TravelingNews

Tempat Wisata di Sentul yang Menarik Disambangi

Hobring.com – Ada banyak tempat wisata di Sentul yang menarik untuk diketahui oleh khalayak, beberapa di antaranya menawarkan pemandangan indah serta suasana sejuk di mana bisa memanjakan para wisatawan.

Kabupaten Bogor punya lokasi-lokasi eksotis, salah satunya adalah tempat wisata di Sentul yang patut disambangi para pelancong. Andai kalian punya rencana untuk merasakan sensasi baru rekreasi dan kebetulan tujuannya ke sana, dalam kesempatan ini Hobring ingin berbagi referensi.

Sedikitnya, terdapat 5 tempat wisata di Sentul yang kami rekomendasikan untuk kalian coba, dan semoga saja itu dapat menjawab keinginan khalayak. Jika mau mengetaui penjelasan lengkapnya, simak tuntas uraian di bawah ini.

Baca juga:

Taman Fathan Hambalang

Tempat-Wisata-Di-Sentul-Taman-Fathan-Hambalang-Hobring
Foto: Instagram/@imanfirdaus

Keindahan panorama alam dengan pemandangan tiga gunung sekaligus, yakni Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Pancar, dapat kalian temui ketika berkunjung ke tempat wisata di Sentul yang pertama, yaitu Taman Fathan Hambalang.

Wisatawan juga bisa merasakan sensasi matahari terbenam yang memesona pada sore hari, dan gemerlap lampu bakal bikin atmosfer semakin romantis ketika malam tiba. Nikmatilah suasana sembari bersantai dengan secangkir kopi, atau abadikan momen terbaiknya.

Taman ini bukan cuma mempersembahkan panorama alamnya yang menawan, melainkan juga beragam fasilitas memanjakan seperti kolam renang, outbound, jogging track hingga penginapan. Terdapat juga gazebo bagi wisatawan yang ingin duduk lesehan sambil memandang indahnya alam.

Lokasinya, berada dekat dengan Kantor Desa Hambalang, yang terletak di Citeureup, Bogor. Jam operasional Taman Fathan Hambalang sendiri anatara pukul 09.00-19.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp5 ribu per orang, tarif parkir sebesar Rp5 ribu (motor) – Rp10 ribu (mobil).

Sawah Segar

Tempat-Wisata-Di-Sentul-Sawah-Segar-Hobring
Foto: Instagram/@sawahsegarsentul

Sebuah restoran dengan suasana khas pedesaan yang begitu asri ini punya sebutan Sawah Segar Sentul, ia dikelilingi pematang sawah dan pohon-pohon rimbun yang menyegarkan. Lokasinya, tidak jauh dari Curug Bidadari, tepatnya di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Tempat wisata di Sentul kedua ini, area sawahnya tersemat tempat duduk dan gazebo di mana cocok buat bersantai. Adapun jalan setapak sebagai akses pengunjung untuk menelurusi lokasi dan juga berfoto ria.

Selain itu, di sana juga menyediakan area taman yang diisi hewan-hewan peliharaan yang bertujuan untuk menghibur para pengunjung, khususnya jika mereka turut mengajak anak-anak. Karena itulah, bisa dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga.

Sawah Segar Sentul dilengkapi dengan fasilitas seperti musala, parkiran, hingga taman bermain anak. Jam operasional buka setiap Selasa–Minggu, pukul 09.00-18.00 WIB (Selasa-Jumat) dan 08.00-18.00 WIB (Sabtu-Minggu).

Gunung Ciung

Tempat-Wisata-Di-Sentul-Gunung-Ciung-Hobring
Foto: Twitter/@Gunung_Ciung

Berupa bukit yang berdampingan dengan Gunung Pancar dan ditanami banyak tanaman, Gunung Ciung pada dasarnya merupakan lahan produktif dengan luas kira-kira delapan hektar, yang kemudian dijadikan sebagai tempat wisata di Sentul.

Hal itu didorong karena terdapat banyak hewan, misalnya babi hutan. Sehingga, disulap menjadi objek rekreasi agar hewan-hewan di sana tidak turun di mana dinilai berpotensi merusak tanaman-tanaman yang ada.

Dari Gunung Ciung ini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Gunung Salak dan Kota Bogor. Lalu, ada pula panorama matahari terbenam yang memesona. Lokasinya sendiri, berada di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul–Bogor.

Ketika mengunjungi tempat wisata di Sentul ketiga ini, para pelancong bisa berkemah di lahan yang cukup untuk sekitar 30 tenda, hiking melewati perkebunan, sampai agrowisata ke lahan yang ditanami aneka tanaman, seperti pohon pisang dan durian. Jarak ke lokasi kemah sekitar 1,5 kilometer.

