Life StyleNews

Selain Membantu Kenyamanan Tidur, Bantal Ternyata Memiliki Peranan Penting Lainnya

Hobring.com – Salah satu faktor untuk membuat tidur nyaman adalah dengan bantal. Bantal sendiri memiliki dampak cukup baik untuk kesehatan kita.

Sebagian orang mungkin dapat tidur tanpa menggunakan bantal, namun pola tidur seperti itu diklaim memberikan dampak buruk pada kesehatan kamu.

Hal itu pun dijelaskan oleh dr Arina Ikasari Muhtadi Sp.Tht-KL selaku Spesialis Telinga Hidung Tenggorok dan Bedah Kepala Leher di Jakarta. Ia menjelaskan bahwa perilaku tersebut merupakan hal yang buruk yang dilakukan pada tubuh kita.

“Kehadiran bantal saat tidur merupakan hal mutlak. Dari sisi medis sendiri tidak pernah menyarankan tidur tanpa menggunakan bantal,” ucap Arina dikutip dari Kompas.

Baca juga:

Arina menambahkan ada beberapa penyakit yang berpotensi akan menyerang orang yang melakukan hal tersebut. Adapun penyakit yang dapat mengenainya semisal asam lambung.

Sedangkan menurut Medical News Today, tidur tanpa menggunakan bantal akan membantu untuk orang-orang yang tidur dengan posisi tengkurap.

Sebab dijelaskan bahwa bantal memang membantu menjaga tulang belakang dan leher agar tetap sejajar dan agar mencegah rasa sakit pada bagian tersebut.

Dan bagi orang-orang yang tidur dengan gaya menyamping tanpa bantal akan menyebabkan rasa sakit pada punggung dan leher.

“Biasanya orang yang tidur tanpa bantal dengan posisi telentang akan mengalami rasa sakit dan tekanan pada leher. Kebiasaan ini bila dikerjakan dalam jangka panjang akan mengganggu kualitas tidur dan berpotensi terserang sakit punggung atau leher,” tambahnya.

Maka dari itu, Arina menjelaskan bahwa saat tidur kepala setidaknya harus memiliki kemiringan dengan 30 derajat atau satu bantal. Sedangkan untuk orang yang memiliki penyakit jantung dianjurkan tidur dengan dua bantal. Pemilihan bantal juga sangat membantu untuk dapat tidur dengan nyaman. 

Bila lebih sering tidur dengan posisi terlentang, maka dianjurkan menggunakan bantal yang sedikit tipis agar kepala tidak terlalu menekuk pada bagian depan.

Selain itu, bantal memory foam digunakan untuk membantu anda menjaga postur badan agar tetap ideal. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button