NewsLifestyle

Tertarik Berbisnis Ikan Cupang? Inilah Tips dan Saran dari Deeway Gembel Indonesia

Hobring.com – Hobi mengoleksi ikan cupang kini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan baik dari anak-anak sampai usia dewasa.

Tak sedikit juga di antara mereka yang kini mulai mencari peluang dengan memanfaatkan hobi ikan cupang sebagai bisnis yang menghasilkan banyak keuntungan.

Dedi Yusolianto atau yang lebih popular dikenal dengan nama Deeway Gembel Indonesia merupakan sosok influencer tanah air yang telah membuktikan bahwa bisnis yang satu ini cukup menjanjikan.

Melonjaknya para penghobbies ikan cupang ternyata justru menimbulkan cerita yang baru khususnya pada awal masa kemunculan pandemi Covid 19 di Indonesia.

Menurut Deeway Gembel, bisnis ikan cupang di Indonesia mengalami peningkatan di awal-awal terjadinya pandemi.


Baca Juga:


Namun saat ini, bisnis yang dianggap menjanjikan tersebut justru mengalami penurunan atau yang disebut dengan istilah ‘down’.

Alasannya karena ada banyak orang yang mulai beralih profesi dan memanfaatkan peluang tanpa memahami pengetahuan dan ilmu dari budidaya ikan cupang.

“Ketika muncul Covid 19 ini, pebisnis pada beralih main cupang. Sedangkan si pebisnis ini karena dia ikut-ikutan, belum mengerti benar tentang ikan cupang. Kadang ikannya sakit, belum ngerti ikan udah ngejual ikan,” ujar Dedi Yusolianto ‘Deeway Gembel Indonesia’ kepada Hobring.com pada Rabu (19/05) melalui Zoom.

“Makanya secara jujur, sekarang ini ikan cupang lagi sedikit ‘down’ karena sudah banyak sekali penjualnya dibandingkan pembelinya.”

Meskipun sempat mengalami penurunan dari segi bisnis. Namun bukan berarti bisnis ikan cupang tidak bisa dilakukan dengan beradaptasi pada situasi sekarang.

Deeway Gembel Indonesia memberikan tips dan saran bagi para pemula dan profesional yang ingin memulai berbisnis di dalam dunia ikan cupang.

Pemula

Bagi para pemula yang baru saja terjun di dalam dunia bisnis ikan cupang. Deeway Gembel mengatakan bahwa sebaiknya para pemula membeli ikan cupang yang berkualitas.

“Alangkah bagusnya bagi pemula saya sarankan untuk membeli ikan cupang yang ‘oke’ (berkualitas). Jangan yang biasa-biasa aja. Takutnya ketika beli yang biasa-biasa aja ‘tangannya’ bagus, lahirnya banyak. Kan sayang, sama aja capeknya,”jelasnya.

“Ikan bagus itu bukan ikan mahal. Temen-temen bisa cari di mesin pencari ikan bagus cupang seperti apa. Itu dilihat dari mulut, ekor sampai ke dasinya. Karena nggak semua ikan bentuknya bagus, nggak semua ikan warnanya bagus.”

Menurutnya saat seorang pemula yang melakukan hobi ikan cupang sudah memahami kualifikasi ikan yang bagus seperti apa.

Maka untuk mendapatkannya tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam dengan harga yang mahal. Sebab, ikan yang bagus belum tentu ikan yang mahal.

Deeway Gembel menyarankan sebelum pemula memulai bisnis ikan cupang sebaiknya mempelajari tentang ilmu ikan cupang. Baik bentuknya, perawatannya, dan lain sebagainya.

Jika seorang pemula sudah memahaminya dengan cukup baik, maka barulah untuk memulainya dan menekuni bisnis ikan cupang.

Profesional

Sementara bagi para profesional atau penghobbies yang sudah lama terjun di dalam dunia ikan cupang. Deeway Gembel juga memberikan tips dan saran agar bisnis berada dalam kondisi stabil.

“Kalau yang buat para senior-senior atau sudah bermain cupang lama. Tipsnya gimana ikan cupang kita dikenal dengan dunia luar. Maksudnya di luar rumah kita,” tuturnya.

“Kalian harus posting, kalian harus promosikan ikan cupang kalian. Misalnya kita main di Instagram, posting ikan yang bagus. Ikan jeleknya jangan diposting.”

Menurutnya, jika seorang penghobbies yang sudah profesional rajin memposting di sosial media. Hal itu justru berpeluang untuk orang lain dapat melihat ikan cupang yang sedang dijual.

Sehingga, semakin seorang rajin memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk berbisnis. Maka bukan penjual yang menawarkan ikan kepada pembeli. Namun justru sebaliknya, para pembeli yang mencari-cari ikan cupang.

Hal yang tak kalah pentingnya dari Deeway Gembel mengenai tips dan saran adalah sebelum menjadikan ikan cupang sebagai bisnis. Pastikan kita menjadikan ikan cupang sebagai bagian dari hobbi.

“Sebagai hobbi dulu, jangan sebagai bisnis. Setelah hobbi ini bagus, pasti akan menghasilkan uang untuk hobbi kita.”

Tantangan

Di tengah berkembangnya bisnis dari budidaya ikan cupang di Indoneia. Ternyata ada tantangan yang tidak dapat dihindari dan perlu dihadapi oleh para pemula dan profesional.

Menurut Deeway Gembel, tantangan saat ini bagi para pelaku budidaya ikan cupang adalah merawatnya dengan baik ketika ikan yang dimilikinya banyak namun tidak terjual dengan baik.

Sementara untuk menjawab tantangan bagaimana agar ikan cupang dapat terjual dan sampai ke tangan pembeli dengan cepat. Maka diperlukan kesadaran bagi para pebisnis untuk mempromosikan ikan mereka.

“Kita jangan sungkan-sungkan untuk mengkroscek duit kita. Jangan sungkan-sungkan untuk mempromosikan ikan kita kepada dunia-dunia sosmed yang followernya lebih banyak. Jangan menjual ikan, tapi nggak mau ngeluarin duit.”

Berbisnis ikan cupang kini bukan lagi sekadar hobi semata. Selain menguntungkan, bisnis ikan cupang juga menjanjikan di masa depan. Jika Anda tertarik berbisnis ikan cupang, tidak ada salahnya untuk memulainya dari sekarang. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button