NewsHiburan

Sukses Kantongi Penghargaan, Ini Sinopsis Film Minari yang Tayang di Indonesia

Hobring-com – Minari merupakan film drama Amerika Serikat yang mengangkat kisah kehidupan imigran asal Korea. Film ini disebut-sebut sebagai film yang bisa mengantarkan Steve Yeun menjadi aktor keturunan Asia-Amerika pertama yang masuk ke nominasi Aktor Terbaik di Oscar.

Minari mulai ditayangkan oleh Encore Films Indonesia dan CBI Pictres, Kemarin 21 April 2021. Film Minari yang bergenre drama ini dimulai dengan kisah Jacob (Steve Yeun) dan Monica Yi (Han Ye-ri).

Berlatar era 1980, Minari berkisah tentang keluarga asal Korea Selatan yang pindah dan menetap ke pedesaan Arkansas, Amerika Serikat untuk mengubah nasib menjadi lebih baik.

Jacob merupakan orang asli dan lahir di Korea. Bersama kedua anakanya, Anne (Noel Kate Cho), dan David (Alan Kim) mereka pindah dan menyesuaikan diri dengan situasi baru di Arkansas yang membosankan.

Mereka harus menghadapi banyak tantangan dari lingkungan luar, mulai dari perbedaan budaya hingga stereotip masyarakat terhadap para imigran. Stereotip ini juga membuat Jacob kesulitan untuk meningkatkan taraf hidup.

Meski sudah bertahun-tahun tinggal di Amerika, Jacob masih harus terus bekerja di peternakan ayam. Di tengah usaha adaptasi tersebut, intrik serta dinamika keluarga ini mulai terjadi.

Jacob pun mulai mengejar impiannya untuk membangun bisnis di Amerika. Sayangnya, impian tersebut ditentang oleh Monica yang berpikir realistis.

Ditengah konflik antara ia dan istrinya yang memanas, datanglah sosok sang nenek (Yoon Yuh-Jung) yang berwatak kasar tapi penyayang yang mengubah suasana keluarga imigran ini.

Rumah produksi independen asal AS, A24, mengungkapkan bahwa Minari merupakan film yang menunjukkan kekuatan keluarga dalam menghadapi ketidakstabilan kehidupan baru. Film ini juga bakal menyampaikan arti dari rumah yang sesungguhnya.

Dilansir dari Korea Herald, Kamis (22/4), Minari merupakan film yang terinspirasi dari kisah sutradara Lee Isaac Chung yang juga keturunan Korea-Amerika.

“Ketika nenek saya pindah ke Amerika, dia mulai menanam minari (peterseli air). Kami memiliki lahan pertanian, tapi nenek hanya menanam minari untuk kami. Pada akhirnya, itu menjadi satu-satunya tanaman yang tumbuh subur di lahan. Hal itu mewakili cinta saya rasakan dari nenek saya yang dibawa dari Korea” cerita Lee Isaac Chung.

Film yang dirilis perdana pada 26 Januari 2020 ini sukses mengantongi piala Grand Jury Prize dan Audience Award dalam ajang Sundance Film Festival.

Lee Isaac Chung didapuk sebagai sutradara, sementara jajaran pemain dipenuhi aktor dan aktris Steven Yeun, Han Ye Ri, Alan Kim, dan Noel Kate Cho.

Selanjutnya, film Minari dirilis secara masif di New York dan Los Angeles mulai 11 Desember 2020 dan berlanjut pada 12 Februari 2021, saat tahun baru Korea.

film minari
Dok/Foto: Cinemags

Minari sukses kantongi penghargaan

Minari telah mulai diputar di beberapa festival film bergengsi sejak 2020 lalu. Lewat festival tersebut, Minari menjadi sorotan penonton di berbagai belahan dunia.

Film Minari sudah banyak mengantongi pelbagai penghargaan bergengsi di ajang-ajang festival film internasional, seperti beberapa waktu lalu, film ini mendapatkan pengukuhan dari Globe sabagai Film Terbaik kategori Bahasa Asing.

Sementara itu, Screen Actors Guild Awards memberikan penghargaan kepada Youn Yuh-Jung sebagai Aktris Pendukung Terbaik.

Tak sampai disitu, Minari turut menuai penghargaan dari British Academy Film Awards (BAFTA) dalam perhelatannya ke-73 yang membawa Youn Yuh-Jung masuk kategori Aktris Pendukung Terbaik.

Puncaknya, tak tanggung-tanggung Academy Awards menganugerahkan enam nominasi sekaligus, yakni Film Terbaik, Aktor Terbaik untuk Steven Yeun, Aktris Pendukung Terbaik untuk Youn Yuh-Jung.

Sutradara Terbaik untuk Lee Isaac Chung, Skenario Asli Terbaik untuk Lee Isaac Chung dan Skor Asli Terbaik untuk Emile Mosseri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button