NewsTraveling

Sudah Siap Bertualang? Yuk Simak 6 Tips Traveling Aman Saat Pandemi

Hobring.com – Pada masa ditemukannya Covid 19 pertama kali. Sejumlah wilayah bahkan negara membatasi akses perjalanan bagi para turis domestik dan mancanegara.

Namun ketika pembatasan Covid 19 mereda dan orang-orang telah banyak mendapatkan vaksinasi. Kini ada banyak orang yang mulai tertarik untuk melakukan petualangan baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

Sebelum Anda bertualang, pastikan Anda mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Berikut ini adalah tips traveling aman saat pandemi Covid 19 untuk membantu menjaga Anda dan orang lain selama bepergian.

Vaksinasi

tips traveling
Foto: Freepik

Salah satu cara untuk memastikan Anda terlindungi dari Covid 19 adalah mendapatkan vaksinasi. Sebaiknya, sebelum bertualang Anda wajib melakukan vaksinasi di negara asal Anda.

Selain itu ada beberapa negara yang mewajibkan calon turis untuk mendapatkan vaksinasi dari negara keberangkatan.


Baca Juga:


Jadi, pastikan Anda mendapatkan vaksin secara penuh sebelum memulai perjalanan. Perlu Anda ketahui bahwa kekebalan tubuh tidak sepenuhnya kuat sampai dua minggu setelah Anda divaksin secara penuh.

Sehingga, Anda perlu mendapatkan vaksin dari beberapa bulan sebelum keberangkatan ke negara tujuan.

Pahami dan Ikuti Panduan Umum

tips traveling
Foto: Freepik

Beberapa negara memberikan sebuah panduan bagi para pelancong yang ingin berpergian. Ada yang menyarankan Anda untuk tidak berpergian kemana-mana terutama luar negeri dalam waktu 14 hari atau dua minggu.

Jadi sebelum memulai petualangan, pastikan Anda mengkaji, memahami dan mengikuti panduan umum terkait dengan negara tujuan pada masa pandemi Covid 19.

Jika Anda didapati mengalami gejala positif Covid 19, segera lapor kepada layanan kesehatan setempat di negara keberangkatan dan ikuti petunjuknya.


Baca Juga: 


Buatlah Rencana

tips traveling
Foto: Freepik

Anda perlu membuat rencana perjalanan. Tujuannya untuk menjaga agar Anda, keluarga, dan orang lain tetap aman.

Jadi, luangkanlah waktu untuk membicarakan rencana Anda dengan keluarga dan teman yang Anda ingin kunjungi.

Anda wajib memberitahu mereka tentang rencana petualangan Anda. Mereka juga perlu tahu dengan siapa Anda akan bertualang.

Selain itu lokasi potensi Covid 19 dan tempat tinggal Anda selama di tempat tujuan sangat perlu Anda bagikan untuk diketahui oleh keluarga dan mereka yang akan dituju.

Supaya perjalanan Anda tetap aman dan sehat, Anda perlu mengetahui dan mengikuti sesuai dengan panduan dari layanan kesehatan masyarakat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Terapkan 3M

tips traveling
Foto: Freepik

Istilah 3M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak masih sangat berlaku terutama di masa pandemi Covid 19 ini. Entah Anda sudah divaksin atau belum, Anda tetap wajib menerapkan 3M.

Saat Anda bertualang, Anda akan menemui beragam tempat baik itu terminal bus, bandara, stasiun kereta api, area tertutup dan area terbuka sekalipun.

Di mana pun Anda berada, Anda wajib menerapkan 3M. Selain itu, bawalah masker untuk cadangan Anda selama perjalanan. Anda juga bisa membawa hand sanitizer dan juga hal lainnya yang menjadi kebutuhan Anda.


Baca Juga: 


Jangan Terlalu Sering Berhenti

Saat Anda memutuskan untuk bertualang dengan rute perjalanan jarak jauh, Anda perlu membatasi pemberhentian Anda sebanyak mungkin. Misalnya saat Anda sedang mengemudi.

Usahakanlah untuk tidak sesering mungkin berhenti di tempat umum seperti pom bensin, tempat makan, toilet umum dan lainnya.

Selain dapat menghemat waktu, membatasi pemberhentian dapat membantu Anda meminimalkan interaksi yang tidak perlu dengan banyak orang.

Menjaga Kesehatan

tips traveling
Foto: Freepik

Anda mungkin sering mendengar kata ‘menjaga kesehatan’ di masa pandemi sekarang. Pada dasarnya menjaga kesehatan memiliki banyak arti seperti minum vitamin, istirahat yang cukup, makan makanan yang seimbang dan teratur dan lainnya.

Dengan menjaga kesehatan artinya Anda sedang meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tangguh dan kuat. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin dan istirahat setidaknya 7-9 jam setiap malam.

Seperti halnya pepatah Mens Sana In Corpore Sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Jadi selaraskan antara tubuh dan jiwa Anda agar tetap sehat terutama di masa pandemi Covid 19. Bagaimana? Sudah siap bertualang?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button