NewsOlahraga

Selain Renang, Inilah Jenis Olahraga Air yang Menarik dan Menantang

Hobring.com – Olahraga adalah aktivitas yang tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tapi juga dapat memperbaiki suasana hati dan mental Anda. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur salah satunya dengan melakukan olahraga air.

Bagi Anda yang menyukai olahraga air, berenang mungkin aktivitas luar ruangan yang sering Anda dengar. Namun untuk menikmati olahraga air ternyata ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan dan dijadikan referensi di masa mendatang.

Jika Anda suka dengan petualangan, tidak ada salahnya untuk menjadikan jenis olahraga air berikut ini sebagai referensi untuk memicu adrenalin Anda selanjutnya. Sebelum Anda memulainya, Hobring.com akan merekomendasikan jenis-jenis olahraga air apa saja yang menarik dan menantang. Apakah Anda sudah siap?

Kano

Kano adalah sebuah aktivitas olahraga yang melibatkan dayung dan perahu. Secara umum, kano merupakan alat transportasi yang digunakan untuk memudahkan untuk melakukan kegiatan satu dengan kegiatan lainnya.

olahraga air
Foto: user18526052/freepik

Pada zaman dahulu tepatnya pada akhir abad ke-19, kano modern hadir di wilayah Eropa setelah menggantikan peran kano yang sebelumnya sebagai sekadar moda transportasi saja.


Baca Juga:


Kehadiran kano modern melahirkan Federasi Kano Internasional yakni sebuah organisasi Kano pertama di dunia yang diasosiasi oleh Austria, Jerman, Denmark dan Swedia.

Sejak saat itulah, Kano diakui sebagai salah satu jenis olahraga air yang banyak diminati tak hanya dari masyarakat dibagian Eropa tapi negara-negara lainnya. Bahkan saat ini sudah tercatat ada sekitar 100 lebih negara yang berpartisipasi dalam olahraga Kano termasuk Indonesia.

Kneeboarding/Wakeboarding

Kneeboarding adalah jenis olahraga air yang di mana pesertanya menggunakan sebuah papan apung, cembung dan hidrodinamis. Kemudian papan itu ditarik dengan kecepatan tinggi dan berada di belakang perahu motor.

Pada tahun 1970 an, Kneeboards diproduksi pertama kali secara komersial. Meski pada awalnya tidak populer secara luas, namun kneeboarding telah menyebar luas pada pertengahan 1970-an.

olahraga air
Foto: karlyukav/freepik

Seiring berjalannya waktu, minat masyarakat terhadap kneeboarding semakin meningkat dan pertama kalinya sebuah kompetisi dibentuk oleh Asosiasi Kneeboard Internasional (IKA) pada tahun 1980an.

Saat ini, kneeboarding tetap populer dengan sebutan baru yang disebut Wakeboarding. Tak hanya terkenal dibenua Eropa, olahraga Wakeboarding bahkan banyak diminati oleh masyarakat Asia termasuk Indonesia.

Semenjak terbentuknya Asosiasi Wakeboard Dunia (WWA) di tahun 1990, beberapa kompetisi Wakeboarding mulai terselenggara di Indonesia salah satunya pada acara Bali Wake Boarding Competition yang dilaksanakan di Bali pada tahun 2018.

Flyboard

Flyboard adalah jenis olahraga air yang baru popular sejak ditemukan pada musim gugur sekitar tahun 2012 oleh seorang pilot perahu berkebangsaan Prancis yakni Franky Zapata.

Ia mendesain sebuah alat yang memungkinkan perangkat tersebut untuk keluar dari air dan stabil di udara. Hal tersebut dicapai dengan penggerak di bawah kaki dan stabilisasi dari tangan.

olahraga air
Foto: Lassdive

Adapun beberapa kompetisi yang telah terselenggara adalah Flyboard World Cup I dan II di Qatar pada 2012 dan 2013, Flyboard World Cup III dan IV di Dubai pada 2014 dan 2015, Flyboard World Cup Championship 2016, 2017, 2018 dan beberapa kompetisi lainnya.

Sebagai bagian dari jenis olahraga air, Flyboard berhasil melahirkan banyak atlet ada Lindsay McQueen, Gemma Weston dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, olahraga Flyboard mulai semakin popular semenjak beberapa kali tampil pada atraksi olahraga air.

Jika Anda ingin belajar mengenai Flyboard, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Losari di Makassar, Gili Trawangan di Lombok serta Pulau Bali sebagai destinasi tujuan Anda mempelajari jenis olahraga air yang satu ini.

