NewsOlahraga

Tak Hanya Sepeda, Tren Roller Skates Juga Bermanfaat Bagi Tubuh

Hobring.com – Selain sepeda, olahraga lainnya yang kini kembali tren adalah roller skates. Mendengar kata roller skates, mungkin kamu langsung flashback ke masa kanak-kanak, saat memakai sepatu roda setiap akhir pekan adalah kegiatan yang trendi.

Awalnya mungkin hanya dimulai satu atau sekelompok orang saja, namun siapa sangka setelah diunggah ke media sosial, tren roller skates menjadi viral dan diikuti banyak orang.

Bermain sepatu roda adalah aktivitas seru yang dilakukan pada era tahun 90-an, namun kini popularitasnya kembali naik. Lebih menarik, karena bentuk dan warna roller skates semakin bervariasi.

roller skates
Dok/Foto: quad roller skate (pinterest)

Mengenal roller skates

Bagi generasi yang tumbuh tahun 2000-an quad roller skate mungkin bisa terbilang baru, dan lebih mengenal inline skate atau roller blade. Keduanya dalam bahasa Indonesia disebut sepatu roda, namun bentuk keduanya berbeda.

Baca Juga:

Quad roller skate memiliki empat roda, dua di bagian depan, dua di belakang. Sementara inline skate memiliki tiga atau empat roda berbentuk lebih pipih yang terpasang berderet satu baris.

inline skate
Dok/Foto: inline skate atau roller blade

Selain itu, tempat rem nya pun berbeda. Pada quad roller skate, rem berada di bagian depan, sementara pada inline skate atau roller blade, rem berada di bagian belakang.

Tingkat kesulitannya juga terbilang relatif, hanya saja quad roller skate terkesan lebih mudah karena letak rodanya membuat pengguna lebih mudah menjaga keseimbangan. Tidak hanya terlihat keren, roller skate juga aktivitas yang menyehatkan.

roller skates

Manfaat bermain roller skates

Quad roller skate tak hanya seru, ia termasuk dalam jenis olahraga aerobik lho! Seperti yang dilansir dari rollerskatedad.com, ternyata bermain sepatu roda punya banyak manfaat.

Salah satunya bisa menjaga mood, karena bermain sepatu roda adalah salah satu workout yang benar-benar menyenangkan.

Kamu bisa santai sambil berbincang dengan teman atau bisa juga sambil mendengarkan musik kesukaan.

Lebih lanjut, bermain sepatu roda bermanfaat untuk melatih otot-otot tubuh bagian bawah, seperti paha dan bokong, serta melatih jantung dan paru. Bahkan saat kita bermain selama 30 menit, mampu membakar 250 kalori dalam tubuh.

Karena dengan bermain sepatu roda, kita butuh koordinasi dari bagian tubuh, seperti kaki yang terus bergerak, tangan yang terus mendayung dan juga posisi tubuh yang terus condong ke depan untuk menjaga keseimbangan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button