NewsOlahraga

Tips Bermain RC Off-Road Adventure Untuk Pemula

Hobring.com – Bermain balap mobil di ruang terbuka seperti off-road mungkin sudah terlihat biasa. Tapi bagaimana jika yang bermain balap mobil adalah mobil-mobilan atau yang disebut dengan nama RC Off-Road Adventure.

RC cars atau mobil radio-controlled adalah sebuah mobil model miniatur yang dikendalikan dengan menggunakan remote control atau pemancar dari jarak jauh. Sementara RC Off-Road atau RC Adventure adalah salah satu jenis mobil RC yang biasanya diaplikasikan pada ruang terbuka atau outdoor.

Bermain RC Off-Road telah menjadi hobi pilihan yang diminati oleh banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Permainan segala usia ini ternyata bukan hanya sekadar untuk kesenangan semata.

RC Off-Road bisa menjadi hobi yang bergengsi dan bernilai mahal karena dapat mengeluarkan isi kantong mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan mobil rc off-road yang berkualitas.

Setelah memodifikasi mobil rc off-road sedemikian rupa dengan mesin yang handal. RC Adventure tidak hanya menjadi pajangan saja. Para pegiat RC Off-Road Adventure biasanya menguji kemampuan mobilnya dengan menyelesaikan jalur lintasan yang tersedia di medan arena.


Baca Juga:


Mobil RC ini harus siap menaklukan segala medan baik dengan kecepatan atau speed maupun dengan difficult atau kesulitan. Semua jalur yang tersedia memiliki tingkatannya masing-masing.

Keseriusan para pegiat RC Off-Road Adventure pun membuat hobi ini menjadi ajang kompetisi baik antar komunitas, regional sampai nasional dan mancanegara. Dengan beragam tantangan yang akan dihadapi saat di arena ternyata tidak menyurutkan nyali para pegiatnya.

Salah satu kompetisi yang baru-baru ini terselenggara adalah RC Adventure JABAR Seri III yang dilaksanakan di Garut, Jawa Barat pada Oktober tahun lalu. Hasil dari ajang tersebut keluarlah nama Adi ‘Kelik’ Surahman sebagai pemenang dalam Seri III RC Adventure 2020.

Nama Adi Surahman atau yang biasa dipanggil Kang Kelik bukanlah sosok yang asing lagi dalam dunia RC Off-Road Adventure khususnya di Bandung, Jawa Barat.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 17.59.09

Sejak keseriusannya menekuni hobi rc yang satu ini di tahun 2019. Hal itu membuat Kang Kelik semakin melebarkan sayapnya di dalam dunia RC adventure.

Berawal dari hobi berpetualang, Kang Kelik yang kala itu mencoba mencari aktivitas lain. Kemudian dipertemukan oleh Hobbystar RC sebuah toko khusus RC sekaligus komunitas pegiat mobil rc di Bandung.

“Jadi di Bandung ada sebuah toko RC namanya Hobbystar RC. Banyak yang ngumpul (di sana), banyak sharing, banyak tukar pengalaman. Ngajak main, ngajak tanding, dan kadang ikut kompetisi,” ujar Kang Kelik kepada Hobring pada Kamis (1/4/2021) melalui Zoom.

“Karena ketemu dengan komunitas. Akhirnya tertarik untuk ikut dan meluangkan waktu. Mulai dari situlah berkecimpung. Kalau yang ‘ngeracunin’ paling keras ya Hobbystar RC.”

Sebelum memutuskan menekuni bidang olahraga RC Off-Road Adventure, Kang Kelik sempat beberapa kali mencoba kegiatan lain yang berhubungan dengan dunia adventure. Salah satunya adalah airsoft gun atau olahraga menembak ala militer dan bersepeda.

“Saya pernah mencoba beberapa kegiatan lain. Tapi ada beberapa kendala untuk hobi lain. Misalnya dulu main airsoft, sekarang tempat airsoft dan regulasinya susah. Saya juga pernah hobi main sepeda. Kalau orang lain jaraknya pendek, saya biasanya bisa sampai ke Jawa Timur. Terakhir sampai ke Sumba mungkin,” tuturnya.

Sampai pada waktunya Kang Kelik bertemu dan mengenal dunia RC. Ia mengatakan bahwa sebuah passion atau ketertarikan tentang ilmu rc khususnya RC Off-Road Adventure membuat dirinya bisa memiliki kemampuan yaitu memodifikasi mobil RC sesuai dengan keinginan.

Menurut Kang Kelik, tidak semua komponen RC bisa dibeli dengan mudah. Hal itu yang kemudian membuat Kang Kelik berinisiatif untuk melakukannya secara mandiri. Tak hanya itu saja, seperti yang sudah kita ketahui bahwa RC Off-Road adalah rc yang bisa mainkan di mana aja.

rc off road adventure
Dok. Foto: Istimewa

Jika RC lain harus menggunakan arena khusus, sedangkan RC Off-Road Adventure bisa dilakukan di ruang terbuka salah satunya di area tanah. Bagi Kang Kelik, RC Off-Road Adventure adalah hobi yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya secara bersamaan.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba hobi lain, tak ada salahnya untuk mengenal RC Off-Road Adventure. Kang Kelik memberikan tips dan saran untuk para pemula yang baru saja bergabung dengan hobi yang satu ini. Yuk simak ulasannya.

