NewsOlahragaTraveling

Tiga Destinasi Selancar di Indonesia, Ombaknya Kelas Dunia

Sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di Indonesia, tak aneh bila Indonesia menjadi salah satu destinasi utama para penggila selancar. Bagi surfer mancanegara, belum afdol bila belum berselancar di Indonesia.

Selain Bali, yang memang sudah dikenal karena ombaknya yang mendunia, nyatanya masih banyak wilayah lain yang punya ombak yang tak kalah bagus. Lombok selatan, seperti; Gerupuk, Selong Belanak, dll juga kerap jadi pilihan.

Masih punya ratusan spot lain, nyatanya beberapa tempat bisa menjadi pilihan untuk berselancar. Berikut kami rangkum beberapa spot selancar nan indah dengan ombak yang aduhai. Berikut daftarnya:

1.Ujung Kulon

Taman Nasiona Ujung Kulon, selama ini lebih dikenal dengan tempat hidupnya Badak bercula satu, sebagai hewan pandemi Indonesia. Di Pulau Panaitan, salah satu pulau di TN Ujung Kulon, nyatanya punya beberap spot yang bisa menjadi surganya para peselancar.

Punya beberapa titik, sebut saja One Palm, Napalms, Apocalyps dan Pussy, panaitan menyajikan berbagai tipe ombak. Buat pecinta barrel, Panaitan jelas bisa jadi destinasi, mengingat ketika musim ombak surfer bisa keluar masuk barrel dengan mudah.

2. Alaspurwo

Lagi-lagi, setelah TN Ujung Kulon, TN Alaspurwo, Banyuwangi, Jawa Timur, menyimpan karunia berupa ombak yang begitu indah di Pantai Plengkung. Saking indahnya, ketika musim ombak tiba, deretan peselancar dari berbagai dunia rela mengantri untuk merasakan ombak plengkung.

Plengkung juga dikenal sebagai G-Land karena ombaknya yang besar menggulung kerap menyerupai huruf G. Kabar menyebut, ombak di sini bisa mencapai 8 meter.

Ada dua cara untuk mencapai pantai ini, pertama melalui darat dari via Kota Banyuwangi. Atau, lewat  jalur laut melalui Bali.

3.Nias

Jika berbicara tentang berselancar di Indonesia, Pantai Lagundri di Teluk Sorake di Pulau Nias adalah tujuan utama. Nias ‘Sorake Bay adalah tempat berselancar yang terkenal secara internasional dan telah menjadi salah satu tujuan pencari ombak paling eksotis.

Setiap tahun, peselancar berduyun-duyun dari seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan pada point break legendarisnya. Kompetisi selancar internasional telah diadakan di Nias sejak 1993, dan bahkan Kejuaraan Selancar Dunia pada tahun 2000.

Nias juga disebut-sebut sebagai tempat selancar terbaik kedua di dunia setelah Hawaii, teluk ini terletak di distrik Teluk Dalam di bagian Selatan ujung Pulau Nias.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button