Aquathlon

Mendengar kata gulat atau wrestling mungkin bukan hal yang asing bagi Anda. Kegiatan yang umumnya dilakukan pada arena datar ternyata dapat juga dilakukan di dalam air, lho! Nggak percaya?

Disebut dengan nama Aquathlon atau juga dikenal sebagai gulat bawah air (underwater wrestling). Jenis olahraga air yang satu ini ternyata sudah ada sejak tahun 1980 an.

Igor Ostrovsky, seorang pelatih olahraga bawah air dari Institut Teknologi Moskow mengembangkan Aquathlon yang hingga kini olahraga yang satu ini resmi terbentuk dengan hadirnya Asosiasi Aquathlon Internasional(IAA).

Kompetisi Internasional pertama diadakan selama Agustus 1993 di Moskow. Sejak saat itulah upaya untuk mengembangkan olahraga Aquathlon dalam memainkan olahraga di seluruh dunia merupakan bagian dari tujuan IAA.

Berada dalam regulasi Komisi Aquathlon dari Confédération Mondiale des Activités Subaquatiques (CMAS) beberapa negara yang sudah berafiliasi sejak tahun 2013 adalah Belarusia, Kroasia, Estonia, Italia, Kazakhstan, Lituania, dan Rusia.

Adapun beberapa pertandingan yang telah terselenggara antara lain Kejuaraan Eropa Pertama 2010 di Rusia, Piala Dunia Aquatlon ke-2 tahun 2011 di Spanyol, Kejuaraan Eropa ke-2 2012 di Rusia, Piala Dunia Junior Aquathlon 2013 di Ukrainia, Piala Junior Aquathlon 2014 di Lituania, Piala Dunia Aquathlon 2016 di Estonia dan Piala Dunia Aquathlon 2017 di Lithuania.

Underwater Football

Kini bermain sepak bola tak melulu dilapangan hijau, Anda bisa memainkan dengan cara menyelam di bawah air. Nggak percaya? Bagi sebagian orang mungkin mustahil bermain sepak bola di bawah air. Namun Dave Murdoch seorang instruktur selam scuba mencoba mengembangkannya menjadi salah satu jenis olahraga air pada tahun 1960an.

Olahraga air yang satu ini memang mirip dengan polo air. Meski demikian, perbedaan yang sangat terlihat adalah terkait konsistensi bermain sepak bola yang lebih sering dimainkan di bawah air.

Setiap pemain bisa naik ke permukaan untuk menghirup udara sebanyak yang dibutuhkan, kecuali saat dia memegang bola di tangannya. Menarik bukan?

olahraga air
Foto: Underwater Footbsll/CBC.ca

Seperti permainan sepak bola pada umumnya terdapat satu pemain dari masing-masing tim yang melakukan manuver bola melewati lawan mereka untuk membawa bola ke gawang.

Kemudian, setiap tim memiliki 13 pemain, tetapi hanya lima pemain yang berada di lapangan pada waktu yang sama. Selanjutnya pemain yang membawa bola diwajibkan untuk berenang atau mengoper bola ke pemain sesama timnya.

Dalam turnamen, pertandingan akan berlangsung selama 23 menit yang terdiri dari dua periode 10 menit yang jika dijumlah maka ada 20 menit. Kemudian terdapat  waktu  jeda selama 3 menit pada paruh waktu, di mana tim akan berganti akhir.

Sebuah pertandingan dikatakan “dalam permainan” selama periode antara awal dan akhir permainan seperti yang ditunjukkan oleh wasit. Dalam kasus pertandingan seri, periode 10 menit tambahan dapat dimainkan untuk menentukan pemenang.

Sementara itu, lawan akan mencoba merebut bola dari pemain lain atau mencegat umpan. Dan akhirnya, tim yang memiliki skor maksimal, dialah akan menang.

Secara keseluruhan, underwater football hampir serupa dengan permainan sepak bola di arena hijau. Hanya saja, underwater football memiliki beberapa peraturan khusus karena mengingat arena yang digunakan bukanlah rumput tetapi di kedalaman air kolam.

Saat ini Underwater Football diatur dalam badan organsasi olahraga yang disebut Manitoba Underwater Council (MUC). Bagi Anda yang tertarik dengan jenis olahraga air yang satu ini, pastikan Anda memiliki rekan yang profesional dan memahami jalannya pertandingan, ya.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button