NewsHiburan

Song Hye Kyo Donasikan 10 Ribu Buku Ke Pusat Kebudayaan Korea di Los Angeles

Hobring.com – Aktris asal Korea Selatan, Song Hye Kyo bersama Profesor Seo Kyung Duk perwakilan Universitas Wanita Sungshin mendonasikan 10.000 buku ke Pusat Kebudayaan Korea di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam rangka acara “Meet Our Country’s History Abroad”, kegiatan yang berlangsung pada hari Senin, (01/03/2021) kemarin merupakan bagian dari acara memperingati Hari Gerakan Kemerdekaan Samil di Korea Selatan atau yang dikenal dengan Demonstrasi Manse seperti yang dilansir dari Xportsnews.

Hari Pergerakan 1 Maret atau Demonstrasi Manse adalah pergerakan awal yang dilakukan oleh masyarakat Korea dalam memperjuangkan kemerdekaanya dari penjajah Jepang.

Kala itu masyarakat Korea berspekulasi bawah Raja Gojong yaitu raja ke 26 dari Dinasti Joseon dan Kaisar pertama dari Kekaisaran Han Raya yang wafat pada 21 Januari 1919 karena diracuni oleh mata-mata asal Jepang.

Warga Korea yang mengetahui hal itu kemudian melakukan aksi protes secara damai di seluruh negeri pada tanggal 1 Maret 1919. Sejak saat itu sampai saat ini, setiap tanggal 1 Maret di Korea diperingati sebagai Hari Pergerakan 1 Maret seperti yang dilansir dari laman Britannica.

Song Hye Kyo Donasikan 10 Ribu Buku Ke Pusat Kebudayaan Korea di Los Angeles
Song Hye Kyo. Sumber: pinterest.com

Sementara itu,secara khusus buku panduan yang didonasikan tersedia dalam bahasa Korea dan Inggris dengan memperkenalkan sejarah gerakan kemerdekaan Korea di Los Angeles.


Baca Juga:


Kegiatan ini adalah kelima kalinya Song Hye Kyo berpartisipasi karena sebelumnya ia menyumbangkan sebuah buku serupa ke kota Shanghai, Tokyo, Paris, dan banyak lagi.

Adapun rincian lain dalam buku yang didonasikan berkaitan dengan informasi tentang Korea National Association Memorial Hall, rumah keluarga Ahn Chang Ho, tempat di Los Angeles yang terkait dengan Dosan Ahn Chang Ho, Rosedale Memorial Park, dan masih banyak lagi.

Profesor Seo Kyung Duk mengatakan bahwa ia berharap dengan adanya buku tentang informasi Korea Selatan, orang-orang asing dapat tertarik dengan sejarah Korea.

“Karena pengaruh Hallyu, (kini) orang asing juga tertarik dengan sejarah Korea, dan kami berharap ini akan membantu memberi tahu orang Korea yang berada di perantauan dan mahasiswa internasional tentang sejarah gerakan kemerdekaan Korea,” ujar Profesor Seo Kyung Duk pada hari Senin (01/03/2021) seperti yang dikutip dari laman Xsportsnews.

“Akibat COVID-19, situasi situs-situs pergerakan kemerdekaan yang masih ada di luar negeri tidak begitu baik. Saya pikir sudah waktunya bagi kita untuk lebih memperhatikan. ”

Tak hanya itu saja, Song Hye Kyo juga mendukung pendidikan di Korea dengan membantu memberikan pelayanan dalam bahasa Korea ke museum-museum popular di seluruh dunia.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button