NewsTraveling

Tahukah kamu Pesawat Tidak Bisa Melintasi Ka’bah?

Hobring.comPesawat saat ini menjadi salah satu transportasi yang sering digunakan. Namun tahukah kamu pesawat tidak bisa melintasi Ka’bah.

Seiring perkembangan teknologi membuat kita mempermudah dalam segala hal mulai dari memesan makanan, belanja, hingga bepergian. Bepergian ke suatu wilayah karena urusan keluarga hingga persoalan bisnis juga semakin mudah dengan menggunakan pesawat.

Pasalnya perjalanan lebih singkat jika kita bepergian menggunakan pesawat terbang, tidak hanya lebih cepat, bepergian dengan pesawat terbang juga dapat menghemat tenaga yang terkuras habis saat bepergian.

Meski tidak memiliki jalur tetap untuk mengudara, pesawat terbang dikabarkan tidak boleh melewati beberapa daerah tertentu lho. Daerah tersebut pun dikenal dengan no fly zone. 

Baca juga:

Salah satu daerah yang berlabel no fly zone adalah Ka’bah, Mekkah, Arab Saudi.Untuk kamu yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji dan umroh mungkin akan terasa bahwa tidak ada pesawat terbang yang melintas di atas Ka’bah.

Dilansir The Islamic Information, terdapat teori menunjukkan bahwa di atas Ka’bah terdapat gelombang magnet besar, sehingga bila ada pesawat yang melintasi di atas Ka’bah akan mengacaukan sistem navigasi dan membahayakan keselamatan penumpang

Bahkan tidak hanya pesawat terbang, burung pun diklaim tidak dapat terbang melintasi Ka’bah. Teori lainnya menyatakan bahwa Ka’bah adalah titik pusat bumi karena berada di tengah antara kutub utara dan kutub selatan.

Tahukah Pesawat Tidak Bisa Melintasi Kabah
Sumber: The Islamic Information

Meski teori belum dapat dibuktikan, namun berita yang beredar dibantah oleh seorang pilot serta pengamat penerbangan Arab Saudi, Hasan Al-Ghamidi. Menurutnya tidak adanya pesawat yang mengudara karena memang ada regulasi yang mengaturnya.

Hasan mengatakan pada TV Orient-news.net bahwa peraturan yang melarang adanya pesawat terbang yang melintas di sekitar Ka’bah hanya untuk kenyamanan umat muslim yang tengah beribadah.

Hal lainnya adalah karena Ka’bah berada di sekitar perbukitan dan pegunungan sehingga suara yang dikeluarkan menggema dan membuat jamaah tidak konsentrasi. Munculnya suara gema dikhawatirkan membuat kaget dan menyebabkan jemaah yang memiliki sakit jantung mengalami hal yang tidak diinginkan.

Dan faktor lainnya adalah tidak hanya orang muslim yang menaiki pesawat. Sebagai informasi, Mekkah dan Madinah memiliki julukan tanah suci karena memang tidak ada orang non muslim yang berada di sana, hal itu pun meliputi orang yang menaiki pesawat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button