NewsHiburanLifestyle

Tambah Cantik! Ini 11 Jenis Ikan yang Cocok Untuk Aquascape

Hobring.com – Memelihara ikan hias tengah menjadi hobi yang banyak digemari. Seiring dengan meningkatnya popularitas ikan hias, seni aquascape juga ikut menjadi sorotan. Lantas apa sajakah ikan yang cocok untuk aquascape?

Akuarium tak sekadar sebagai media untuk memelihara ragam jenis ikan. Di sisi lain, ternyata ada aktivitas seru dan kreatif yang dapat  dieksplorasi, sebut saja kerajinan menata akuarium dengan penerapan konsep aquascape.

Aquascape sendiri adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik, yang berbentuk kotak kaca maupun bentuk lainnya yang serupa akuarium.

Biasanya, aquascape dibentuk dengan mengikuti bentukan alam. Gaya yang natural menyerupai alam inilah yang menghadirkan kesan natural layaknya ekosistem di dalama air.

Meski terlihat sederhana, tapi menata aquascape juga membutuhkan inovasi dan kreativitas, lho. Bagi pehobi aquascape, aktivitas ini menjadi tantangan sendiri, karena tak semua orang bisa melakukannya.

Diperlukan kemampuan untuk menjaga keseimbangan kehidupan di dalam tangki ketika seseorang menjalankan hobi aquascape.

Untuk membuatnya tampak lebih cantik dan elok dipandang, kita bisa menghadirkan ikan-ikan berukuran kecil hingga sedang dengan warna dan corak yang cantik.

Tak semua ikan bisa dipelihara di dalam aquascape dan Anda juga memerlukan perawatan ekstra jika ingin melakukannya lantaran perawatan akan lebih sulit untuk menjaga kandungan CO2 untuk tanaman dan O2 untuk ikan tetap seimbang.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa tidak semua ikan hias terutama jenis ikan air tawar dapat hidup bersamaan dalam satu wadah.

Agar keseimbangan ekosistem akuarium terjaga dengan baik, penghobi ikan hias dianjurkan untuk tidak sembarangan menambahkan ikan ke dalam akuarium.

Jika Anda sembarangan mencampur ikan hias tanpa mengetahui karakteristik mereka bisa menimbulkan saling rebut makanan dan teritori, sehingga ikan rentan stres dan tak nyaman.

Pada dasarnya, aquascape membutuhkan ikan-ikan yang lebih tenang, bergerak dalam kelompok dan tidak memakan tanaman air. Berikut ini ikan yang cocok untuk aquascape!

ikan neon tetra
Dok/Foto: duniaair.com

Tetra jadi salah satu ikan yang cocok untuk aquascape

Jenis ikan yang cocok untuk aquascape yang pertama adalah Tetra. Ikan ini selalu menjadi urutan teratas daftar jenis ikan terbaik karena mereka memiliki semua kualitas yang diperlukan.

Ikan ini memiliki warna-warna cerah yang melengkapi lingkungan warna aquascape Anda. Hampir semua jenis ikan ini adalah karnivora dengan bentuk yang kecil dan hidup berkelompok.

Sebagai hewan yang berkelompok, Tetra lebih menyukai air yang lembut dan asam (pH 6,5 hingga 7,0) dengan suhu di sisi yang lebih hangat (75-80F).

ikan guppy
Shutterstock

Ikan Guppy

Ikan Guppy atau yang bernama latin Poecilia reticulata ini lebih umum dikenal sebagai ikan pelangi. Warnanya yang beragam membuat ikan ini tampak cantik jika dipelihara di dalam akuarium aquascape.

Mereka merupakan ikan air tawar yang paling banyak tersebar di dunia dan menjadi salah satu spesies ikan akuarium air tawar paling populer.

Karakternya yang jinak dan kuat sehingga mereka mudah berkembang biak di lingkungan baru bersama jenis ikan lainnya. Oleh sebab itu, ikan Guppy dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memperkaya koleksi ikan hias air tawar di rumah.

Ikan Cory Catfish
Foto: iStockphoto/Mirko_Rosenau

Ikan Cory Catfish

Untuk Anda yang gemar memelihara ikan hias berukuran kecil, pilihlah ikan Cory Catfish. Ikan ini berasal dari keluarga Callichthyidae yang dikenal mempunyai sifat yang tenang dan mudah hidup dengan jenis ikan lain.

Karena cenderung senang bergerak di dasar, maka ikan ini tidak akan mengganggu ikan-ikan yang hidup di tengah dan permukaan aquascape. Berkat sifat mereka yang mudah beradaptasi dengan ikan lain itulah yang membuat ikan ini kerap dicari oleh peternak ikan hias.

