NewsLifestyle

Rekomendasi dan Cara Menanam Rumput Aquascape Untuk Pemula

Cara menanam rumput aquascape untuk pemula dengan sederhana

Hobring.com – Tanaman hidup seperti rumput tidak hanya membuat aquascape tampak menarik tapi juga membuat akuarium menjadi terlihat sehat. Selain memilih rumput yang tepat, Anda juga perlu mengetahui cara menanam rumput aquascape untuk pemula.

Adapun manfaat lain dari rumput aquascape untuk aquascape Anda adalah memberikan perlindungan bagi hewan seperti udang dan menjadi sebuah habitat yang indah bagi spesies ikan yang hidup di dasar laut.

Sebelum mulai menanam rumput aquascape, ada baiknya Anda mengetahui rumput apa saja yang dapat dibudidayakan di dalam aquascape milik Anda. Berikut ini Hobring.com akan rekomendasikan rumput aquascape yang popular dan mudah dibudidayakan oleh para pemula.

1.Sagittaria Subulata Dwarf Sag

Sagittaria Subulata atau yang dikenal dengan nama Dwarf Sag adalah salah satu spesies rumput aquascape yang sangat mudah tumbuh dan ideal untuk para pemula.

Dwarf Sag dapat mencapai ketinggian maksimal sekitar 12 inci dan tumbuh dengan cepat dengan mengeluarkan runners melalui substrat untuk menyebar.


Baca Juga:


Cara menanam rumput aquascape untuk pemula dengan Dwarf Sag adalah memberikan pupuk cair dan menggunakan tanaman yang kaya akan nutrisi.

Selain itu, jangan memberikan banyak cahaya di dalam aquascape jika Anda tidak ingin rumput tersebut tumbuh terlalu tinggi.

Namun jika Anda ingin Dwarf Sag dapat tumbuh tinggi dan mencapai batas maksimalnya, maka cara yang tepat dengan merendakan intensitas cahayanya.

2.Lilaeopsis Novae-zelandiae

Lilaeopsis Novae-zelandiae mungkin tampak seperti rumput pada umumnya. Namun tahukah Anda bahwa rumput aquascape yang satu ini dapat tumbuh lebih dari satu rimpang.

Jika Anda membelah setiap rimpang, maka Anda akan menemukan tiga sampai empat bilah rumput didalamnya.

Cara Menanam Rumput Aquascape Untuk Pemula
Lilaeopsis Novae-zelandiae. Foto:
Pinterest

Hal ini tentu saja bisa membantu Anda untuk dapat menanam kembali sebagai tanaman individual. Cara menanam rumput aquascape untuk pemula pada tanaman Lilaeopsis Novae-zelandiae harus secara bertahap.

Lilaeopsis Novae-zelandiae dapat tumbuh sekitar 7 inci. Namun, Anda perlu menyediakan karbon dioksida, banyak pupuk, dan penerangan yang kuat agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

3.Echinodorus Tenellus

Echinodorus Tenellus atau yang dikenal dengan nama ilmiah Helanthium Tenellum adalah rumput yang dapat tumbuh dengan cepat dengan ketinggian mencapai 4 inci.

Tanaman ini tumbuh dengan relatif mudah tanpa membutuhkan karbondioksida dan membutuhkan tingkat cahaya yang cukup tinggi agar dapat tumbuh subur.

Cara Menanam Rumput Aquascape Untuk Pemula
Echinodorus Tenellus. Foto: atagaleri.net

Cara menanam rumput aquascape untuk pemula bagi Echinodorus Tenellus dengan membentuk sebuah kelompok kecil dan kemudian disebar secara merata setiap 5 cm di area depan akuarium Anda.

Jika Anda menanamnya dengan jarak tertentu, nantinya Echinodorus Tenellus akan membentuk karpet rumput yang hijau dan menarik karena penyebarannya yang cenderung cepat dalam waktu singkat.

4.Marsilea Minuta

Drawf Waterclover atau Marsilea Minuta adalah sebuah tanaman yang tumbuh lambat dan membutuhkan tingkat cahaya yang cukup tinggi untuk mencapai pertumbuhan yang ideal yakni sekitar 4 inci.

Cara Menanam Rumput Aquascape Untuk Pemula
Marsilea Minuta. Foto: Pinterest

Karena tanaman ini tidak mudah tumbuh, maka cara menanam rumput aquascape untuk pemula bagi Drawf Waterclover adalah menambahkan suplemen karbon dioksida agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur.

Selain itu, kelemahan lain dari Drawf Waterclover adalah cenderung menghasilkan daun berlobus tunggal atau ganda daripada daun berdaun empat seperti yang kita ketahui selama ini.

