OtomotifNews

Tiga Motor Antik yang Sedang Naik Daun

Di  Indonesia motor antik masih cukup populer, lalu motor antik apa yang masih mendominasi jalanan hari ini? Kata ‘antik’ sendiri terlalu dinamis untuk ditetapkan pada satu zona waktu saja.

Sebelumnya, Bebek 70, Vespa, Yamaha DT,  BSA dan Djawa kerap dikategorikan sebagai tunggangan antik. Tapi hari ini motor-motor pabrikan tahun 90an bahkan sudah dikategorikan sebagai motor antik.

Hobring kali ini mengulas tiga motor antik tahun 90-an yang bisa dikategorikan antik. Sebagian bahkan punya harga selangit dan jadi buruan para kolektor.

Astrea Grand

Motor Antik

Secara tampilan, Astrea Grand sudah mulai menunjukkan modernisasi dibanding teradahulunya. Selain penggunaan shock breker teleskopik, Astrea Grand juga sudah menanggalkan ‘cepitan buku’ yang di generasi sebelumnya selalu ada di atas sepatbor depan.

 Dengan disingkirkannya cepitan buku itu, Astrea Grand jadi terlihat ‘muda’ dan tidak terlalu jadul. Pada jamannya, motor ini dikenal tangguh dan irit di segala medan.

Bentuknya yang manis juga menjadi Astrea Grand, ramai diburu para pecinta motor klasik. Belakangan, Astrea Grand harga melejit dan banyak di cari banyak orang.

Suzuki TS

Motor Antik

Sebelum pabrikan lain macam Kawasaki mengeluarkan KLX dan Honda merilis CRF untuk motor-motor trail jalanan, Suzuki bermain di pasar ini sejak dahulu. Suzuki TS di rilis sejak jaman jebot, untuk keperluan sehari-hari.

Suzuki TS 125 adalah enduro bike berkubikasi 123 cc dua langkah bertenaga 13 hp di 7000 rpm. Diproduksi suzuki pertama kali tahun 197. Sepeda motor yang bisa digunakan di segala medan ini diproduksi terakhir tahun 1993-2005

Dalam segi desain, TS 125 ER yang banyak dijual di Indonesia ini merupakan versi penyempurnaan dari pendahulunya. Model ini telah adopsi sok depan yang lebih tinggi, dan suspensi belakang model monosok.

Uniknya, generasi terakhir yang dulu dikenaL sebagai trail 2 tax jalanan nan tangguh, kini sudah tergolong sebagai motor antik. Lagi-lagi, banyak orang mencarinya dan harganya menjadi menjulang mahal.

Ninja R 150

Motor Antik

Kita pastinya gak asing lagi sama motor yang namanya Kawasaki Ninja R 150. Motor sport bermesin 2-tak lansiran Kawasaki ini memang akhir-akhir ini sedang naik daun khususnya versi terdahulu.

Jika melihat sejarahnya, Kawasaki Ninja 150 sudah hadir ke Indonesia sejak 1996, satu tahun kemudian Kawasaki Indonesia menghadirkan Ninja 150 R dengan mesin yang sama. Barulah di tahun 2002 Ninja 150 RR hadir dengan teknologi KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System).

Usai disetop produksinya pada 2015 silam, Ninja R 150 2 Tax ini menjadi buruan pada 2020 ini. Motor laki ini tiba-tiba banyak diperbincangkan setelah banyak Ninja mulus era-era pertama nongol di lini masa.

Buat harga jangan ditanya, ketika sudah jadi barang hobi apalagi klasik, kamu harus rogoh kocek dalam-dalam buat punya Ninja R ini. (Penulis: Dimas Edi Sembada)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button