OtomotifNews

Piaggio Bukan Sekadar Skuter, Mereka Juga Punya Mobil Bernama Vespa 400

Kalau Anda berpikir Piaggio hanya memproduksi skuter saja selama ini, itu sebuah kekeliruan. Sebab, kenyataanya mereka sempat merilis produk dalam wujud mobil yang disebut sebagai Vespa 400.

Khayalak umum ketika mendengar istilah Vespa kemungkinan besar bakal langsung mengingat skuter yang dibikin oleh perusahaan berbasis di Italia, Piaggio. Kendaraan bermotor buatan mereka memang terkenal di banyak tempat.

Kendati demikian, belum banyak yang menyadari jika Piaggio sempat memproduksi mobil dengan nama Vespa 400 yang diperkenalkan di Monaco, karena sebagian besar orang menganggap Vespa hanyalah skuter.

“Pada puncak keberhasilan Vespa, Piaggio memutuskan untuk memasuki dunia kendaraan roda empat. Hal ini merupakan ambisi dari Corradino D’Ascanio untuk merancang Vespa 400,” tulis keterangan resmi Vespa.

Pihak perusahaan menjelaskan, mobil mereka bermesin dua-tak yang terletak di bagian belakang. Vespa 400 sendiri, meluncur ke pasaran pada tahun 1957 dan berhasil diproduksi Piaggio sebanyak 30 ribu unit.

Vespa 400 dirakit dan diproduksi oleh perusahaan otomotif asal Prancis, Ateliers de Construction de Motocycles et d’Automobiles (ACMA) yang merupakan anak perusahaan Piaggio. Pada tahun pertamanya, mobil ini terjual lebih dari 12 ribu unit. Namun, empat tahun berselang produksinya dihentikan.

Bicanya mengenai dapur pacunya, mobil dengan dua pintu ini diperkuat oleh mesin kelas 400cc dua silinder 2-tak dan dilengkapi pendingin udara. Vespa 400, mampu melesat dengan kecepatan maksimal 83,4 km/jam.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button