirin, pastikan Anda tidak melewatkan yang satu ini. Ada sebuah tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang bisa Anda kunjungi yaitu Situs Batu Dakon Andesit.

Tak kalah dengan tempat wisata lainnya, Situs Batu Dakon Andesit berada di kawasan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat bersejarah karena terdapat sebuah batu berjenis andesit dan merupakan bagian dari peninggalan masa pra sejarah.

Fungsi dari Batu Dakon sendiri yakni media upacara ritual bagi masyarakat setempat di masa pra sejarah pada saat itu.

Dengan bentuknya yang unik dan dapat menampung air, Batu Dakon dianggap memiliki kaitan erat dengan makam kramat yang berada di Kebun Raya Bogor seperti yang dikutip dari laman hallosukabumi.com.

Cara untuk mencapai Situs Batu Dakon Andesit adalah dengan berjalan kaki selama 30 menit atau jarak tempuh 2,4 kilometer. Sebelum mengunjunginya, pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan ya karena letaknya berada di dalam Gang Makam Raden Saleh.

4. Kebun Wisata Ilmiah Bogor

Ternyata tempat wisata dekat Stasiun Bogor tidak hanya seputar Kebun Raya Bogor saja, lho. Pernahkah Anda mengunjungi Kebun Wisata Ilmiah yang terletak di Jalan Tentara Pelajar No. 1, Bogor Tengah, Kota Bogor?

Tak banyak yang tahu bahwa kebun wisata ini dikelola langsung oleh Institut Pertanian Bogor atau IPB. Selain suasana yang begitu asri, Kebun Wisata Ilmiah ini juga menjadi sarana edukasi yang cocok untuk Anda bersama keluarga. Sebab, ada lebih dari 3.000 tanaman obat herbal yang memang sengaja dibudidayakan oleh pengelola secara organik.

Kebun Wisata Ilmiah Bogor
Kebun Wisata Ilmiah Bogor. Sumber: Lovely Bogor

Kawasan yang telah didirikan sejak tahun 1988 ini memiliki fungsi sebagai tempat wisata alamiah yang dirancang sebagai bahan dasar untuk pengembangan tempat dalam mencari bibit-bibit yang unggul di masa mendatang.

Saat Anda berada di sekitar Stasiun Bogor dan berniat untuk mengunjungi tempat tersebut, memang secara sekilas tidak terlalu tampak seperti objek wisata. Tidak sedikit orang menyangka bahwa Kebun Wisata Ilmiah Bogor hanya dikhususkan bagi para peneliti dan ilmuwan saja.

Padahal, objek wisata ini sudah terbuka untuk pelajar dan umum yang ingin mempelajari tentang aneka ragam botani.

Akses menuju Taman Wisata Ilmiah Bogor cenderung sangat mudah. Dari Stasiun Bogor, Anda bisa berjalan kaki sekitar 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 1,9 kilometer. Sambil menikmati pelesiran Kota Bogor, Anda juga bisa menjadi lebih sehat dengan berjalan kaki.

Nah itu dia tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang bisa Anda kunjungi untuk melepas penat di akhir pekan. Sambil memerhatikan kesehatan mental, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan lainnya terutama di tengah pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button