OtomotifNews

Vespa PS Series! Yuk Kenali Jenis dan Spesifikasi Lengkapnya

Perkembangan Teknologi Dorong Vespa Merilis Large Frame Termasuk Vespa PS dan PX

Hobring.com –  Siapa sih tak kenal Vespa? Sepeda motor pabrikan Italia itu punya banyak jenis dari mulai Vespa Special, Vespa Sprint, Vespa PS, Vespa PX hingga Vespa modern yang banyak berkeliaran di jalanan saat ini.

Tak kenal usia, hari ini vespa dikendarai oleh berbagai macam kalangan. Jauh sebelum terlahir Vespa Modern, motor asal Eropa ini telah menjalani perjalanan panjang sebagai kuda pacu. 

Perubahan nama, bentuk, hingga penyempurnaan berbagai komponen terus dilakukan hingga akhirnya lahir vespa yang kita kenal saat ini.

Sejarah Vespa

Sejarah Vespa PXKisah Vespa dimulai tepat setelah Perang Dunia II, kala itu, perekonomian Eropa lumpuh termasuk industri otomotif. Tapi demikian, keluarga Piaggio, yang aktif di industri kedirgantaraan memutuskan untuk menemukan cara kembali berbisnis. 

Piaggio melihat peluang dengan coba memenuhi kebutuhan Italia akan transportasi modern dan terjangkau.  Generasi ke-2 keluarga itu, Enrico Piaggio memiliki ide untuk kendaraan roda dua yang murah untuk diproduksi dan dapat diandalkan.

Karakteristik kendaraan dibuat untuk orang Italia yang sedang berjuang yang masih membutuhkan cara untuk berkeliling.

Prototipe Vespa kala itu dibuat dari suku cadang pesawat yang merupakan bagian dari roda pendaratan pesawat Mussolini. Ini dirancang oleh Corradino D’Ascanio, karena desainnya yang unik, terutama palang depan, dan suaranya, ia dinamai ‘Vespa’ yang dalam bahasa setempat berarti Tawon. 

Vespa sendiri mulai booming di daratan Eropa saat memasuki tahun 1956. Mereka bahkan berhasil menjual satu juta unit dalam jangka waktu 11 tahun.

Jenis-Jenis Vespa

Seiring berkembangnya waktu, Vespa terus memperbarui teknologi pada kendaraan roda dua tersebut. Hingga hari ini, puluhan jenis Vespa telah diluncurkan ke pasaran. 

Di Indonesia, ada beberapa jenis vespa yang tersohor. Sebutlah salah satunya Vespa Kongo yang merupakan hadiah untuk TNI yang selesai tugas sebagai pasukan perdamaian di Kongo. 

Selain itu, ada juga Vespa Super yang mulai diproduksi pada tahun 1966. Super pertama muncul sebagai pembaharuan dari model lama seperti VBB yang diluncurkan setahun sebelumnya. 

Berbeda dengan VBB yang punya lampu dan tepong membulat, Super edisi pertama mulai memperkenalkan bentuk yang dominan kotak. Begitu juga dengan Vespa PS dan Vespa PX Series yang punya bentuk lebih besar dan dominan kotak. 

Vespa PS sendiri punya beragam jenis yang berbeda bergantung pada tahun produksinya. Yuk intip jenis-jenis Vespa PS selengkapnya:

Vespa PS 150

Vespa PSSetelah sukses dengan VBC series alias Super, memasuki tahun 1978, The Giant Series mulai dirilis pabrikan asal Italia. Di mana Vespa PS jadi model perdana seri ini.

Uniknya, berbeda dari para pendahulunya, perakitan Vespa PS sudah dilakukan penuh di tanah air oleh PT. Dan Motor Indonesia. Sebelumnya, Super, VBB dan generasi sebelumnya masih dirakit dan dikirim langsung dari Italia. 

Dari sisi bentuk, dibanding Super, Vespa PS jauh berubah. Bodinya jauh lebih besar daripada, bentuk lampu depan mengotak, begitupun bagian tepong yang mengotak, Vespa PS juga jadi jenis pertama memiliki fitur lampu sein di Indonesia. 

Dari ruang mesin, tak banyak yang berubah, mesin pacu dengan 150 CC masih jadi andalan. Tentunya dengan beberapa spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding para pendahulunya. 

Sektor kaki-kaki dual suspensi depan masih digunakan dengan ban ring delapan original di beberapa series awal Vespa PS. Begitupun dengan pengapian yang masih menggunakan platina. 

