NewsOtomotif

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan

Hobring.com – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Bagi umat Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa, biasanya mereka rela untuk mengurangi waktu tidur dan istirahatnya selama bulan suci Ramadan.

Secara umum, seseorang membutuhkan waktu tidur yang ideal setidaknya 8 jam perhari. Namun jika waktu tidur kurang dari jam normal, maka hal yang akan terjadi adalah rasa kantuk yang tak kunjung hilang sepanjang hari.

Seperti yang sudah kita ketahui, mengantuk merupakan hal yang lumrah. Tapi hal itu bisa berdampak buruk khususnya bagi pengendara seperti pesepeda motor karena dapat menyebabkan kecelakakan lalu lintas di jalan raya.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berpuasa dan sering berpergian mengendarai sepeda motor. Hobring.com akan merekomendasikan tips untuk Anda dalam mengatasi rasa kantuk saat berkendara sepeda motor di bulan puasa.

1. Perbanyakan Asupan Cairan Tubuh Saat Sahur

Mengantuk umumnya disebabkan karena kurang tidur, tapi kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi ternyata bisa juga menjadi alasan mengapa kita mudah mengantuk.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi asupan makanan yang kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, asam amino, serta vitamin dan mineral.


Baca Juga:


Adapun beberapa jenis buah dan sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah buah semangka, melon, dan stroberi. Sementara sayuran di antaranya mentimun dan selada.

Buah semangka adalah buah yang dikenal sebagai rendah kalori. Mengandung sekitar 92% air yang bertujuan untuk memenuhi cairan dalam tubuh Anda selama menjalani aktivitas puasa.

Sedangkan buah melon selain kaya akan air, ternyata buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, C dan folat serta serat yang bagus untuk tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah melon saat sahur dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dan tentunya menjaga kesehatan tulang dan kulit. Selain melon, buah yang juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah stroberi.

Perbanyakan Asupan Cairan Tubuh Saat Sahur
Foto: master1305

Termasuk ke dalam kelompok beri, stroberi tidak hanya memiliki tampilan yang dapat memikat hati. Tapi juga memiliki banyak manfaat salah satunya membantu Anda untuk memenuhi cairan dalam tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Tak hanya buah saja, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran seperti mentimun dan selada. Seperti yang sudah kita ketahui kalau mentimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Jika dikonsumsi saat sahur, mentimun akan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda selama menjalani ibadah puasa.

Selain mentimun, sayuran yang dapat membantu penuhi cairan tubuh Anda selama berpuasa adalah sayur selada.

Seperti sayur mentimun, selada juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan sangat baik bagi tubuh untuk menghindari dehidrasi serta mengatasi rasa kantuk selama menjalani aktivitas puasa.

2. Pilihlah Riding Gear yang Nyaman

Setelah memenuhi asupan cairan yang baik untuk tubuh Anda selama sahur, selanjutnya adalah memilih riding gear yang nyaman.

Ternyata, peralatan berkendara atau riding gear yang nyaman dapat mengatasi rasa kantuk selama Anda menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Menurut MOTOR Plus, beberapa riding gear yang perlu Anda perhatikan adalah jaket dengan sirkulasi udara yang baik.

Pilihlah Riding Gear yang Nyaman
Foto: Freepik

Mengapa jaket memengaruhi rasa kantuk saat berkendara? Alasannya karena jaket yang tidak memiliki sirkulasi udara baik dapat membuat Anda terus berkeringat.

Akibatnya Anda akan mengalami kekurangan cairan dalam tubuh, kemudian dehidrasi dan menyebabkan timbulnya rasa kantuk.

Itulah alasan mengapa Anda harus memakai jaket yang nyaman terutama dengan sirkulasi udara yang baik. Lalu, apakah jaket saja cukup? Tentu saja tidak.

Pilihlah Riding Gear yang Nyaman
Foto: karlyukav

Anda perlu juga memerhatikan helm yang Anda gunakan. Jangan menggunakan helm yang terlalu ketat dengan bentuk kepala Anda. Usahakan gunakan helm yang memiliki sirkulasi udara yang baik juga.

Dan satu hal lagi yang penting dari riding gear yang nyaman adalah sarung tangan saat Anda berkendara. Gunakanlah sarung tangan yang cocok dengan tangan, sehingga tidak menimbulkan keringat selama berkendara.

3. Menepilah Sejenak

Jika dalam perjalanan Anda saat mengendarai motor, rasa kantuk masih mendera dan tidak kunjung hilang. Maka, salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah menepilah sejenak.

Memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan dalam kondisi mengantuk sangatlah tidak disarankan. Oleh karena itu, menepi sejenak adalah salah satu solusi yang tepat.

Menepilah Sejenak
Foto: dekazigzag

Anda bisa mencari tempat ibadah seperti Masjid atau Musholah untuk beristirahat sejenak. Atau Anda bisa mencari pohon yang rindang agar meringankan rasa kantuk Anda yang tak kunjung reda.

Berkendara sepeda motor di bulan Puasa mungkin sah-sah saja. Tapi jangan sampai rasa kantuk saat sedang berkendara diabaikan dan menjadi boomerang di kemudian hari.

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Puasa
Foto: jcompp

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips untuk mengatasi rasa kantuk saat berkendara sepeda motor khususnya bagi Anda yang sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Utamakan keselamatan saat berkendara, istirahatlah jika diperlukan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button