1. Passion

Passion adalah modal pertama sebelum memutuskan untuk membeli mobil RC Off-Road. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki passion atau ketertarikan dengan dunia RC.

Pada mulanya, Kang Kelik juga hanya tertarik pada mobil RC. Kemudian, ia pun mulai menyukai berbagai jenis mobil RC salah satunya adalah RC Off-Road Adventure.

Menurutnya, passion adalah cara untuk meningkatkan keingintahuan yang besar agar semakin mencintai apa yang menjadi ketertarikan kita.

Jika sudah mendapatkan passion, secara automatis kita akan mencari tahu apa yang kita butuhkan dan apa yang diinginkan.

“Dulu saya nyobanya bukan rc adventure tapi suka dulu mobilannya. Karena itu akan meningkatkan kecintaan kita, sehingga tidak cepat bosan dan tidak cepat ditinggalkan.”

2. Tingkatkan Pengetahuan Dasar

Kemudahan membeli komponen RC Off-Road Adventure hadir karena adanya marketplace atau toko yang menjadi perantara antara penjual dengan pembeli di dunia maya.

Namun yang jadi persoalan adalah terkadang pembelian komponen rc tidak didasari oleh pengetahuan yang mumpuni. Sehingga, hal-hal yang kemungkinan akan terjadi adalah mobil rc tidak dapat bekerja secara optimal.

“Karena pasar sudah begitu terbuka, kadang-kadang kita main beli aja, nggak (tahu) fungsinya buat apa yang penting cocok bagus (lalu) tempelin. (Ketika) main di lapangan, ‘lho kok punya saya begini?’ yaiya, pasangnya bukan (sesuai dengan) tempatnya. Itu sebetulnya sering di share-in ketika kita ngobrol.”

3. Pahami Harga Pasaran

Mungkin banyak yang menganggap bahwa harga RC Off-Road sangatlah mahal. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa orang berpikir kembali untuk membeli mobil RC.

Meski pemikiran itu tidak salah, tapi bukan berarti semua mobil rc khususnya Off-Road Adventure memiliki harga yang harus merogoh kocek dalam-dalam.

Jika Anda bimbang ingin membeli mobil RC Off-Road yang seperti apa, Kang Kelik memberikan saran untuk membeli mobil di kelas 1/10 atau Entry Level (kelas pemula).

Harga dalam kelas Entry Level bervariatif mulai dari 500 ribu sampai satu juta. Semuanya tentu tergantung kebutuhan dan keinginan Anda. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa kelas Entry Level pastinya memiliki keterbatasannya sendiri.

Lain cerita jika Anda ingin memodifikasinya secara mandiri. Misalnya Anda membeli mobil RC Off-Road Adventure dengan harga 500 ribu. Kemudian Anda membuatnya setara dengan level yang berada di atas tingkat pemula.

Menurut Kang Kelik hal itu hanya akan membuang-buang waktu dan finansial Anda. Jika hasil modifikasi buatan Anda berada di taraf satu tingkat atas dari pemula atau Middle. Alangkah baiknya, Anda membeli mobil rc secara langsung dengan tingkatan yang sama.

“Awalnya sih beli yang 500 ribu, tapi ngedandanin, benerin bisa sampai beli di kelas Middle (satu tingkat di atas pemula).Saran saya, beli yang kelas middle sekalian. Nggak usah terlalu banyak ngoprek (modifikasi). Akhirnya buang waktu dan buang uang juga.”

4. Bergabung dengan Komunitas

Jika Anda masih ragu untuk mulai membeli mobil RC, tak ada salahnya bergabung dengan sebuah komunitas.

Carilah komunitas di sekitar Anda atau melalui grup-grup di sosial media agar bisa bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai hobi yang satu ini.

Kang Kelik menyarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk menunjang pengetahuan Anda. Sebaiknya, Anda bertemu dengan orang yang tepat untuk bisa menjadi teman diskusi Anda.

“(Di Hobbystar) kita membuka semua permasalahan. (Misalnya) bertukar pikiran bagaimana menyetting kendaraan kita agar bisa lebih cepat atau lebih memungkinkan menaklukan tantangan.”

“Kita juga sharing beberapa hal lain. Dari obrolan-obrolan itu kan, knowledge bertambah. Sehingga, ketika kita di lapangan udah tidak tanya lagi. Sehingga, kerjaannya jadi lebih cepat.”

Setelah Anda yakin untuk terjun dan menekuni bidang RC Off-Road Adventure. Pastikan Anda memahami tingkatan level dalam mobil rc yang satu ini.

