OtomotifNews

Tips Kembalikan Kenyamanan Mobil Usai Digunakan Liburan

Sehabis liburan sebaiknya perhatikan kondisi kendaraan kalian terlebih dahulu, dan ada baiknya kalian tidak langsung melakukan aktifitas dengan menggeber atau membawa ngebut kendaraan.

Sebab beberapa perangkat yang sifatnya fast moving harus mendapatkan perhatian ekstra, terlebih masalah cairan.

Hal ini pun langsung disampaikan Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi. Ia menjelaskan mobil yang habis digunakan untuk perjalanan jauh kemungkinan besar terdapat beberapa komponen yang mengalami keausan.

“Meski liburan tak seramai saat mudik, namun andai mobil digunakan untuk menempuh perjalanan jauh akan terasa berbeda dengan penggunaan sehari-hari seperti medan, jarak tempuh, bobot kendaraan, dan intensitas lalu lintas,” ucap Anjar dikutip Kompas.

Anjar sendiri menyarankan untuk para pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan khususnya pada cairan secara berkala. Adapun cairan yang dimaksudkan adalah minyak rem, water coolant, oli transimi, dan juga oli mesin.

“Fungsi melakukan pengecekan adalah untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik saat kembali digunakan, dan yang paling sering dilupakan adalah kampas, minyak rem, serta sudut roda, karena umumnya orang lebih fokus pada ban dan mengabaikan perubahan sudut roda,” tambahnya.

Selain itu, Anjar mengatakan adanya perbedaan pada kendaraan dapat berimbas pada komponen lainnya, terutama bagian yang tidak melakukan perawatan. Maka, yang harus diperhatikan pertama kali saat kembali berkendara adalah kondisi ban, kaki-kaki, sistem pengereman, sampai dengan suspensi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button