TravelingNews

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Batusangkar

Punya rencana ke Sumatera Barat? Belum tahu mau ke mana saja? Membaca tuntas artikel kali ini, mengenai tempat wisata di Batusangkar mungkin bisa memberikan jawaban.

Liburan ke wilayah Batusangkar, Sumatera Barat, bukan keputusan keliru jika kalian berniat untuk jalan-jalan dan manjajali tempat wisata yang menarik di sana. Tentu, ada banyak sekali lokasi-lokasi yang belum terbayangkan dan patut untuk didatangi.

OIeh karena itu, sekarang Hobring punya rekomendasi sedikitnya 10 tempat wisata di Batusangkar yang dapat menjadi opsi pilihan kalian andai kebingunan menentukan mau ke mana saja kalau lagi pergi ke Sumatera Barat. Selengkapnya di bawah ini.

1. Istana Pagaruyung

tempat-wisata-di-batusangkar-Istana-Pagaruyung

Dikenal juga dengan sebutan Istana Basa, awalnya ia merupakan kediaman bagi keluarga kerajaan Pagaruyun dan sekarang sudah berubah menjadi tempat wisata. Lokasinya berada di Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar.

Berbentuk rumah gadang, tempat wisata di Batusangkar ini berjarak kira-kira lima kilometer dari pusat kota di mana memiliki tiga tingkat dengan ukiran dinding dan langit-langit serta kain-hiasan yang indah yang memikat para pengunjungnya

Memasuki lantai satu, wisatawan bisa menyaksikan Anjuang, yaitu tempat untuk raja bermeditasi kala itu, atau untuk bermusyawarah, sekaligus kamar tidur bagi permaisurinya. Di sini, terdapat kamar anak raja sebanyak tujuh tempat, dengan ruangan tengah berisi singasana Bunda Kanduang untuk mengawasi tamu. Adapun peninggalan kerajaan ditampilkan di etalase.

Kemudian, di lantai dua berisi ruangan kosong bagi anak perempuan raja yang belum menikah, para pelancong dapat menikmati keindahan bukit hijau di bagian belakangnya. Dan, di lantai 3, adalah tempat penyimpanan alat-alat kebesaran raja. Menariknya, wisatawan bisa menyewa pakaian adat Minangkabau untuk berfoto sebagai kenang-kenangan.

2. Bukit Aua Sarumpun

tempat-wisata-di-batusangkar-Bukit-Aua-Sarumpun

Saat kalian berekreasi ke Bukit Aua Sarumpun, kalian bakal disajikan dengan tanah lapang berupa hamparan ilalang yang cukup tinggi. Tempat wisata di Batusangkar ini poisinya di Iii Koto, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar.

Wisatawan bisa merasakan sensasi pemandangan tiga gunung sekaligus, yakni Singgalang, Marapi, dan Sago. Hal inilah digadang-gadang bikin pengunjungnya takjub sehingga merasa tidak ingin beranjak pulang dari Bukit Aua Sarumpun.

Selain itu, para pelancong juga dapat menikmati fenomena matahari terbenam dengan suguhan bukit berlapis dan Danau Singkarak. Meski begitu, untuk sampai di Bukit Aua Sarumpun, kalian harus menempuh perjalanan yang cukup terjal.

3. Cagar Budaya Batikam

tempat-wisata-di-batusangkar-Cagar-Budaya-Batikam

Inilah lokasi paling bersejarah bagi masyarakat Minangkabau, Cagar Budaya Batikam sendiri akrab dengan sebutan batu yang tertusuk karena batu yang menjadi situs memiliki bekas tusukan di bagian tengah. Konon, itu adalah bekas tusukan keris dari Datuk Parpatiah dan Datuk Karumanggungan.

Tempat wisata di Batusangkar ini merupakan bukti keberadaan Kerajaan Minangkabau di zaman Neolitikum. Ia melambangkan pentingnya musyawarah dan perdamaian di Minangkabau. Lokasi cagar budaya ini beralamat di Jorong Dusun Tuo, Kec. Nagari Lima Kaum, Kab. Tanah Datar.

4. Benteng Van Der Capellen

tempat-wisata-di-batusangkar-Benteng-Van-Der-Capellen

Sebagai sisa-sisa peninggalan penjajah Belanda, berwisata ke sini akan bikin kalian memahami sejarah panjang Benteng Van Der Carpellen yang terletak di Baringin, Kec. Lima Kaum, Kab. Tanah Datar. Keberadaannya sangat lekat dengan peristiwa perang Padri.

