NewsHiburan

Rayakan 8 Tahun Debut BTS, Ini Fakta Menariknya

Hobring.com- Boyband asal Korea Selatan, BTS merayaan hari anniversary-nya secara fantastis. Setiap tahunnya, BTS merayakan debut dengan menggelar BTS Festa selama 2 pekan, yang sudah dimulai sejak 2 Juni lalu.

BTS telah 8 tahun konsisten sebagai grup yang tak pernah mengecewakan dalam merilis karya terbaru. Meski masih tergolong pendatang baru, BTS sukses di kancah musik K-Pop dan dinobatkan menjadi grup idola nomor 1 di Korea Selatan, bahkan di seluruh dunia.

Dalam anniversary-nya, rangkaian BTS Festa akan ditutup dengan konser virtual BTS Muster Sowoozoo yang digelar selama 2 hari secara online, mulai kemarin (13/6) dan hari ini (14/6). Nantinya, akan ada perbedaan setting panggung.

Pada hari pertama, BTS menyanyikan lagu-lagu berbahasa Korea, sementara hari ini akan mengusung konsep World Your di mana membawakan lagu hits berbahasa Inggris, seperti Dynamite dan Butter.

Baca Juga:

Walaupun digelar secara online, BTS menggunakan Stadion Olimpiade Seoul atau Stadion Olimpiade Jamsil untuk konsernya, sehingga ARMY bisa merasa seperti tengah menonton konser di stadion.

Untuk harga tiketnya, dijual seharga Rp632 ribu perhari (sudah termasuk pajak). Sementara untuk pembelian dua hari konser, tiket dijual Rp1,1 juta (sudah termasuk pajak).

Sejak awal kemunculannya pada 2013, BTS mampu menarik perhatian para pecinta K-Pop dari seluruh dunia dan mendulang kesuksesan yang cukup besar.

Dengan prestasi gemilang dan personel yang tampan-tampan, maka tak mengherankan bila boyband ini memiliki basis penggemar yang cukup besar.

Apakah kamu juga termasuk penggemar berat BTS dan tergabung dalam ARMY? Jika iya, maka kamu harus mengetahui fakta-fakta menarik tentang BTS yang telah dilansir dari thefactsite.com berikut ini.

bts

Berawal dari agensi kecil

BTS merupakan satu-satunya boyband asuhan Big Hit Entertainment yang pada masanya merupakan agensi kecil dan tidak terkenal dan hanya memperkerjakan beberapa orang sebagai staf.

Banyak yang menganggap mereka sebagai idol miskin lantaran nama agensinya belum diakui. Mereka tinggal di dorm yang kecil dengan ranjang susun. Bahkan pakaian dan aksesorinya pun dapat dibilang murah.

Meskipun sering dikatakan boyband kurang modal, namun mereka mampu mengerahkan segala kemampuan dan memanfaatkan cara lain, seperti YouTube. Terbukti, saat ini BTS menjadi salah satu grup idol yang diakui secara internasional.

Makna BTS

BTS debut pada tanggal 13 Juni 2013, di bawah naungan Big Hit Entertainment dengan single utama “No More Dream” di album 2 Cool 4 Skool.

BTS merupakan singkatan dari Bangtan Sonyeondan. Dalam Bahasa Inggris, Bangtan Sonyeondan memiliki arti Bulletproof Boy Scouts.

Nama ini bermakna, para personel BTS mampu menangkal kritikan, ekspektasi, dan stereotipe, seperti layaknya anti-peluru. Personelnya sendiri terdiri dari tujuh orang yang bernama Jin, Suga, J-Hope, RM, V, Jungkook, dan Jimin.

Memiliki leader ber-IQ tinggi

Setiap boyband Korea Selatan dari berbagai agensi semua memiliki leader untuk memimpin grup mereka.

BTS juga memiliki leader yang ber-IQ tinggi bernama Kim Namjoon atau biasa disebut RM atau Rap Monster. RM memiliki IQ tinggi, yaitu 148.

Ia pernah menjadi siswa nomer 1 di Korea Selatan pada saat SMA. RM juga merupakan satu-satunya personel yang bisa mengobrol dalam Bahasa Inggris. Keren, bukan?

Memiliki 2 line dalam grup

Dalam group band di Korea Selatan, biasanya memiliki formasi line (barisan) yang pembentukannya berdasarkan tahun lahir setiap anggota.

Seperti BTS yang terbagi menjadi dua line dalam grupnya, yakni, hyung line (barisan kakak) yang beranggotakan Kim Seokjin, Min Yoongi, Jung Heosok, dan Kim Namjoon.

Kemudian ada maknae line (barisan muda) yang beranggotakan Park Jimin, Kim Taehyung, Jeon Jungkook.

Personel ciptakan lagu sendiri

Beberapa lagu hits BTS nyatanya diciptakan oleh para personelnya sendiri lho. Hal ini membuktikan bahwa anggota BTS tak hanya bisa menyanyi dan menari, tetap juga bisa menulis lagu. Bahkan Rap Monster dan Suga juga tercatat sebagai produser.

BTS..

Sering mengangkat isu sosial

Menariknya, BTS Kerap mengangkat isu-isu sosial dalam lirik lagu mereka. Beberapa di antaranya mereka pernah membahas isu bullying, masalah kesehatan mental, bunuh diri, dan pemberdayaan wanita.

Dengan kepedulian mereka terhadap isu-isu sosial, membuatnya pernah diundang untuk berbicara di sidang PBB sebagai Ambassador UNICEF.

Dalam gelaran itu, mereka juga turut mengumumkan kampanye mereka bernama Generation Unlimited. Kampanye ini bergerak pada perkembangan anak muda dengan menyampaikan pesan-pesan yang penuh pemberdayaan.

Setiap anggotanya memiliki karakter yang berbeda

Uniknya, boyband papan atas ini memiliki karakter anggota yang berbeda-beda, mulai dari kakak tertua, yakni Kim Seokjin (Jin) yang ahli memasak dan sering membuat lelucon kebapakan.

Min Yougi (Suga) yang super cuek diluar namun sebenarnya sangat perhatian, Kim Namjoon (RM) sebagai leader yang bijaksana tetapi IQ-nya diragukan karena kecerobohannya.

Jung Heosok (J-Hope) yang memiliki sifat keibuan dan menyukai hal-hal yang rapi. Park Jimin yang mempunyai level keimutan yang tinggi.

Kim Tae hyung (v) dengan kepribadian 4D-nya, dan yang terakhir adalah Jeon Jeong-guk (Jungkook) sebagai anggota termuda tetapi memiliki banyak keahlian.

Sukses di internasional

Sejak akhir 2017 hingga sekarang, BTS tak henti-hentinya menunjukkan eksistensinya di industri musik dunia.
Hal itu terbukti dengan suksesnya diundang ke berbagai acara talkshow bergengsi di Amerika Serikat, seperti The Late Late Show with James Corden dan The Ellen DeGeneres Show.

BTS juga kerap mengisi acara musik bergengsi di Amerika Serikat. Bahkan, mereka tampil di Grammy Awards 2020. Beberapa produk ternama pun menggaet BTS sebagai brand ambassadornya.

Tak hanya itu, BTS juga sempat diberi kesempatan untuk berpidato dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Masih banyak pencapaian BTS lainnya di dunia musik internasional.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button