Life StyleNews

Simak Kiat Menjaga Hubungan Meski Sering Bertemu Karena Corona

Hobring.com  Berdiam diri di rumah menimbulkan kejenuhan, dan untuk mengatasinya inilah kiat menjaga hubungan meski sering bertemu karena Corona.

Virus Corona yang telah banyak merenggut nyawa manusia mengharuskan kita untuk membatasi aktivitas kita di luar rumah. Hal itu membuat kita harus berdiam diri dan lebih sering menghabiskan waktu dengan pasangan atau keluarga.

Namun nyatanya pertemuan yang intens sering kali menimbulkan rasa jenuh, bahkan perceraian antara pasangan suami istri. Melihat kondisi tersebut, Ahli Psikolog, Susan Albers, PsyD mengatakan bahwa situasi ini adalh salah satu “hal berat” yang ditimbulkan Corona.

“Virus Corona memang membuat kita stress dan banyak dampak negatif pada manusia, termasuk hubungan pasangan. Entah karena pasangan yang berjarak jauh maupun pasangan yang sering bertemu,” ucap Susan dikutip dari Kompas.

Baca juga:

Kondisi yang tidak baik antara pasangan ini pertama kali diteliti oleh American Family Survey (AFS). Diketahui pada awal masa Corona AFS menemukan banyak pasangan yang merasa stres karena hubungan mereka.

Terungkap sebanyak 37 persen pasangan yang sudah menikah mengalami stres karena pernikahan, dan penyebab utamanya tidak lain adalah masalah ekonomi. Sementara terdapat 34 responden lain mengalami stres lantaran kehilangan pendapatan.

Survei dari AFS bahkan menyebutkan minat pernikahan di masa Corona seperti ini terus mengalami penurunan, dan diprediksi tahun 2021 ini akan terus menunjukkan angka penurunan.

Meski demikian, Susan menjelaskan tidak sedikit pasangan yang dapat melalui kondisi di masa pandemi ini dengan baik dan lancar. Dikabarkan 56 persen yang sering bertemu dengan pasangannya menjadi lebih saling menghargai.

Dan 47 persen lainnya mengungkapkan masa pandemi membuat mereka mendalami komitmen yang telah dibuat bersama, dan delapan persen lainnya menjelaskan kemungkinan mereka berpisah sangat sedikit.

Adapun inilah beberapa kiat menjaga hubungan selama masa pandemi:

  1. Memiliki waktu untuk sendiri
  2. Menjaga komunikasi
  3. Menunjukkan sikap menghargai
  4. Mencari bantuan bila hubungan mulai tak baik
  5. Mencoba sesuatu yang baru

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button