FoodNews

Pisang, Sang Buah Penangkal Buncit

Hobring Buah pisang diklaim dapat menjadi solusi untuk anda yang memiliki masalah  bentuk fisik berupa perut buncit.

Memasuki usia menikah dan jarang berolahraga tentu akan menjadikan bentuk fisik kita khususnya laku-laki mengalami perubahan.

Dan dilansir dari Kompas, untuk mengatasi itu, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin dikabarkan mampu mengatasi persoalan tersebut, termasuk pisang.

Pasalnya satu buah pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat, 105 kalori, 14 gram gula alami, dan tiga gram serat yang mengenyangkan.

Baca juga:

Maka dari itu, buah pisang diklaim dapat membuat perut kembali menjadi rata. 

Berikut lima alasan buah pisang menjadi jawaban dari perut buncit:

1. Menekan nafsu makan

Pada umumnya kita akan memilih pisang berwarna kuning untuk dikonsumsi karena teksturnya yang lembut saat sudah matang.

Namun nyatanya pisang yang belum matang alias masih berwarna hijau kaya akan pati resisten atau sesuatu yang tidak dapat diuraikan enzim pencernaan.

Dan pisang yang belum matang tadi akan memberi makan pada bakteri sehat yang terdapat di usus, sehingga akan tercipta senyawa yang mampu menekan hawa nafsu makan.

2. Menghilangkan perut kembung

Bila anda merasa sering kembung, cobalah segera mengkonsumsi pisang.

Sebab para peneliti mengatakan pisang adalah serat prebiotik yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan memberi makan bakteri usus baik.

Bahkan dalam studi di Anaerobe mengklaim dengan perempuan mengkonsumsi pisang sebelum makan dalam waktu 60 hari, maka akan mengurangi sebesar 50 persen potensi perut kembung.

3. Meningkatkan pembakaran lemak

Dalam sebuah jurnal Nutrition and Metabolism mengungkapkan bahwa hanya lima persen karbohidrat harian yang berasal dari pati resisten mampu meningkatkan pembakaran lemak sebesar 23 persen.

Jika ingin mengkonsumsi pisang yang belum matang, maka ada baiknya dicampurkan dengan yogurt, madu, rasberi, serta kacang yang dihidangkan menjadi smoothies.

4. Pestisida Rendah

Ketebalan pada kulit pisang membuat pisang hanya sedikit mengandung pestisida dibandingkan dengan buah atau sayur lainnya.

Pasalnya para ahli menyimpulkan bahwa pestisida yang terkandung dalam buah atau sayuran akan menyebabkan “obesogen” atau kenaikan berat badan.

Hal ini dikarenakan racun yang tersimpan pada sel lemak mengganggu proses pembakaran energi.

5. Makanan pasca dan pra latihan

Para ahli kebugaran setuju bahwa pisang adalah makanan yang pas untuk dijadikan sumber bahan bakar pasca dan pra latihan yang ideal.

Sebab, pisang diperkaya dengan glukosa. Sedangkan glukosa atau gula adalah zat yang mudah dicerna dan dapat memberikan energi yang digunakan saat berolahraga.

Tak hanya itu, pisang juga dapat mencegah pusing dan kram otot usai menjalani latihan.

Kalian dapat memasangkan pisang dengan makanan yang berprotein lainnya, seperti telur rebus dan mentega almond untuk mendapatkan otot yang diinginkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button