LifestyleNews

Twitter Keluarkan Program Bernama Birdwatch Untuk Basmi Hoax

HobringTwitter kini memperkenalkan program anyar bernama birdwatch untuk menangkal berita bohong alias hoax dan sejenisnya.

Birdwatch sendiri memiliki fungsi yang untuk check fact atau cek fakta guna menelusuri kabar yang tidak benar yang disebarkan oleh pengguna Twitter.

Pada program teranyar Twitter ini nantinya tweet kalian akan di ’hold’ terlebih dahulu. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Produk Twitter, Keith Coleman, ia mengatakan bahwa saat ini Twitter melihat akan memeriksa cuitan yang berpotensi memperkeruh suasana atau hal negatif lainnya. Selanjutnya tweet kalian akan diberikan catatan mengenai kebenarannya.

“Birdwatch akan mengidentifikasi informasi yang akan disampaikan di Twitter apakah cuitan tersebut memberikan informasi yang salah atau tidak dalam menyampaikan informatif,” ucap Koleman pada NBC News.

Sayangnya pengguna Twitter di Indonesia harus bersabar untuk dapat merasakan program teranyar Si Burung Biru ini. Birdwatch baru tersedia di Amerika Serikat dan belum hadir di negara lain, termasuk Indonesia.

Dan Twitter diklaim melibatkan sekitar 1.000 users di AS untuk peluncuran program baru mereka ini. Tapi cuitan tersebut tidak akan tampak pada situs Twitter, dan akan tampil dalam halaman lain.

Coleman menambahkan dengan hadirnya program baru dari Twitter dapat membuat informasi yang tidak benar berkurang kehadirannya khususnya dalam platform mereka.

“Tujuan kami membuat Birdwatch adalah agar membuat Twitter lebih terbuka bagi komunitas Twitter,” tambahnya.

“Kami optimis program ini dapat memberikan dampak positif agar penyebaran informasi yang tidak benar tidak menyebar luas dan menjadi keyakinan orang-orang, ini penting bagi kami,” tutup Coleman.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button