OlahragaNews

Wajib Diketahui, Ini Manfaat Yoga Untuk Tubuh di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi virus Corona memang yang terbaik adalah dengan berdiam diri di rumah karena diprediksi akan dapat menghambat hingga menekan kasus penularan Covid-19.

Namun dengan digalakkannya berdiam diri bukan berarti kalian terus-terusan bersantai. Sebab tubuh juga harus aktif bergerak untuk menjaga kondisi kebugaran.

Maka dari itu, meski belum dapat beraktivitas secara leluasa kalian tetap dapat melakukan olahraga ringan semisal yoga. Perlu diketahui yoga adalah salah satu olahraga yang dapat menjaga kesehatan mental maupun fisik.

Karena itu, yoga dapat menjadi opsi yang tepat untuk menjaga kesehatan pada saat pandemi seperti ini. Berikut manfaat dari yoga yang bisa kalian dapatkan:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kompas
Sumber: Kompas

Menjumpai keadaan darurat di tengah Covid-19, menjaga kondisi kebugaran tubuh adalah yang paling penting, dan yoga dapat menjadi salah satu pilihan terbaik.

Dalam salah satu studi menjelaskan wanita yang rutin melakukan yoga dalam 12 minggu sistem kekebalan tubuhnya akan mengalami peningkatan.

Meredakan kecemasan

medanbisnisdaily 1
Sumber: MedanBisnisDaily

Informasi merebaknya virus Corona tentu akan menimbulkan kekhawatiran, dan kalian dapat mengatasi khawatir itu dengan yoga. Diyakini salah satu khasiat dari yoga adalah meredakan kecemasan.

Dan berdasarkan studi yang melibatkan 34 perempuan yang berlatih yoga dapat mengurangi tingkat kecemasan yang dialaminya.

Melepas stress

priscilla du preez iprsslebheg unsplash
Sumber: IDN Times

Terbatasnya aktivitas serta melakukan hal-hal monoton dalam jangka waktu yang lama tentu akan menimbulkan kejenuhan. Tidak heran bila orang yang berdiam diri di rumah akan mengalami stres.

Yoga pun dapat menjadi solusi untuk menghilangkan kejenuhan dan stress yang dialami. Pasalnya telah banyak penelitian ilmiah yang menjelaskan bahwa yoga dapat melepaskan hormon stres. Yoga dapat mereduksi tingkat stres, sehingga koristol, hormon stres utama dapat berkurang. Ini pun dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan kualitas hidup.

Meningkatkan kualitas tidur

thumbnail 20180829210912tidur nyenyak20170630225924
Sumber: Ngopibareng

Istirahat yang cukup menjadi salah satu faktor untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tapi dengan kondisi saat ini tidak sedikit orang yang mengalami stres dan menyebabkan mereka tidak dapat tidur atau beristirahat dengan nyenyak.

Namun, kalian tidak perlu cemas. Berdasarkan salah satu studi 2005, dijelaskan orang yang rutin melakukan yoga lebih mudah tertidur, daripada orang yang tidak melakukannya. Ini pun membuat waktu tidur lebih lama dan berkualitas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button