Benteng ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1822 silam yang bertujuan membantu kaum dengan syarat menyerahkan kepala penghulu dan pemerintah kerajaan Pagaruyung. Nama Van Der Capellen sendiri diambil dari nama seorang seorang jenderal balanda, yaitu Godert Alexander Gerard Philip baron van der Capellen.

Sampai sekarang, bangunannya masih berdiri koko dan terjaga, wisatawan yang berkunjung dapat menemukan lapangan disebelah benteng untuk bermain. Sedangkan, di bagian depan terdapat dua meriam peninggalan Belanda dengan tulisan VOC.

5. Danau Singkarak

tempat-wisata-di-batusangkar-Danau-Singkarak

Memiliki luas 107.8 km, danau ini disebut sebagai danau terindah dan terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarang membentang di dua kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatra Barat, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Ada beberapa spot yang bisa kalian pilih dari tempat wisata di Batusangkar yang berlokasi di Malalo, Kec. Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar ini, guna menikmati keindahan Danau Singkarak, yakni di puncak pulau, puncau bukit Aua Sarumpun, Puncak Gobah Aripan, Puncak Cinangkiak, dan puncak Akasia.

6. Goa Ngalau Pangian

tempat-wisata-di-batusangkar-Goa-Ngalau-Pangian

Selain dinobatkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara, goa Ngalau Pangian menariknya memiliki jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang beragam. Tempat wisata di Batusangkar ini, lokasinya berada di Pangian, Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar.

Di sana, para wisatawan juga bisa menemukan air panas alami yang bisa digunakan sebagai lokasi pemandian. Adapun ornamen-ornamen goa yang sangat memukau kalian, mulai dari stalaktit, stalakmit, colom, dan sebagainya.

7. Air Terjun Lembah Anai

tempat-wisata-di-batusangkar-Air-Terjun-Lembah-Anai

Kalian patut mengunjungi Air Terjun Lembah Anai, sebab ia merupakan maskot dan wisata andalan di Tanah Datar. Suasananya masih alami dengan hutan lebat serta pepohonan rimbun karena terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter, terdapat kolam tempat air berkumpul. Yang menjadi perhatian banyak wisatawan adalah ketika air terjun yang berkabur membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.

8. Desa Pariangan

tempat-wisata-di-batusangkar-Desa-Pariangan

Tempat wisata di Batusangkar satu ini disebut sebagai salah satu desa paling indah di Dunia. Penilaian untuk Desa Pariangan berdasarkan dengan keasrian yang dimilikinya. Warisan leluhur dan budaya khas Sumatera Barat masih terjaga secara apik di sana.

Desa Pariangan atau Nagari Pariangan merupakan desa kuno yang menjadi cikal bakal sistem pemerintahan khas Minangkabau dengan nama Nagari. Di sana, kalian bisa menemukan bagunan rumah gadang dengan dinding ukiran kayu dan anyaman rotan.

9. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

tempat-wisata-di-batusangkar-Rumah-Gadang-Kampai-Nan-Panjang

Merupakan bangunan bersejarah di Nagari Belimbing yang didirikan oleh Datuk Penghulu Basa kira-kira 300 tahun lalu. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang ini memiliki gaya arsitektur khas Minang dengan bagian luar menggunakan kayu berwarna hitam.

Atap bangunannya bergonjong empat dari ijuk, hingga saat ini konstruksinya tidak mengalami perubahan, masih berdiri kokoh dan indah. Keunikan dan spesialnya tempat wisata di Batusangkar ini, sehingga menjadi objek wisata dan cagar budaya adalah pembangunannya yang tanpa paku. Semuanya, menggunakan sistem ikat dan pasak, membuat bangunan kokoh dan tahan gempa.

10. Tabek Patah

tempat-wisata-di-batusangkar-Tabek-Patah

Panorama yang dipancarkan oleh Tabek Patah menjadikannya wajib dikunjungi para pelancong ketika datang ke Tanah Datar, Sumatera Barat. Kalian bakal menyaksikan pemandangan alam yang indah dengan balutan pohon pinus hijau.

Kawasan tempat wisata di Batusangkar ini berada di pinggang Gunung Marapi sehingga memberikan suasana yang dingin. Alamatnya di Jl. Raya Batusangkar Bukit tinggi , Tabek Patah, Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar. Pengunjung bisa bertandang mulai pukul sembilan pagi dengan biaya tiket masuk sebesar Rp5 ribu.

Demikian rekomendasi 10 tempat wisata di Batusangkar dari Hobring, yang bisa kalian jajali untuk memperkaya referensi rekreasi kalian, khususnya, saat ingin menelusuri Sumatera Barat. Dan, jangan lupa ikuti terus artikel-artikel baru kami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button