Dalam dunia RC Adventure terdapat tiga tingkatan level yang bisa Anda ikuti. Pertama adalah Entry Level atau level pemula.

Sesuai dengan namanya, Entry Level memiliki harga yang lebih murah. Dengan komponen perangkat eletrik bawaan dari pabrik dan fitur lainnya yang terbuat dari plastik.

Kedua adalah kelas Middle atau menengah. Level ini berada di satu tingkat ke atas dari Entry Level. Untuk harga relatif lebih mahal jika dibandingkan level pemula.

Pada bagian komponen eletriknya merupakan bawaan dari pabrik. Namun fiturnya sudah menggunakan material metal alias satu tingkat lebih atas dari tingkat pemula. Tentu saja, dari segi kekuatan, level Middle lebih baik dari Entry Level.

Tingkatan tertinggi atau ketiga adalah Level Hobbi. Pada tingkatan ini bisa dikatakan sudah berada di level profesional. Biasanya digunakan dalam ajang kompetisi bergengsi.

“Di kelas hobbi, bisa seharga motor (30 jutaan). Di atas 30 (sampai) 35 (juta). Nah kebanyakan orang tidak mau bermain rc gara-gara liat yang itunya (harga). Padahal kalau kita telusuri, ada beberapa komponen yang murah. Kalau sekelas mau nyobain aja, jangan beli yang mahal. Kalau sudah tertarik dan ternyata senang, naik (level),” ujar Kang Kelik.

Kang Kelik menceritakan bahwa ia pernah berada pada Entry Level yakni dengan membeli mobil-mobilan seharga 500 ribu.

Namun, seiring berjalannya waktu, ia pun mencari sesuai kebutuhannya. Maka sekarang Kang Kelik sudah berada ditingkat hobbi.

rc off road adventure
Dok. Foto: Istimewa

Jika sudah menjadi hobbi, mobil RC Off-Road Adventure pun semakin bernilai tinggi. Namun tak hanya itu saja, ternyata hobi yang satu ini bisa menjadi sesuatu hal yang menjanjikan di masa depan.

Menekuni bidang mobil rc dengan serius ternyata bisa menguntungan. Siapa sangka, berbekal pengalaman dan pengetahuan, seseorang bisa memproduksi komponen yang dibutuhkan oleh mobil rc.

Kang Kelik mengatakan bahwa ada beberapa rekannya yang telah berhasil dan menggantungkan hidupnya dari RC. Bukan hanya sekadar jual beli, tetapi memodifikasi RC ternyata bisa menghasilkan uang.

“Jadi ada beberapa rekan yang sudah berani menggantungkan hidupnya dengan RC. Dengan RC Off-Road, menambah pengetahuan intelektualnya dia. Sehingga bisa menambah penghasilan. Tekuni saja dulu, pasti menjanjikan.”

Jika kini Anda sudah mulai tertarik dengan dunia RC Off-Road, Anda juga perlu mengetahui beberapa ajang perlombaan yang bisa Anda ikuti.

Pada level dasar, Anda bisa mengikuti Fun Race yakni perlombaan yang tidak berjenjang dan tidak memiliki kelas tertentu. Biasanya, ajang lomba ini dapat diikuti oleh berbagai kalangan dan tidak terbentur oleh usia.

Kemudian ada Kejuaraan Daerah atau Kejurda yang setara dengan tingkat kabupaten. Lalu ada juga Kerjunas atau Kejuaraan Nasional yang setara dengan tingkat antar provinsi.

Nah bagi Anda yang saat ini mulai memantapkan hati untuk bergabung di RC Off-Road Adventure. Kang Kelik mengajak kita agar melibatkan diri Anda dalam sebuah komunitas yang memang ahli dibidangnya.

“Gas aja dulu, curhat belakangan. Masuk dulu aja (komunitas) biar informasinya di dapat lebih banyak. Bisa menemukan funnya lebih banyak karena misalnya ikut kejuaran itu hanya soal bonus.”

“Yang penting kita tahu dulu apa yang kita tahu dulu apa yang lakukan itu menyenangkan. Ketika Anda sudah sangat intens dengan kegiatan, kesenangan pasti mengikuti.”

Sementara untuk para pegiat RC Off-Road Adventure di Indonesia, Kang Kelik berharap agar tetap saling menjalin kebersamaan.

Menurutnya bermain RC Off-Road bukan hanya sekadar menaklukan medan di arena. Namun lebih dari itu, main mobil RC yang satu ini ternyata bisa menambah pengalaman, persaudaraan, dan saling bersilaturahmi antar pegiat RC.

Dalam beberapa waktu yang akan datang, Kang Kelik beserta rekan-rekannya akan mengadakan ajang kompetisi RC Off-Road Adventure khusus untuk wilayah Regional Bandung Jawa Barat. Jadi, kita tunggu kabar selanjutnya, ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button