NewsTraveling

Selain Gunung Papandayan, Inilah Tempat Wisata Gunung di Kabupaten Bandung yang Wajib Dikunjungi

Hobring.com – Kabupaten Bandung merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Barat yang dikelilingi oleh pegunungan baik di sebelah barat, utara, timur dan selatan.

Karena berada di dataran tinggi yang luas, maka tak heran banyak orang khususnya warga yang Jabodetabek yang tertarik untuk melakukan petualangan di Kabupaten Bandung.

Terkenal dengan area pegunungan, hal itu membuat Kabupaten Bandung dijadikan sebagai tempat wisata yang direkomendasikan terutama bagi para pendaki gunung.

Salah satu gunung yang popular di Kabupaten Bandung adalah Gunung Papandayan. Meskipun secara administratif, Papandayan masuk ke dalam batas wilayah Kabupaten Garut.

Namun ada alternatif jalur lain yang bisa Anda coba misalnya melalui jalur pendakian Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.


Baca Juga: 


Selain Gunung Papandayan, ternyata Kabupaten Bandung memiliki tempat wisata gunung yang wajib Anda kunjungi. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Gunung Patuha

Tempat Wisata Gunung di Kabupaten Bandung
Foto: Instagram/indrasutantoo

Berada pada ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut, Gunung Patuha berada di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Letusan Gunung Patuha mengasilkan sebuah kaldera kawah yang sangat eksotik dengan sebuatn kawah putih.

Kawah putih mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Tapi bagaimana dengan Gunung Patuha?

Menurut catatan sejarah, Gunung Patuha pernah dua kali meletus. Pada letusan pertama terjadi di abad ke 10 dan menghasilkan sebuah kawah di puncak sebelah barat.

Karena kawahnya mengering, maka masyarakat setempat menyebutnya dengan sebuatan Kawah Saat. Dalam bahasa Sunda, Saat artinya kering.

Letusan kedua terjadi di abad ke 13 dan meninggalkan kawah kedua yakni berupa danau yang sangat indah. Warnanya putih dan terkadang bisa tosca. Kawah tersebut yang kemudian dikenal dengan nama Kawah Putih.

Gunung Malabar

Tempat Wisata Gunung di Kabupaten Bandung
Foto: Instagram/ihsanfajri06

Tempat wisata gunung selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Gunung Malabar. Terletak di Pangalengan, Kabupaten, gunung yang satu ini berada diketinggain 2.343 meter di atas permukaan laut.

Dari titik tertinggi, Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dan memesona seperti perkebunan teh yang didirikan oleh Bosscha.

Ada beberapa puncak yang bisa Anda capai seperti Puncak Mega, Puncak Puntang dan Puncak Haruman. Bagaimana? apakah Anda tertarik mendakinya?

Gunung Manglayang

Tempat Wisata Gunung di Kabupaten Bandung
Foto: Instagram/dominggus_mainke

Gunung yang cukup popular bagi kalangan warga Bandung selanjutnya adalah Gunung Manglayang. Bertipe stratovolcano, Gunung Malayang berada diperbatasan Antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Gunung Manglayang menjadi gunung yang terindah dari rangkaian gunung-gunung popular di wilayah Jawa Barat seperti Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Bukit Tunggul.

Karena keistimewaannya, tak sedikit para pegiat alam bebas yang menikmati pendakiannya saat menjelajah di Gunung Manglayang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaki Gunung Manglayang ada beberapa jalur alternatif pilihan yang bisa Anda coba salah satunya melalui Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda di Kabupaten Bandung.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button