Aturan berkemah di Gunung Ciung salah satunya adalah pengunjung yang buka pasangan suami-istri tidak diperkenankan bermalam dalam satu tenda. Adapun kegiatan berkemah dikenai tiket Rp125 ribu, sudah termasuk tenda, matras, lampu tenda, makan siang dan sarapan, kopi, serta air mineral asli dari sana.

Namun, andai wisatawan tidak ingin berkemah, harga tiket masuknya sebesar Rp5 ribu per orang, tarif parkir Rp10 ribu (motor) dan Rp20 ribu (mobil). Kemudian, ada juga kesempatan untuk bermain ke Leuwi Ciung yang dikelola warga, letaknya tidak jauh dari lokasi kemah. Harga tiket masuknya Rp5 ribu per orang.

Richie Garden Resto & Cafe

Tempat-Wisata-Di-Sentul-Richie-Garden-Resto-Cafe-Hobring
Foto: travelandword.com

Tempat wisata di Sentul ke empat ini menghadirkan sajian kuliner yang dibaluti pemandangan alam nan hijau, terdapat pepohonan rindang di sana, wisatawan pun bisa melihat panorama Gunung Salak dan Gunung Gede saat mengunjungi Richie Garden Resto & Cafe.

Telah beroperasi sejak Juli 2020 lalu, restoran ini merupakan bagian Richie The Farmer. Letaknya, ada di Jl. Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Harga-harga menu yang disajikan mulai dari Rp6 ribu – Rp55 ribu. Jam operasionalnya sendiri, dibuka dari hari Selasa-Jumat pukul 07.00-17.00 WIB dan ketika akhir pekan sampai 19.00 WIB.

Pihak Richie Garden Resto & Cafe mengklaim punya komitmen untuk memfasilitasi para pesepeda dan pendaki. Oleh sebab itu, fasilitas yang hadir di sana misalnya parkiran sepeda, kamar mandi, dan area parkir untuk hiking ke Gunung Cisadon.

Selain itu, terdapat juga fasilitas umum seperti jogging track, playground, dan kebun sayur. Menariknya, para pengunjung bisa memasuki kebun secara gratis, bahkan diperbolehkan memetik hasil kebun.

Curug Leuwi Hejo

Tempat-Wisata-Di-Sentul-Curug-Leuwi-Hejo-Hobring
Foto: Istimewa

Berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor, Curug Leuwi Hejo adalah destinasi wisata alam yang indah, ia berjarak 10 kilometer dari pusat kota Bogor yang memakan waktu kurang lebih 20 sampai 45 menit.

Namanya berasal dari bahasa Sunda, di mana Leuwi memiliki arti kolam, dan Hejo punya makna warna hijau. Secara harfiah, berarti Curug Leuwi Hejo bisa dibilang air terjun yang memiliki warna hijau.

Sebagai wisata alam yang memiliki pemandangan indah serta air yang jernih, mengalir ke sungai Cileungsi, hal itu telah menjadi daya tarik utamanya bagi para pengunjung untuk bermain air dan berenang di sana.

Selain itu, Curug ini dipercantik oleh pepohonan yang rimbun dan panorama alam hijau yang indah. Sepanjang perjalanan dari tempat parkir hingga lokasi Curug, wisatawan bakal melakukan perjalanan kurang lebih berjarak 300 meter.

Tidak jauh dari tempar parkir, pengunjung akan langsung mendengar gemericik air dan melihat bebatuan besar yang mengelilinginya.

Tiket masuk Curug Leuwi Hejo dikenakan dua kali penarikan retribusi. Pos masuk pertama dikenakan biaya Rp15 ribu per orang dan Rp5 ribu untuk tarif di pos kedua. Biaya tersebut digunakan untuk pemeliharaan, peremajaan, dan operasionalnya.

Curug Leuwi Hejo dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB, kendati objek wisata ini dikelola swadaya oleh kelompok masyarakat, namun, kebersihan dan keamanan relatif baik.

Fasilitas yang tersedia di sana, mulai dari tempat parkir yang luas dilengkapi dengan penitipan helm, warung makan dengan saung-saung yang bisa dimanfaatkan untuk makan sekaligus beristirahat, dan kamar mandi untuk bilas sekaligus sebagai tempat mengganti baju selepas bermain air.

Hebatnya, pengelola tempat wisata di Sentul kelima ini punya tim SAR sendiri di area untuk berjaga-jaga ketika pengunjung mengadapi situasi darurat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button