5.Glossostigma Elatinoides

Glossostigma Elatinoides adalah rumput yang sangat menuntut dan membutuhkan tingkat pencahayaan yang tepat, karbon dioksida, dan nutrisi untuk tumbuh dengan baik.

Adapun cara menanam rumput aquascape untuk pemula pada Glossostigma Elatinoides yakni dengan cara menempatkan tanaman tersebut diluar dari bayangan tanaman lain.

Cara Menanam Rumput Aquascape Untuk Pemula
Glossostigma Elatinoides. Foto: Aquariumplantes.com

Jika Anda mendapatkan keseimbangan yang tepat, tanaman itu tumbuh setinggi sekitar 2 inci. Glossostigma Elatinoides akan berusaha untuk tumbuh lebih tinggi untuk mencapai cahaya.

Saat Anda memutuskan menanam rumput yang satu ini, sebaiknya Anda memerhatikan cahaya sekaligus pertumbuhan tanaman Glossostigma Elatinoides.

6.Micranthemum Tweediei

Monte Carlo atau Micranthemum Tweediei adalah rumput yang populer dikalangan pemula dan tumbuh dengan ukuran rendah.

Hal itu membuat Monte Carlo sangat cocok sebagai alas akuarium Anda dan membuat aquascape Anda menjadi tampak bagus dengan pencahayaan sedang hingga tinggi.

Tumbuhan bawah air yang satu ini merupakan pendatang baru dalam dunia aquascape yang dianggap relatif mudah tumbuh. Meski demikian, Anda tetap perlu menyediakan karbon dioksida agar pertumbuhannya dapat menjadi lebih maksimal.

7.Staurogyne Repens

Rumput aquascape berikutnya yang cocok bagi para pemula adalah Staurogyne Repens. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang relatif ringan dan tangguh.

Cara Menanam Rumput Aquascape Untuk Pemula
Staurogyne Repens. Foto: Pinterest

Jika dibudidaya dengan tepat, Staurogyne Repens akan tumbuh menyerupai alas atau karpet dengan batang yang kokoh setinggi 4 inci.

Cara menaman rumput aquscape untuk pemula pada tumbuhan Staurogyne Repens yakni dengan menanamnya di substrat. Mereka nantinya akan berakar dan akhirnya tumbuh menjadi tanaman baru.

8.Hemianthus Callitrichoides

Tanaman Hemianthus Callitrichoides adalah tumbuhan bawah air yang terlihat indah yang memiliki kelompok daun hijau berwarna cerah dengan ukuran kecil di atas batang dan tingginya mencapai sekitar 2 inci.

Hemianthus Callitrichoides bukanlah tanaman yang mudah tumbuh. Sehingga dibutuhkan bantuan dari karbon dioksida tingkat tinggi dan suhu sekitar 24 derajat celcius.

Apa yang terjadi jika suhu di dalam akuarium lebih tinggi dari yang sudah disarakan? Maka yang akan terjadi pada Hemianthus Callitrichoides adalah akan tidak tumbuh dengan baik dan akhirnya mati.

Cara Merawat Rumput Aquascape

Setelah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda untuk mengisi aquacsape dan bagaimana cara menanam rumput aquascape untuk pemula. Maka langkah selanjutnya adalah merawat aquascape Anda.

Sama seperti rumput pada umumnya, rumput di dalam akuarium perlu diperhatikan caranya dengan memangkasnya secara berkala. Karena setiap rumput memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka Anda perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk memangkasnya.

Tujuan memangkas rumput supaya bentuk dan tampilannya tetap rapi dan enak dilihat oleh pandangan mata. Selain itu, rumput yang terawat dapat membantu hewan-hewan lainnya seperti ikan yang umumnya berada di dalam aquascape Anda agar dapat hidup dengan habitat yang sehat.

Anda bisa menggunakan gunting khusus aquascape yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Tujuannya adalah agar tidak merusak atau merobak batang dari tanaman yang Anda tanam. Sehingga, hal penggunaan pekakas seperti gunting begitu penting untuk diperhatikan.

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan area alas rumput untuk menghilangkan kotoran ikan dan makanan yang tidak dimakan yang tenggelam ke dasar akuarium.

Untuk menyedot debu yang ada di dalam aquascape Anda khususnya di area rumput. Maka Anda dapat menggunakan turkey baster untuk meniup detritus dan kotoran dari dasar tanaman dan kemudian menyedotnya. Anda bisa melakukannya setiap minggu sekali atau saat Anda melakukan penggantian air parsial secara rutin.

Dengan memerhatikan pemilihan rumput, berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Kemudian cara menanam rumput aquascape untuk pemula sampai cara merawatnya secara berkala, diharapkan dapat membantu Anda untuk membudidayakan aquascape dengan baik dan benar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button