NewsOlahraga

Pound Fit, Kombinasi Olahraga Sambil Bermain Stik Drum

Hobring.com – Pound fit adalah salah satu olahraga cardio jam pertama di dunia yang mulai popular di Indonesia sejak tahun 2019.

Diciptakan pertama kali pada tahun 2011 oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, dua wanita asal Amerika Serikat.

Pound it tak hanya semakin banyak diminati oleh para pegiat olahraga di Amerika Serikat. Namun juga beberapa negara lainnya termasuk Indonesia.

Ripstix

Layaknya seorang drummer yang sedang bermain drum. Kirsten dan Cristina menemukan sebuah stik drum sebagai media latihan yang tepat.

Dengan bobotnya yang ringan dan bentuknya unik. Stik drum buatan mereka kemudian disebut dengan nama Ripstix.


Baca Juga:


Dilansir dari laman Poundfit, Ripstix bertujuan untuk mengintensifkan setiap posisi pound dengan resistensi perifer ringan yang tidak hanya bekerja pada bahu, bisep, trisep, lengan bawah, dan punggung.

Selain itu juga, ripstix secara bertahap dapat meningkatkan jumlah ketidakstabilan dalam tubuh. Sehingga, hal ini sangat baik untuk tubuh kita.

Keuntungan Pound Fit

Pound Fit dapat dikatakan sebagai latihan dasar untuk kebugaran tubuh yang sangat boleh dilakukan oleh semua kalangan baik anak-anak, dewasa, pria dan wanita.

Pound Fit menggabungkan unsur yoga, pilates dan body conditioning. Oleh karena itu, pound lebih cocok disebut sebagai bagian dari latihan kardio.

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, pound fit akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik karena Anda akan merasakan atmosfer layaknya pemain drum yang energik dan bersemangat.

Menurut Laila Munaf, Pendiri Sana Studio yang dilansir dari laman Now Jakarta mengatakan ada sebuah rumus dalam latihan pound fit. Ia mengatakan bahwa dibutuhkan waktu 45 menit untuk melakukannya.

Namun biasanya, ia membutuhkan waktu satu jam dan sudah termasuk dengan istirahat. Ada 12 lagu yang akan diputar dalam waktu 45 menit latihan termasuk pemanasan dan pendingingan. Sehingga hanya 10 lagu saja yang dijadikan latihan inti.

Bagaimana cara melakukannya?

Pertama yang dilakuakn adalah melakukan gerakan pemanasan dalam posisi berdiri untuk membangun otot kaki.

Disarankan untuk melakukannya dengan intensitas lambat agar tubuh dapat beradaptasi. Kemudian melakukan gerakan seperti sedang dalam posisi duduk yang tujuan untuk membangun otot perut.

Selanjutnya melakukan kombinasi latihan yang bermanfaat untuk membentuk tubuh bagian atas dan bawah. Gerakan-gerakan itu kemudian dilakukan selama satu jam dengan rincian 45 menit latihan inti dan 10 menit pemanasan serta pendinginan.

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal, tak ada salahnya untuk mencoba Pound Fit. Selain meningkatkan massa otot, olahraga kardio yang satu ini juga dapat membakar lemak jahat dalam tubuh.

Ada sekitar 900 lebih kalori perjam yang akan terbakar saat Anda melakukannya. Tak hanya menyenangkan, Pound Fit ternyata juga menyehatkan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button