NewsLifestyleOlahraga

Suka Sepedaan di Jalan Raya? Inilah yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bersepeda

Hobring.com – Road bike adalah salah satu jenis sepeda balap yang umumnya dilakukan untuk aktivitas olahraga bersepeda di jalan raya maupun di jalan beraspal.

Meski sudah ada sejak abad ke 19 Masehi, aktivitas road bike belakangan ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan khususnya di masa pandemi Covid-19.

Mengusung tema gaya hidup sehat, kaum urban di ibu kota mulai banyak menjadikan aktivitas bersepeda di jalan beraspal bukan lagi sekadar moda transportasi tapi juga sebagai hobi yang menyenangkan.

road bike
Foto: Instagram/willyasiregar

Willya Sandy Siregar atau yang biasa disapa Sandy adalah Pegiat Road Bike Jakarta yang sudah mengenal dunia road bike sejak tahun 2013.

Ketertarikannya pada sepeda balap membuat ia kemudian menekuni olahraga yang satu ini secara serius sebagai hobi di tahun 2018.


Baca Juga:


Menurut Sandy, olahraga road bike merupakan aktivitas luar ruangan yang dapat membantu kita untuk mengeksplore banyak wilayah khususnya di Jakarta.

Pernah menjalani petualangan Jakarta-Bali menggunakan sepeda road bike membuat Sandy merasa bahwa olahraga yang satu ini bukan hanya sekadar membuat tubuh menjadi bugar tapi menjadikan pengalaman yang berharga.

“Ada hal-hal yang memang bisa dilakukan dengan sepeda itu (road bike) nggak cuman sebatas (wilayah) mainnya Bekasi aja atau Jakarta aja,” kata Pegiat Road Bike Jakarta, Willya Sandy Siregar pada Kamis (17/06) kepada Hobring.com.

“Kita tuh bisa (bersepeda) dari Bekasi ke Jakarta. Terus tiba-tiba sampai ke Tangerang. Serunya kayak gitu, eksplornya itu.”

road bike
Foto: Instagram/willyasiregar

Sebelum melakukan road bike, Sandy menyarankan agar para pesepeda pemula mengetahui tentang tujuan awal dalam melakukan aktivitas bersepeda di luar ruangan.

“Kalau untuk membuat (tubuh) lebih fit kembali lagi outputnya kita mau apa. Kita maunya sehat dalam arti mau ikut lombakah atau mau mencapai kayak speed-speed tertentu yang lagi banyak diobrolinkah,” ujar Sandy.

“Atau emang buat daily bassic (aja misalnya) yang penting 50 Km atau 100 Km (dan) nggak kecapekan. Sampai rumah pun masih bisa mandi dan melakukan hal lain di luar dari pada bersepeda.”

Setelah seseorang mengetahui dan memahami tujuan awal dari kegiatan road bike. Sandy menambahkan bahwa para pegiat road bike pemula sebaiknya dapat melakukannya secara konsisten baik 3-4 kali dalam seminggu.

Selain itu, supaya otot dapat beradaptasi dengan baik, pegiat road bike pemula bisa mengombinasikannya dengan olahraga lain seperti berlari ataupun renang.

Jika sudah mengetahui tujuan awal melakukan road bike. Langkah selanjutnya adalah memilih sepeda yang tepat untuk digunakan.

Road bike umumnya dikenal dengan harga yang cukup fantastis mulai dari harga kisaran Rp 5 juta sampai Rp 20 juta ke atas. Harga itu kemudian yang menentukan tentang tujuan awal kita membeli sepeda road bike.

“Jadi sepengetahuan aku (road bike) ini dibagi beberapa. Ada yang race, comfort dan endurance. Kita harus tahu nih tipe road bike apa yang kita inginkan,” jelasnya.

Menyesuaikan antara postur tubuh dengan bentuk sepeda menurut Sandy dapat memengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas road bike di luar ruangan.

“Menurutku, kita harus mikir kalau olahraga ini adalah olahraga jangka panjang. Kita harus wise (bijaksana) juga dalam berolahraga,” ujarnya.

road bike
Foto: Instagram/willyasiregar

Setelah semuanya dipersiapkan secara matang. Ini saatnya untuk melakukan road bike di jalan raya. Pastikan untuk mengenakan aksesoris seperti helm, jersey dan celana yang nyaman atau khusus sepeda.

Selain itu, gunakanlah sarung tangan, sepatu yang nyaman atau sepatu khusus bersepeda, kacamata serta bawalah botol air minum sebagai persediaan selama diperjalanan.

Sebelum mulai bersepeda, Sandy selalu berusaha mengonsumsi buah pisang dan madu satu sendok. Pisang adalah buah yang kaya akan karbohidrat dan vitamin A.

Tak hanya itu saja, pisang dapat mengatasi anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menghasilkan energi,  memperlancar metabolisme dalam tubuh serta membantu meningkatkan suasana hati.

road bike
Foto: Instagram/willyasiregar

Sementara madu memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas, menjaga sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung dan menangkal radikal bebas.

Jika di atas 50 Km, Sandy selalu menyiapkan snack bar atau camilan yang terbuat dari seral multigrain untuk membantu kita menunda lapar dan terasa kenyang lebih lama.

Melihat fenomena maraknya pegiat road bike di ibu kota membuat Sandy mengapresiasi atas kesadaran masyarakat terhadap kesehatan fisik dan mental dengan cara mengubah gaya hidup melalui bersepeda.

Ia berharap agar masyarakat mempertahankan gaya hidup sehat dan tidak lupa selalu mematuhi protokol kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button