NewsOtomotif

Sebelum Bepergian, Pastikan Lakukan Hal Ini Pada Motormu

Pada umumnya kendaraan bermotor harus terisi dengan BBM untuk dapat mengantarkanmu pada tempat tertentu, dan perlu kamu ketahui meski saat ini kamu tengah work from home atau tidak sering beraktivitas, kamu harus memastikan kendaraan kamu tetap terisi.

Maka dari itu, Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom menyarankan sebaiknya tangki BBM kamu harus penuh atau setidaknya terisi.

Menurut Slamet Kasianom, apabila tangki sepeda motor berisi BBM kurang dari setengah dan dalam durasi waktu lama, dikhawatirkan akan terjadi kondensasi atau penguapan.

“Pada dasarnya bensin adalah cairan kimia yang bersifat hidrokarbon dan mudah berubah bentuk menjadi uap. Andai menguap akan muncul residu atau biasa disebut bensin basi,” ucap Slamet.

Slamet menambahkan penguapan bensin biasanya disebabkan aliran udara yang masuk pada tangki. Sedangkan bila kondisi tangki sudah kurang baik akan mempercepat kondensasi pada bensin.

“Ketika tangki tidak terisi penuh, tentu menyisakan ruang yang menyebabkan proses pembentukan air dan udara, bercampurnya air dengan bensin membuat bensin basi,” tambahnya.

“Jika kondisi tangki masih bagus biasanya akan tahan penguapan sampai satu minggu, dan bila motor yang sudah lama dan tutup tangkinya belum diganti biasanya bertahan tiga hari,” imbuhnya.

Maka dari itu, untuk menghindari kondensasi pada motor saat ditinggal dalam waktu yang cukup lama, Slamet Kasianom menyarankan agar tangki BBM sudah terisi. Selain itu ia juga mengungkapkan hal lain yang dapat mengurangi potensi kondensasi adalah tempat parkir yang sejuk.

“Sebisa mungkin sebelum ditinggal dalam waktu yang lama BBM sudah terisi penuh atau setidaknya setengah lebih sedikit. Kalau tangki terkena bensin basi karena kondensasi maka biasanya akan berkarat,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button