News

Simak Perbedaan Empat Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia

Hobring.com – Kopi saat ini menjadi salah satu minuman wajib bagi sebagian masyrakat Indonesia sebelum memulai aktivitas. Pasalnya kandungan kopi diyakini mampu meningkatkan fokus serta menurunkan risiko penyakit otak dan saraf.

Indonesia sendiri cukup terkenal dengan jenis tanaman kopinya. Tercatat ada empat jenis tanaman kopi yang dibudidayakan di tanah air yaitu, Arabika, Robusta, Liberika dan Excelsa.

Kopi yang diminum pun beragam, mulai dari kopi hitam hingga kopi yang diracik sesuai selera masing-masing. Penyajiannya pun bisa dalam keadaan dingin dan juga panas.

Buat kalian yang lagi bosan bikin kopi sendiri, kalian tidak perlu khawatir. Sebab, kini kedai kopi lokal sudah banyak yang bisa kalian jumpai.

Baca Juga:

Tapi perlu kalian tahu, Arabika, Robusta, Liberika dan Excelsa memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Ingin tahu perbedaan dari keempatnya? yuk simak penjelasan selengkapnya yang sudah dirangkum Hobring.

1. Arabika

Kopi satu ini sudah tidak asing ditelinga masyrakat Indonesia. Sebab Arabika merupakan jenis kopi pertama yang ditemukan oleh manusia.

Arabika memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi ketimbang jenis kopi lainnya. Namun jenis tanaman kopi yang ditemukan Carl Linnaeus ini memiliki tingkat kafein yang lebih rendah dari Robusta.

Selain itu, jenis Arabica ini memiliki aroma wangi yang menyerupai wangi buah dan bunga.

2. Robusta

Robusta
Sumber foto: Alibaba

Biji kopi robusta memiliki beberapa perbedaan dengan Arabica. Aroma yang dimiliki Robusta cenderung lebih berbau kacang-kacangan. Selain itu, ciri khas Robusta yang lain adalah memiliki rasa pait dan warna yang pekat.

Dan satu lagi, Robusta memiliki tingkat kandungan kafein dua kali lipat dari kandungan kafein pada Arabica.

3. Liberika

Liberika
Sumber foto: Istimewa

Jenis kopi Liberika mungkin sedikit asing di telinga kalian. Di Indonesia sendiri kopi dengan sebutan kopi nangka ini cukup sulit ditemukan.

Kopi yang berasal dari Liberia ini memiliki rasa yang cukup pahit dan kental. Dalam penyajiannya, biasanya kopi Liberika ini dicampur dengan susu untuk mengurangi rasa pahit yang cukup tinggi.

4. Excelsa

Excelsa
Sumber foto: Istimewa

Kopi yang ditemukan di wilayah Afrika Barat ini bisa dibilang cukup baru dan tentunya sangat langka di Indonesia. Kopi satu ini juga disebut sebagai salah satu varietas kopi Liberika.

Tekstur buah kopi Excelsa memiliki sedikit lebih kecil dari Liberika. Untuk rasa dan aroma, kopi Excelsa cukup unik. Diketahui Excelsa memiliki rasa asam, manis, asin dan sepat serta gurih. Kadar kafein dari kopi ini juga lebih rendah dari kaefin yang dimiliki Robusta.

Nah, jadi sudah tahu kan perbedaan rasa dari keempat jenis kopi diatas? Sekarang kamu tinggal tentuin deh mau minum kopi yang mana. Selamat mencoba, guys!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button