NewsOtomotif

Sering Mogok? Inilah 7 Tips Merawat Radiator Mobil Anda

Rawat radiator mobil

Hobring.com – Radiator mobil merupakan salah satu komponen pendingin yang paling penting dan dapat membantu meredam udara panas di dalam mesin.

Jika mesin terlalu panas dan radiator tidak berfungsi dengan baik. Maka hal itu akan menyebabkan beberapa masalah seperti mogok secara mendadak.

Mogok secara tiba-tiba adalah permasalahan yang terjadi pada mobil jika telah sampai pada tahap kerusakan yang parah.

Jika mobil mogok dibiarkan begitu tanpa diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah lain seperti kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, kesehatan radiator mobil sangat penting untuk melindungi kendaraan Anda dari peristiwa seperti itu. Seperti sebuah pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Anda perlu merawat radiator sebelum kejadian.

Merawat radiator perlu dilakukan secara teratur. Hal itu bertujuan untuk memastikan agar kendaraan Anda dapat berjalan dengan lancar tanpa terhambat apapun.


Baca Juga:


Berikut adalah tips merawat radiator mobil seperti yang dilansir dari laman The Southern Maryland Chronicle. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Periksalah radiator secara berkala

radiator mobil
Foto: Freepik

Anda perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk memeriksa radiator Anda. Dengan melakukan pemeriksaan secara tepat waktu pada suku cadang pegganti radiator mobil. Hal itu akan membantu Anda memeriksa masalah secara cepat.

Langkah ini dinilai dapat menyelamatkan Anda dari peristiwa yang tidak terduga misalnya mogok secara mendadak.

Selain itu, pemeriksaan radiator secara berkala juga akan membantu Anda menghindari pengeluaran yang tidak terduga.

Jadi, pastikan Anda memahami kapan waktu yang tepat untuk mengganti radiator Anda. Tak hanya berguna untuk keselamatan diri Anda tapi juga menyelamatkan keuangan Anda. Pastikan tidak pernah terlewatkan ya?

Gunakan radiator yang berkualitas

radiator mobil
Foto: Freepik

Kadang kita tergiur dengan harga radiator yang murah. Meskipun ada beberapa radiator murah dan berkualitas. Tapi tak sedikit juga radiator dengan harganya miring justru kurang berkualitas.

Jadi, bukan dilihat dari berapa harganya tapi dari seberapa berkualitasnya radiator tersebut. Jika Anda menggunakan radiator yang berkualitas hal itu tentu saja akan berdampak baik untuk keselamatan Anda dan kendaraan Anda.

Berhati-hatilah dengan kualitas radiator yang Anda gunakan pada kendaraan. Anda dapat membeli radiator dengan mempertimbangkan kebutuhan kendaraan Anda.

Sebaiknya, Anda tidak pernah mencampur radiator yang berbeda untuk dijadikan satu. Hal itu bisa berdampak buruk bagi mesin kendaraan Anda. Pilihlah satu cairan pendingin dan bila cocok pertahankanlah.

Periksa ketinggian air

radiator mobil
Foto: Freepik

Cobalah untuk memeriksa ketinggian air radiator secara berkala seperti setiap minggu. Jangan masukkan air dingin ke dalam radiator terutama pada saat suhu sedang panas.

Sebaiknya Anda menunggu mobil menjadi lebih dingin dan kemudian baru menambahkan air ke dalamnya.

Air dingin yang dimasukkan secara paksa ke dalam radiator dengan suhu panas dapat merusak kinerja radiotor. Selain itu juga dapat merusak silinder aluminium.

Periksa cairan

radiator mobil
Foto: Freepik

selain melihat ketinggian air, Anda juga wajib memeriksa cairan. Hal ini dapat membantu Anda untuk merawat radiator mobil agar terawat dalam jangka waktu yang lama.

Mempertahankan tingkat cairan yang tepat di mobil merupakan hal yang sangat penting. Cairan yang diratakan dengan baik dapat menyelamatkan mesin Anda dari kepanasan berlebih serta pembekuan.

Gunakan pendingin mesin

radiator mobil
Foto: Freepik

Tips merawat radiator mobil berikutnya adalah dengan cara menggunakan pendingin mesin. Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat saat menambahkan pendingin mesin ke mobil Anda.

Hal ini dapat mencegah sistem pendingin mobil Anda dari pembekuan dan menurunkan suhu yang panas. Penggunaan pendingin mesin secara teratur dapat mencegah agar termostat tidak lengket dan meningkatkan kinerja radiator mobil.

Siram radiator

radiator mobil
Foto: Freepik

Tips merawat radiator mobil berikutnya adalah dengan cara menyiram sistem pendingin mobil.

Tentang seberapa sering Anda harus menyiram radiator mobil tergantung dari jenis dan model mobil yang Anda miliki.

Anda perlu bertanya kepada teknisi yang memahami perihal radiator mobil. Sebagian besar, kendaraan menginginkan penyiraman tahunan dengan sistem pendingin.

Jika Anda sering menggunakan kendaraan dalam jarak tempuh yang lumayan jauh. Sebaiknya Anda perlu menyiram radiator lebih dari setahun sekali.

Dengan menyiram radiator mobil itu artinya Anda sedang mencegah penyumbatan dan penumpukan artikel pada radiator. Namun jika Anda terlalu sering menyiramnya, hal itu dapat mengganggu kinerja radiator.

Jangan bebani mobil berlebih

radiator mobil
Foto: Freepik

Radiator berfungsi untuk membantu mendinginkan mesin Anda. Hal yang tak kalah pentingnya adalah tidak membuat mobil Anda menerima beban berlebih dari Anda.

Jika Anda membawa beban berat dan berlebihan pada kendaraan Anda maka radiator akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendinginkannya.

Apabila hal itu dilakukan secara terus menerus ternyata dapat merusak radiator mobil dan membuatnya menjadi tidak berfungsi secara maksimal.

Oleh karena itu, jagalah beban seminimal mungkin. Jangan memaksanya untuk bekerja lebih dari kemampuannya. Dengan menjaga beban mobil itu artinya Anda tengah berupaya merawat radiator mobil Anda.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button