NewsLifestyle

Tak Hanya Sehat, Hobi Ini Bisa Buat Anda Jadi Lebih Bahagia

Hobring.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, kini ruang gerak aktivitas menjadi serba terbatas dan ada banyak hal yang direncanakan tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Perasaan kecewa bahkan berujung depresi kerap kali datang tidak terduga. Jika hal itu tidak diatasi dengan baik, maka tentu saja dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan juga mental Anda seperti yang dikutip dari The Cherokee Phoenix.

Meski belum dapat diketahui kapan kondisi tersebut akan berakhir. Berikut ini ada beberapa alternatif hobi baru yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari gangguan kesehatan.

1. Belajar bahasa

Tak Hanya Sehat, Hobi Ini Bisa Buat Anda Jadi Lebih Bahagia
Learn a language. Sumber: freepik

Melihat situasi masa kini yang serba daring atau online, Anda bisa memulainya hobi baru Anda dengan cara mengikuti serangkaian kelas dan tutorial bahasa online.

Saat ini, Anda bisa mempelajari bahasa baru dengan akses lebih mudah dari sebelumnya. Selain menambah kemampuan Anda, cara ini dinilai sehat dan tentu saja membahagiakan.


Baca Juga:


Tak hanya menambah skill tetapi juga menambah teman dan relasi baru. Mulailah sekarang juga dengan mencoba belajar bahasa yang paling Anda sukai.

2. Memainkan alat musik

Tak Hanya Sehat, Hobi Ini Bisa Buat Anda Jadi Lebih Bahagia
Play an instrument. Sumber: freepik

Belajar memainkan alat musik bukan hanya menjadi cara untuk mengalihkan perhatian Anda, tetapi juga dapat memberikan Anda kebahagiaan saat keterampilan Anda ikut berkembang.

Anda bisa belajar secara otodidak dari saluran YouTube atau dari minta teman Anda mengajari Anda secara daring. Hobi yang satu ini bukan hanya menyehatkan fisik Anda tetapi juga mental Anda.

3. Pergi hiking

Tak Hanya Sehat, Hobi Ini Bisa Buat Anda Jadi Lebih Bahagia
Hiking. Sumber: wayhomestudio

Tidak ada hobi yang lebih baik untuk tetap bugar dan berkomunikasi dengan alam selain hiking.

Kegiatan alam bebas seperti hiking nyatanya dapat melatih setiap otot tubuh Anda, meningkatkan kesehatan jantung dan bahkan meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

Cobalah untuk melacak perjalanan Anda dengan menggunakan alat teknologi yang dapat digunakan oleh penggemar aktivitas luar ruangan.

Perlu Anda ketahui, untuk hobi yang satu ini Anda harus mempersiapkan segalanya sebelum memulai petualangan.

4. Memasak di rumah

Tak Hanya Sehat, Hobi Ini Bisa Buat Anda Jadi Lebih Bahagia
Become a home chef. Sumber: senivpetro

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan memasak Anda, inilah saat Anda untuk mulai menjadikan memasak sebagai hobi dan menunjukkan kemampuan terbaik Anda.

Anda bisa belajar dari majalah khusus memasak, kanal YouTube dan kelas masak secara daring.

Selain dapat meningkatkan kemampuan memasak Anda, hobi yang satu ini bisa menjadi peluang karier Anda, lho.

5. Virtual volunteer

Tak Hanya Sehat, Hobi Ini Bisa Buat Anda Jadi Lebih Bahagia
Volunteer. Sumber: freepik

Pada saat banyak orang sedang berjuang, pertimbangkan untuk merelakan waktu Anda untuk melayani mereka yang membutuhkan.

Ada banyak peluang pekerja volunteer yang aman untuk menghindari kerumunan, mulai dari mengantarkan makanan ke panti asuhan, konferensi video dengan lansia yang terisolasi secara sosial, sampai dengan membantu orang dewasa yang memiliki keterbatasan membaca.

Semua hal itu bisa Anda lakukan tanpa harus kontak langsung. Carilah lembaga resmi yang memang menyediakan sarana secara virtual bagi para pekerja volunteer untuk menyalurkan kemampuannya.

Nah itulah hobi yang bisa Anda lakukan di masa pandemi Covid-19. Tak hanya sehat, melakukan hobi ini juga tentu akan membuat Anda lebih bahagia. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button