NewsTraveling

Rekomendasi Tempat Wisata Campervan di Indonesia

Hobring.com – Saat pertama kali pandemi Covid 19 memasuki wilayah Indonesia, seluruh aktivitas di luar ruangan menjadi serba terbatas. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai beradaptasi dan kegiatan di luar ruangan mulai kembali diminati oleh banyak orang termasuk para pegiat campervan.

Campervan atau berkemah menggunakan kendaraan seperti mobil merupakan aktivitas luar ruangan yang saat ini mulai dilirik oleh berbagai kalangan. Kegiatan yang satu ini adalah alternatif baru untuk menikmati liburan di tengah pandemi Covid 19.

Muhamad Slamet, Ketua Camper Van Indonesia mengatakan bahwa antusias masyarakat meningkat terutama di masa pandemi Covid 19. Berangkat dari kebutuhan rekreasi, para pegiat campervan mulai mencari cara agar tetap menikmati liburan dengan aman dan nyaman.

“Analisa saya mungkin karena setelah beberapa bulan ada pandemi dan orang stay home. Lalu sudah mulai jenuh, butuh rekreasi, butuh refreshing. Namun demikian masih ada kekhawatiran. Jadi akhirnya, ini (campervan) menjadi pilihan yang menarik,” ujar Ketua Camper Van Indonesia, Muhamad Slamet kepada Hobring.com pada Selasa (20/04) melalu Zoom.

Slamet menyoroti beberapa hal yang membuat seseorang memilih kegiatan luar ruangan ini sebagai alternatif pilihan mengisi waktu liburan. Ia berkata, “Pertama kita tetap tinggal di rumah karena rumah kita adalah di mana mobil kita di parkir. Konsepnya tetap stay home.”

“Lalu yang kedua, kita juga tidak berkerumun karena kita berkumpul dengan keluarga kita saja. Lalu outdoor, ini kan di luar (ruangan) jadi lebih relatif sirkulasi udaranya bagus,” tambahnya.


Baca Juga:


Bagi Anda yang saat ini tertarik dengan dunia campervan, Anda wajib mengetahui lokasi mana saja yang bisa Anda kunjungi sebelum berpergian. Oleh karena itu, Hobring.com akan merekomendasikan tempat wisata campervan di Indonesia.

1. Talaga Surian Kuningan

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu lokasi di Indonesia yang memiliki banyak spot cantik dan unik untuk merasakan serunya berkemah di luar ruangan.

Bagi Anda yang tinggal di dekat ibu kota dan ingin merasakan berkemah dengan campervan. Lokasi seperti Talaga Surian di Kuningan merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk.

Bagaimana tidak? Berlokasi di Desa Puncak tepatnya di bawah kaki Gunung Ciremai Anda akan disuguhi panorama alam yang indah saat membuka jendela tenda di pagi hari.

Pengalaman menarik pernah Slamet rasakan saat ia bersama rekan-rekannya melakukan kegiatan campervan di Talaga Surian. Hal yang membuatnya tidak menyangka bahwa ada sekitar 40 mobil yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Waktu itu kita (mengira) paling 15 mobil. Tapi ternyata ada 40 mobil yang hadir,”ujarnya.

Meski animo para pegiat campervan cukup tinggi. Namun Slamet tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan terutama di tengah pandemi.

Dari kegiatan tersebut, beberapa pegiat campervan harus rela meninggalkan lokasi demi alasan keselamatan. Sementara yang lainnya, melanjutkan campervan di Talaga Surian.

2.Bukit Lembah Seroja

Rekomendasi tempat wisata campervan di Indonesia berikutnya adalah Bukit Lembah Seroja yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah.

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk menjelajah dengan mobil campervan Anda karena memiliki panorama alam yang menakjubkan.

camper van indonesia
Dok. Foto Istimewa/Muhamad Slamet/Camper Van Indonesia

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam perbukitan, Anda juga dapat melihat Gunung Sindoro dan kejernihan danau kolam Telaga Menjer.

Jadi, saat Anda sedang berada di Wonosobo pastikan Anda menyempatkan untuk menikmati suasana alam dan udara yang sejuk dari Bukit Lembah Seroja.

3.Waduk Sermo Kulon Progo

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para pegiat campervan salah satunya adalah Waduk Sermo, Kulon Progo, DIY.

Berada di Dusun Sermo, waduk yang satu ini memiliki waktu terbaik untuk menikmati pemandangan alamnya yakni saat matahari terbit dan matahari terbenam atau senja.

Jika Anda mencari ketenangan dan kedamaian, Waduk Sermo bisa menjadi alternatif pilihan mengisi waktu libur Anda sambil berkemah ceria dengan campervan.

4.Ranu Pani Lumajang

Gunung Semeru dikenal sebagai atap negeri Pulau Jawa. Tak jauh dari megah gunung tersebut terdapat sebuah danau yang asri nan eksotis bernama danau Ranu Pani.

Terletak di lereng Gunung Semeru tepatnya Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, danau Ranu Pani adalah salah satu spot lokasi terbaik untuk merasakan sensasi petualangan sambil berkemah dengan campervan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by novem j H Lawalata (@novemlawalata)

Slamet menceritakan pengalamannya saat melakukan kemping di danau Ranu Pani menggunakan campervan. Ia berkata, “Itu biasanya kalau pas pendakiannya ada itu kan rame. Nah kemarin pas kami ke sana, pendakian di tutup. Jadi betul-betul basecamp kosong. Kami enjoy sekali. Jalan-jalan ke danaunya Ranu Pani.”

Menurut Slamet, Indonesia khususnya di Pulau Jawa memiliki banyak sekali tempat wisata yang direkomendasikan bagi para pegiat campervan. Sehingga, bagi Anda yang baru menggeluti hobi yang satu ini. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang mumpuni sebelum memulai petualangan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button