NewsFood

Selalu Gagal Diet? Yuk Coba 5 Kombinasi Menu Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

Hobring.com – Berat badan yang berlebihan adalah salah satu pertanda bahwa tubuh Anda kurang sehat. Selain tampak kurang sehat, berat badan yang berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya obesitas.

Oleh karena itu, menurunkan berat badan tidak hanya sekadar berolahraga secara rutin saja. Namun Anda juga harus memerhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi salah satunya adalah makanan.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa tanpa makan maka akan membuat Anda kehilangan berat badan dengan cepat. Padahal, tanpa makan hanya akan menimbulkan masalah baru dalam tubuh Anda.

Jadi sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang tepat dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda. Berikut ini adalah lima kombinasi menu makanan dari Hobring.com yang berguna untuk menurunkan berat badan Anda.

Teh Hijau dan Lemon

menu makanan diet
Foto: Freepik

Anda pasti tidak asing saat mendengar kata teh hijau. Teh yang satu ini terkenal kaya akan antioksidan dan dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Selain itu, teh hijau dapat mendetoksifikasi sistem dalam tubuh dan meningkatkan metobolisme. Dikenal sebagai minuman rendah kalori, teh hijau dapat memberi manfaat lain seperti energi.


Baca Juga:


Dengan mengkonsumsi sebanyak 3-4 cangkir teh hijau dalam sehari dan diimbangin dengan olahraga serta menjaga asupan makan lainnya.

Ternyata dapat menstabilkan tekanan darah dan menjaga berat badan Anda. Sementara perasan air lemon berfungsi untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Lemon menjadi pilihan terbaik yang dapat dikombinasikan dengan teh hijau karena minuman ini dapat membantu menyerap racun dan menutrisi tubuh.

Oat dan kacang

menu makanan diet
Foto: Freepik

Oat adalah salah satu makanan yang paling popular dikalangan para pegiat diet. Bagaimana tidak, oat mengandung kalori yang rendah dan bagus untuk tubuh.

Selain itu juga, oat sangat mudah dibuat. Jadi Anda tidak memakan waktu lama untuk membuatnya. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan oat sebagai daftar menu makanan diet.

Oat dapat dikombinasikan dengan yang lainnya misalkan kacang-kacangan atau biji-bijian yang kaya akan antioksidan seperti almond, biji chia dan kenari.

Kopi dan kayu manis

menu makanan diet
Foto: Freepik

Kopi merupakan salah satu minuman rendah kalori jika dikonsumsi tanpa gula tambahan. Oleh karena itu, minuman yang satu ini cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Sebagai pengganti gula untuk menciptakan rasa manis pada kopi. Anda bisa menambahkan kayu manis yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat untuk antiinflamasi.

Kayu manis juga mengandung aroma yang herbal yang nikmat. Selain itu, kayu manis juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Hal itu tentu saja bermanfaat untuk membantu program diet Anda.

Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, manfaat kayu manis pada tubuh Anda adalah membakar sel-sel lemak baik saat Anda sedang beraktivitas maupun tidak beraktivitas sama sekali.

Nasi dan kacang polong

menu makanan diet
Foto: Freepik

Kombinasi menu makanan selanjutnya yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan adalah nasi dan kacang polong.

Nasi mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi dalam. Meskipun tidak dapat membuat Anda kenyang secara lama. Namun kehadiran kacang polong yang kaya akan protein akan membantu Anda mendapatkannya.

Kombinasikan nasi dan kacang polong sebagai menu makanan diet Anda. Sebagai catatan, tubuh perlu mendapatkan sekitar 25-35% kalori dari protein untuk dapat membantu tubuh lebih sehat.

Telur dengan bayam

menu makanan diet
Foto: Freepik

Kombinasi menu makanan berikutnya adalah telur dan bayam. Seperti yang kita ketahui bahwa bayam kaya akan zat besi. Sedangkan telur mengandung banyak protein.

Sehingga, jika keduanya dikombinasikan makan akan membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif.

Selain itu juga membuat Anda menjadi lebih sehat karena kandungan antioksidan pada daun bayam. Nah itulah daftar menu makanan untuk diet yang dapat dikombinasikan sesuai dengan selera Anda.

Supaya berat badan Anda tetap ideal, pastikan Anda mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan bernutrisi. Tak hanya itu saja, Anda juga harus rajin berolahraga minimal 30 menit sampai 1 jam. Dan tak lupa istirahat yang cukup 7-8 jam perhari.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button