NewsFood

Selain Jahe, Inilah Makanan yang Membantu Kembalikan Indera Penciuman

Hobring.com – Ketidakmampuan hidung untuk mencium bau dan aroma merupakan salah satu indikasi dari gejala Covid-19. Kondisi tersebut dikenal dengan nama anosmia.

Menurut Ahli THT di Rumah Sakit Anak Alfred I. duPont di Amerika Serikat, Dr. Nicole Aaronson, MD, MBA, CPE, FAAP, FACS. mengatakan bahwa penanganan anosmia dapat diobati melalui medis maupun non medis.

“Penanganan kehilangan penciuman tergantung pada penyebabnya. Ada intervensi medis yang dapat membantu, serta perawatan di rumah,” ujar Dr. Aaronson yang dikutip dari laman Healthline.

Meskipun pada umumnya anosmia dapat diobati secara medis. Namun saat ini klinik kesehatan maupun rumah sakit menjadi tempat yang paling rentan terhadap penularan virus korona.

Jika Anda khawatir keluar rumah, Anda bisa melakukan alternatif lain untuk membantu mengembalikan indera penciuman Anda. Salah satunya melalui makanan yang Anda konsumsi.


Baca Juga:


Jahe adalah satu dari beberapa makanan yang dapat membantu melatih serta dapat kembalikan indera penciuman Anda.

Aromanya yang khas dan menyengat membuat jahe dinilai sebagai bahan alami yang bukan hanya meredakan peradangan pada saluran pernafasan tapi juga mengurangi lendir yang menyumbat dan hilangnya indera penciuman.

Tak hanya jahe, berikut ini adalah makan makanan yang dapat membantu Anda untuk mengembalikan indera penciuman Anda akibat anosmia.

Lemon

lemon
Foto: Freepik/Azerbaijan Stockers

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, lemon juga memiliki sifat anti-mikroba yang dapat mengobati infeksi di saluran pernapasan akibat lendir berlebih.

Cara konsumsinya sangat sederhana. Anda bisa memeras satu buah lemon ke dalam segelas air hangat. Kemudian tambahkan air dan madu atau kayu manis sesuai dengan selera Anda.

Konsumsi air perasan lemon sebanyak dua kali dalam sehari atau secukupnya untuk membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, penyebab hidung tersumbat dan lainnya.

Tapi perlu perhatikan bagi Anda yang menderita penyakit maag. Sebaiknya Anda tidak mengonsumi air lemon secara berlebihan.

Daun mint

daun mint
Foto: Freepik/Wirestock

Selain lemon, daun mint merupakan obat herbal yang kaya akan antioksidan. Daun mint dipercaya dapat mengatasi asma dan gangguan pernapasan lainnya.

Antibakteri yang terdapat pada daun mint dapat mengobati infeksi akibat bakteri di dalam saluran pernapasan. Oleh karena itu, daun mint dapat membantu Anda mengembalikan indera penciuman.

Konsumsilah daun mint dengan merebusnya sekitar 10-15 daun ke dalam secangkir air. Lalu saring air rebusan tersebut kemudian tambahkan satu sendok madu atau kayu manis sesuai dengan selera Anda.

Cengkeh

cengkeh
Foto: Freepik/Nehanikspix

Cengkeh dikenal sebagai rempah-rempah yang banyak ditemukan pada hampir semua masakan khas Indonesia. Khasiat cengkeh ternyata bukan hanya membuat makanan menjadi terasa enak tapi juga membantu mengembalikan indera penciuman.

Meskipun berbentuk kecil, cengkeh mengandung vitamin C, E dan K serta kalsium, magnesium dan serat yang tinggi. Tak heran kalau cengkeh sejak zaman kolonial Belanda menjadi komoditi dagang yang paling banyak diburu oleh bangsa Eropa.

Dalam kasus anosmia, cengkeh bermanfaat untuk menangangi masalah pernapasan seperti batuk berdahak. Eugenol dalam cengkeh dapat membantu mengeluarkan dahak dengan maksimal.

Selain itu juga antibakteri pada cengkeh membantu mengurangi nyeri dan radang tenggorokan. Menghirup aroma cengkeh juga dapat membantu Anda menjadi lebih rileks.

Cabai

Cabai
Foto: Freepik/Jcomp

Kecil-kecil cabai rawit, istilah itu ternyata bukan sekadar kiasan semata. Nyatanya, cabai yang ukurannya kecil ternyata dapat membantu para penderita anosmia untuk mengembalikan indera penciuman mereka.

Tak hanya mengandung vitamin C, ternyata cabai mengandung capsaicin yang dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat serta melonggarkan penyumbatan di hidung dan tenggorokan.

Bawang putih

bawang putih
Foto: Freepik/Jcomp

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ternyata mengonsumsi bawang putih juga dapat kanker paru-paru.

Bahkan bawang putih dipercaya mencegah sekaligus mengurangi flu bagi penderitanya. Tak heran jika bawang putih yang kaya akan antioksidan ini dapat membantu Anda mengembalikan indera penciuman yang disebabkan oleh anosmia.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button