Vespa PS 1981

Merujuk pada beberapa sumber, Vespa PS 1981 masuk dalam seri awal Vespa PS. Secara kasat mata, Vespa pabrikan tahun 1981 ini mudah dikenali, salah satunya dengan kunci yang masih berada di atas batok, speedometer berbentuk bulat dan tanpa lampu sein.

 

Pengapian Vespa PS 1981 masih menggunakan platina, dengan ban original masih menggunakan ring delapan. Begitupun dengan dalaman mesin, di mana Vespa PS 1981 masih menggunakan kruk as kecil. 

Vespa PS Strada

Vespa PS Strada merupakan cikal bakal New PX Modern, banyak hal berubah dari seri Vespa PS sebelumnya.

Vespa PS Strada juga jadi yang pertama menggunakan lampu sein. Juga jika sebelumnya PS seri awal punya lubang kunci di stang, PS Strada memindahkan lubang kunci ke bagian bawah stang seperti motor-motor yang kita kenal sekarang pada umumnya. 


Baca Juga:


Dari segi mesin, pengapian Strada sudah menggunakan CDI. Begitupun dengan rengkes yang berubah menjadi besar seperti PX Series.  Strada sendiri diproduksi pada 1986 dan 1987.

Vespa PS Sera

Vespa SeraKala dirilis, Vespa PS Sera tak kalah modern dari Strada.  Bentuk speedometer juga berubah dari yang sebelumnya membulat.  Sama seperti Vespa Strada, PS Sera sudah menggunakan lampu sein didukung CDI dan punya kopling besar.

Kelebihan dan Kekurangan Vespa PS

Hadir di tahun 80-an, Vespa PS bisa dibilang sebagai cikal bakal PX Series. Karenanya juga, Vespa PS punya banyak kelebihan khususnya pada penyempurnaan teknologi di seri-seri akhir. 

Dari pengapian, yang sebelumnya super masih menggunakan platina, penggunaan CDI membuat Vespa ini lebih tahan banting dari sisi pengapian. 

Namun sayang, perubahan bentuk, buat beberapa orang menghadirikan sedikit kekurangan. Tak ada lagi vespa dengan bentuk kecil macam special atau super, Vespa PS hadir dengan bentuk yang lebih besar. 

Spesifikasi Vespa PS

Vespa PS dikenal bandel dengan mesin dua tax berkapasitas 149 cc. Untuk karburator, Vespa PS menggunakan carburator Built up bermerek Dell Orto. Untuk beberapa model masih menggunakan bensin campur. 

Vespa PS belum dilengkapi stater elektronik, wajib engkol untuk mengehidupkan motor. Sedang untuk urusan lari, Vespa PS didukung dengan empat percepatan dan pengaman dengan rem tromol depan belakang. 

Perbedaan Vespa PS dan PX

Vespa PXSaat Vespa merilis PX Series sejatinya tak ada yang begitu berubah dari segi bodi dibanding Vespa PS. Bodi besar masih dipertahankan, hanya beberapa detail saja yang berubah. 

Paling mudah membedakan Vespa PS dan PX adalah PX Series telah menggunakan ban berdiameter 10 inci. Di mana sebelumnya PS, Strada atau Sera masih menggunakan ban dengan ukuran 8 inci. 

Vespa PX juga sudah tidak mengadopsi bensin campur. Di mana sudah tersedia tangki oli samping yang terpisah dari tangki bensin. Begitupun untuk PX generasi baru yang sudah meninggalkan pengapian platina.

Perbedaan Vespa PS dan Strada

Vespa StradaVespa Strada sejatinya masih masuk dalam keluarga Vespa PS. Ada dua series Strada yang dikenal di pasaran di mana seluruhnya dirilis pada sekitaran tahun 1986 hingga 1988. 

Seri pertama Vespa Strada masih menggunakan pengapian platina. Sementara secara bentuk, Strada awal ini masih menggunakan speedometer bulat dengan kunci stang yang sudah menyatu dengan kunci kontak.

Vespa PS dan PX Sebagai Pilihan

Tak perlu sungkan andai Anda sedang punya mimpi untuk memilki Vespa PS atau Vespa PX. Untuk kategori motor antik, Vespa PS dan PX masih terhitung muda.

Baca juga : Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk Pemula

Bukan cuma itu, onderdil kedua jenis Vespa ini sangat mudah di dapat dan banyak jenis pilihan. Dari mulai yang original, hingga third party mudah bisa anda dapatkan dengan mudah.

Percayalah, memiliki Vespa PS dan PX tak akan merugikan Anda karena akan selalu lebih baik ketika naik Vespa. (Dimas Edi Sembada)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button