OlahragaNews

Skuad Bulu Tangkis Indonesia Geber Latihan Jelang Tur Eropa

Hobring.com – Setelah menjalani rangkaian turnamen Yonex Thailand Terbuka (12-17 Januari), Toyota Thailand Terbuka (19-24 Januari), dan BWF World Tour Finals (27-31 Januari), skuad bulu tangkis Indonesia sudah kembali menggelar latihan.

Tiga turnamen di Swiss Terbuka, Jerman Terbuka, dan All England menjadi ajang pembuktian bagi skuad bulu tangkis Indonesia untuk kembali tampil maksimal. Dilansir dari laman PBSI, tidak ada kata berleha-leha, mereka kembali menggeber latihan, mengingat tur Eropa menanti di awal Maret. Sejumlah persiapan pun langsung diberikan para pelatih, mulai dari sisi teknik, fisik, mental, daya juang. Tidak ketinggalan faktor gizi dan sport science.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Sport Science PP PBSI, Iwan Hermawan, mengaku kalau dia bersama Rionny Mainaky dan tim pelatih sudah melakukan rapat evaluasi atas hasil yang didapat di Thailand sekaligus mengidentifikasi kekurangan-kekurangan para atlet untuk diperbaiki jelang tur Eropa.

Baca juga:

“Saya sudah rapat dengan semua, hal non-teknis ini harus kita antisipasi dan saya menyarankan kita coba simulasi di lingkungan pelatnas dengan situasi yang sama seperti di dalam pertandingan yang akan kita hadapi. Saya juga akan berkoordinasi dengan pelatih untuk menambah volume latihan demi mempertahankan daya tahan yang baik untuk atlet kita.”

Iwan Hermawan

Iwan mengungkapkan, analisis performa juga sudah diterapkan pada setiap pertandingan. Sehingga bisa terlihat evaluasi kekurangan secara teknik untuk menjadi sasaran dan fokus perbaikan pada latihan. Selain itu, masalah fisik dan gizi juga menjadi perhatian khusus untuk ditingkatkan.

“Saya akui beberapa atlet kondisi fisiknya memang masih kedodoran, jadi secara khusus saya sudah berbicara dengan para pelatih fisik, di minggu ini kami akan melihat dulu apa saja yang kurang lalu minggu depan mencoba memenuhi kebutuhan program agar sesuai standarnya. Termasuk pemenuhan gizi dan suplemen dari tim medis.”

Iwan Hermawan

Dia menambahkan, bagi beberapa pemain yang kini punya berat badan berlebihan, bakal difokuskan dengan latihan kondisi fisik supaya kembali ideal, sebab jika tidak kerja otot dan gerakan tubuhnya butuh tenaga ekstra, di samping geraknya menjadi lambat. Pada akhirnya ini mempengaruhi daya tahan yang menjadi pondasi dari semuanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button