NewsLifestyle

Ragam Aneka Ikan Hias Tawar yang Mudah Dipelihara

Hobring.com – Ikan hias adalah sejenis ikan yang umumnya memiliki habitat di air tawar untuk dijadikan sebagai peliharaan di rumah.

Memelihara ikan hias tawar di rumah ternyata semakin diminati oleh banyak orang seiring dengan tren aquascape yang mulai ramai saat ini.

Bagi Anda yang menyukai dengan dunia aquascape tak ada salahnya untuk mengetahui ikan hias tawar apa saja yang mudah dibudidaya dan dipelihara.

Berikut ini Hobring.com akan rekomendasikan beberapa aneka ikan hias tawar yang unik dan menarik serta mudah untuk dipelihara.

Ikan Cupang

ikan hias tawar
Foto: Freepik/npdstock

Budidaya ikan cupang dalam beberapa tahun ini semakin marak bukan hanya dikalangan profesional saja tapi juga dikalangan para pemula.

Selain dikenal sebagai ikan adu, beberapa ikan cupang justru dijadikan ikan hias dan dibudidayakan.


Baca Juga:


Warna yang beragam, ekor yang cantik dan bentuknya yang unik membuat cupang memiliki ruangnya sendiri dihati para pecinta ikan cupang.

Tak hanya cantik, pesona ikan cupang bahkan mampu membawa ikan hias tawar yang satu ini dihargai dengan angka yang rendah sampai yang mahal dan fantastis.

Ikan Louhan

ikan hias tawar
Foto: Freepik/Peerapixs

Selain ikan cupang, ikan hias tawar selanjutnya yang mudah dipelihara dan cocok untuk dijadika ikan hias di dalam aquarium Anda adalah ikan louhan.

Bentuknya yang unik dengan tonjolan di bagian kepala membuat ikan louhan menandakan sebuah kemakmuran dan kesejahteraan.

Tak heran kalau ikan hias tawar ini sering dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan diminati para pecinta ikan hias.

Ikan Ranchu

ikan hias tawar
Foto: Freepik/Freedomnaruk

Ikan ranchu disebut-sebut sebagai rajanya ikan mas koki hias. Tampilannya yang eksotis membuat ikan ranchu begitu menggemaskan.

Ikan hias air tawar ini memiliki bentuk ekor yang dapat tumbuh panjang dan terlihat anggun. Cara memeliharanya sederhana, Anda hanya perlu perhatikan kualitas air, pakan dan filternya.

Ikan Molly Balon

ikan hias tawar
Foto: Freepik/Aon_Freepik

Salah satu jenis ikan yang lumayan popular dikalangan pecinta ikan hias adalah ikan molly balon. Perutnya yang besar seperti balon menjadi salah satu daya tarik dari ikan yang satu ini.

Umumnya ikan molly balon dapat hidup di air payau tapi tidak menutup kemungkinan ikan ini bisa hidup juga di air tawar.

Cara merawatnya sangat sederhana, Anda hanya perlu memerhatikan kebersihan akuarium dan kualitas air untuk tetap terjaga kebersihannya.

Ikan Pedang

ikan hias tawar
Foto: Texas State University

Ikan pedang atau yang sering disebut dengan nama green swordtail adalah sejenis ikan hias tawar yang cukup popular dikalangan pencinta ikan hias.

Keunggulan dari ikan pedang adalah ekornya yang berbentuk pedang serta memiliki corak warna yang terang untuk menarik perhatian.

Ikan hias tawar yang satu ini merupakan ikan pecinta damai. Jadi dia sangat friendly jika dipelihara bersamaan dengan ikan lainnya. Saat memilihara ikan pedang pastikan suhu akuarium Anda stabil ya.

Selain ikan-ikan yang disebutkan di atas berikut ini adalah ikan hias tawar yang mudah dipelihara:

  • Ikan Komet
  • Ikan Koi
  • Ikan Peacock Bass
  • Ikan Gupi Lokal
  • Ikan Oranda
  • Ikan Neon Tetra
  • Ikan Discus
  • Ikan Botia Badut
  • Ikan Platy
  • Ikan Manfish
  • Ikan Lemon

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button