NewsTraveling

Tempat Wisata di Ungaran yang Cocok Untuk Jelajah Alam

Hobring.com – Ungaran, merupakan sebuah kota yang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Meski masuk ke dalam wilayah perkotaan, nyatanya ada beberapa tempat wisata di Ungaran yang cocok sekali untuk petualangan di alam bebas.

Kota Ungaran sudah popular sejak zaman kolonial Belanda. Salah satu bangunan bersejarah di Kota Ungaran adalah Benteng Willem II atau Benteng Ungaran yang terletak di Jalan Semarang-Solo.

Pada zaman dahulu, Benteng Ungaran adalah benteng yang bertugas sebagai titik lokasi penjagaan pada jalur perdagangan di Jawa Tengah. Tak hanya benteng yang memiliki nilai sejarah. Ternyata di Kota Ungaran sendiri ada beberapa tempat wisata yang sayang sekali jika dilewatkan.

Jika Anda ingin berkunjung ke Kota Ungaran, pastikan Anda mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di kota tersebut. Berikut ini, Hobring.com akan merekomendasikan tempat wisata di Ungaran yang cocok sekali untuk Anda yang suka berwisata alam.

1. Gunung Ungaran

Kalau mendengar kata Ungaran, Anda pasti akan langsung mengingat salah satu gunung yang cukup popular di kota tersebut. Ya, namanya Gunung Ungaran.


Baca Juga:


Gunung berapi dengan bertipe stratovolcano ini memiliki tiga puncak di antaranya Puncak Bondolan, Puncak Botak dan Puncak Tugu Banteng Raiders.

Dengan ketinggian 2.050 Mdpl, Anda bisa melalui tiga jalur resmi untuk menuju puncaknya yaitu jalur Basecamp Mawar, jalur Basecamp Perantunan, jalur Promasan dan jalur Gedong Songo.

Jalur-jalur tersebut memiliki estimasi waktu yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan yang beragam. Jadi, pastikan Anda tahu jalur yang Anda lewati sebelum mendaki Gunung Ungaran.

2. Curug Benowo

Tak jauh dari Gunung Ungaran terdapat sebuah air terjun atau curug yang dinamakan Curug Benowo.

Berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Curug Benowo adalah salah satu tempat wisata di Ungaran yang memiliki akses lokasi yang cukup menantang.

Pemandangan alam yang eksotis dan suasana yang sejuk nan asri membuat Anda pasti betah berlama-lama di Curug Benowo.

Sebelum Anda mengunjunginya, pastikan Anda selalu mencari waktu yang tepat. Tidak disarankan untuk datang pada musim hujan karena dikhawatirkan area menjadi lebih licin dan debit air menjadi lebih deras.

Meskipun lokasinya sulit dijangkau karena Anda harus melakukan trekking untuk mencapainya. Tapi pastinya Anda tidak akan menyesal saat tiba di tempat.

3. Jateng Valley

Jateng Valley adalah tempat wisata di Ungaran yang namanya kian popular dan kabarnya diklaim sebagai tempat wisata terbesar se Asia Tenggara.

Berada di atas lahan seluas hampir 400 hektar, Jateng Valley rencananya akan dibangun sebagai Botanical Park, Eco Theme Park, Eco Safari, Eco Housing, dan lain sebagainya.

Dengan konsep wisata alam bebas, Jateng Valley seakan menjadi tempat yang paling diburu oleh para pelancong untuk menjelajahinya.

Menjelajah Jateng Valley dengan motor trail bisa menjadi alternatif pilihan buat Anda jika berada di tempat wisata yang satu ini.

4. Hutan Penggaron

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Heri Akbar (@worldakbar)

Tempat wisata di Ungaran yang untuk sebuah petualangan yang mengesankan adalah Hutan Penggaron.

Berada di Desa Susukan, Hutan Penggaron memiliki pesona alam yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Anda bisa mengajak teman atau sahabat, pasangan bahkan keluarga Anda untuk berwisata alam di Hutan Penggaron.

Selain itu juga, Anda bisa menikmati suasana berkemah sambil mendirikan tenda dan menikmati suasana hutan di malam hari.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik berpetualang di dalam Hutan Penggaron?

5. Air Terjun Semirang

Tempat wisata di Ungaran yang wajib Anda kunjungi dan tak boleh Anda terlewatkan adalah Air Terjun Semirang.

Berada di Desa Gogik, air terjun yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata primadona bagi masyarakat sekitar dan para pelancong dari luar daerah Ungaran.

Tak hanya mendapatkan kesejukan airnya, Anda akan mendapatkan pemandangan yang tak kalah mengagumkannya.

Jadi tidak heran, kalau Air Terjun Semirang menjadi destinasi tempat wisata di Ungaran yang paling diburu oleh para penjelajah.

6. Sungai Tuntang

Tak hanya air terjun, lembah dan gunung, ternyata di Ungaran juga ada sebuah aliran sungai yang diminati untuk olahraga arung jeram namanya Sungai Tuntang.

Sungai Tuntang adalah aliran sungai yang mengalir sekitar 106,5 kilometer yang melintasi Kabupaten Semarang, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak.

Meskipun tidak sepenuhnya masuk ke dalam wilayah Kota Ungaran, tetapi pesona Sungai Tuntang tidak tertandingi untuk Anda yang gemar olahraga arung jeram.

Jika Anda ingin merasakan sensasi petualangan yang sesungguhnya, pastikan Anda didampingi oleh seorang yang profesional dibidangnya saat sedang mejelajah tempat wisata di Ungaran yang satu ini, ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button