Memelihara ikan ini juga akan mendatangkan manfaat, salah satunya membuat akuarium Anda lebih bersih karena kebiasaan alaminya sebagai pemakan alga.

jenis ikan zebra danio
Dok/Foto: alamikan.com

Ikan Danio Zebra

Memiliki tubuh dengan motif seperti zebra inilah alasan mengapa ikan yang satu ini dinamai Danio Zebra. Jenis ikan ini memiliki corak garis yang melintang di sekujur tubuhnya.

Warna garisnya pun cukup beragam, salah satunya corak garis berwarna merah dan birulah yang memiliki permintaan pasar paling tinggi.

Ikan yang berasal dari keluarga Cyprinidae ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mudah ditemukan di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

Selain mudah beradaptasi dengan ikan dari jenis lain dalam wadah yang sama, ikan cantik berukuran kecil ini juga dikenal kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi air yang berubah-ubah.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AQA.ru (@aqa_ru)

Ikan Clown Loach

Ikan Clown Loach atau tiger betia berasal dari keluarga botiid loach adalah ikan air tawar asli dari perairan Indonesia tepatnya pulau Sumatera dan Kalimantan.

Tak hanya memiliki warna yang indah, ikan hias khas Indonesia ini juga dikenal mudah dipelihara lantaran cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Mereka juga dikenal sebagai ikan hias yang cocok untuk aquascape, karena dapat hidup dengan jenis ikan-ikan lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh sifat mereka yang cukup pemalu  sehingga lebih banyak berdiam diri tempat-tempat tersembunyi, sepeti terumbu karang.

Dwarf Gourami
Dok/Foto: fishlovingworld.com

Dwarf Gourami

Jenis ikan yang cocok unruk aquascape lainnya, yakni Dwarf Gourami yang merupakan ikan akuarium klasik yang memiliki warna reflektif yang cerah. Gurami kerdil ini dapat tumbuh hingga 3 inch.

Mereka dapat tumbuh subur dalam sebuah kelompok dan akan melengkapi warna-warna yang ada pada aquascape Anda.

Untuk alasan ini, mereka memerlukan aquascape yang lebih besar, karena ikan yang lebih besar dapat mengurangi kedalaman dan ukuran aquascape yang diperkirakan.

Discus

Berasal dari Amazon, spesies ikan yang satu ini punya ciri yang paling mudah diindetifikasi melalui warna tubuhnya. Ikan Discus memiliki ciri tubuh dengan warna yang sangat berwarna-warni.

Warna tubuh yang cantik inilah yang digunakan untuk menemukan dan menarik pasangan. Ikan ini biasanya dijual mulai dar Rp15 ribu sampai Rp100 ribu untuk tiap ekornya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Only Fins (@_only_fins)

Ikan Platy

ikan air tawar yang bisa hidup bersama jenis ikan lainnya adalah Platy yang berasal dari genus Xiphophorus. Ikan ini memiliki corak warna yang cerah, seperti orange, biru, perak, dan emas.

Selain itu, ikan kecil ini juga sangat cocok dikembangbiakkan dalam komunitas besar bersama ikan-ikan jenis lain. Hal ini didukung dengan sifat ikan platy yang tenang dan toleran terhadap spesies ikan lain.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AquaMom (@aquamom44)

Ikan Molly

Ikan yang bernama latin Poecilia sphenops ini adalah salah satu spesies ikan air tawar yang banyak dipelihara warga. Harganya pun murah meriah.Ikan yang berasal dari Meksiko ini kerap mendiami aliran air tawar dan air payau.

Selain dikenal memiliki bentuk yang indah, ikan molly juga tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ada dua jenis ikan molly yang banyak dijumpai, yakni molly sisir pendek dan molly biasa.

Rasbora dan Danio

Rasbora dan Danio adalah dua jenis ikan yang memiliki penampilan yang hampir sama. Keduanya hidup berkelompok, berwarna-warni, dan tidak agresif.

Jenis ikan rasbora yang populer, antara lain Red-tailed Rasbora, Big-spot Rasbora, Scissortail Rasbora, dan Harlewuin Rasbora. Sementara beberapa jenis danio yang poopuler seperti Pearl Danio, Zebra Danio, dan lainnya.

Yang membedakan keduanya, yakni Danio punya sungut sementara rasbora tidak. Namun mereka termasuk jenis ikan yang cocok untuk aquascape.

ikan mas koki
Dok/Foto: Pinterest

Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki juga bisa menjadi rekomendasi untuk dipelihara dalam aquascape. Warna dan bentuknya yang beragam, ikan ini juga memiliki karakter yang cukup tenang dan dapat hidup berdampingan dengan ikan lainnya.

Itulah ragam jenis ikan yang cocok untuk aquascape Anda. Dengan adanya dua makhluk hidup yang dipelihara, yakni ikan, dan tanaman air maka tingkat kesulitannya pun tinggi. Namun bagi pehobi, keindahan aquascape bisa memberikan kepuasan dan kebanggaan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button