NewsFood

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Inilah Makanan yang Kaya Akan Vitamin D

Hobring.com – Vitamin D kini menjadi salah satu vitamin yang paling dicari oleh banyak orang karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh melalui peningkatan sistem imun dan mencegah penularan virus korona.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada bulan Maret 2021 menemukan bahwa ada lebih dari 80 persen pasien yang didiagnosis dengan Covid-19 dinyatakan kekurangan vitamin D.

Oleh karenanya, vitamin D saat ini menjadi begitu penting bagi seluruh mahluk hidup di dunia. Selain didapatkan melalui sinar matahari pagi, vitamin D juga dapat ditemukan melalui makanan yang kita konsumsi.

Untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh, berikut ini adalah makan makanan sehat yang kaya akan vitamin D. Yuk simak ulasannya.

Salmon

vitamin d
Foto: Freepik

Ikan Salmon dikenal sebagai hewan laut yang kaya akan vitamin D dan bagus untuk kesehatan. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) satu porsi ikan salmon Atlantik (100) gram yang di budidayakan mengandung 526 IU vitamin D atau setara dengan 66% DV.


Baca Juga:


Sementara ikan salmon yang ditangkap liar mengandung 988 IU per 100gram atau setara dengan 124% DV. Bahkan beberapa penelitian menemukan tingkat vitamin D yang lebih tinggi lagi pada ikan salmon liar yang mencapai 1.300 IU per 100g.

Sarden

vitamin d
Foto: Freepik

Selain ikan Salmon, ikan sarden juga kaya akan vitamin D yang bagus untuk tubuh. Biasanya ikan sarden kemasan kaleng yang berukuran 3,8 ons mengandung 177 IU atau setara dengan 22% DV.

Minyak hati ikan kod

vitamin d
Foto: Freepik

Salah satu suplemen popular untuk memenuhi vitamin D adalah minyak hati ikan kod. Anda bisa mengonsumsinya jika Anda tidak terlalu menyukai mengonsumsi ikan.

Minyak hati ikan kod dengan takaran per sendok teh yakni 4,9 ml mengandung 448 IU atau setara dengan 56% DV. Kandungannya bisa dibilang lebih besar daripada Salmon dan Sarden.

Selain memiliki kandungan vitamin D, minyak hati ikan kod juga menjadi sumber vitamin A dalam satu sendok teh dengan 150% DV.

Meskipun baik untuk kesehatan tapi pastikan Anda mengikuti petunjuk para ahli kesehatan mengenai jumlah minyak ikan kod yang Anda konsumsi.

Kuning telur

vitamin d
Foto: Freepik

Selain beberapa ikan pilihan, alternatif lain untuk menambah asupan vitamin D dalam tubuh yakni dengan cara mengonsumsi kuning telur.

Sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya. Sementara lemak, vitamin D dan mineral dapat Anda temukan di bagian kuning telur.

Satu kuning telur mengandung 37 IU vitamin D atau setara dengan 5% DV. Pilihlah telur yang baik dari ayam agar Anda mendapatkan khasiat yang sempurna dari vitamin D.

Susu sapi

vitamin d
Foto: Freepik

Secara alami susu sapi adalah sumber asupan yang memiliki banyak nutrisi termasuk kalsium, fosfor dan riboflavin.

Pada beberapa negara, susu sapi diperkaya dengan adanya vitamin D. Biasanya satu cangkir dengan ukuran 237 ml mengandung 115-130 IU atau sekitar 15-22% DV.

Jus jeruk

vitamin d
Foto: Freepik

Alternatif lain bagi Anda yang tidak terlalu menyukai susu. Cobalah untuk mengonsumsi jus jeruk demi memenuhi kebuthan vitamin D di dalam tubuh Anda.

Satu cangkir jus jeruk yaitu 237 ml mengandung 100 IU atau sekitar 12% DV. Anda boleh meminumnya secara rutin. Tapi bagi penderita asam lambung sebaiknya Anda mengonsumsi dalam takaran yang tepat.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, Anda juga boleh mengonsumsi vitamin D yang dijual di apotek terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Ada beragam kemasan dan produk dari vitamin D yang bisa Anda konsumsi. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin B yang sudah teruji klinik dan terpercaya.

Pada umumnya anak-anak dan orang dewasa berusia 1-70 tahun membutuhkan sekitar 600 IU vitamin D setiap harinya. Dan itu bisa didapatkan melalui sinar matahari pagi dan kombinasi sumber makanan.

Sementara bagi orang dewasa di atas 70 tahun disarankan untuk mendapatkan 800 IU vitamin D setiap hari baik dari sinar matahari dan asupan makanan.

Tak heran jika banyak pakar kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 yang menyarankan bagi para lansia agar lebih banyak berjemur di pagi hari dan mengonsumsi makan makanan yang mengandung vitamin D.

Jadi bagaimana dengan Anda? Apakah asupan vitamin D Anda hari ini sudah terpenuhi dengan baik? Kirim jawaban Anda di kolom komentar ya!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button