NewsTraveling

Pesona Gunung Bongkok Ciamis, Memiliki Dua Puncak

Hobring.com –¬†Provinsi Jawa Barat memiliki banyak gunung yang bisa didaki untuk menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Salah satu gunung yang bisa didaki oleh para pemula adalah Gunung Bongkok yang terletak di perbatasan kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

Mendaki gunung menjadi kegiatan yang popular di kalangan anak muda hingga orang tua saat ini. Sebab mendaki gunung memiliki cerita seru tersendiri dan kalian akan mendapatkan pengalaman yang bernilai saat melakukan perjalanan dari bawah hingga ke puncak gunung.

Nah, buat kalian yang ingin mencari pengalaman mendaki, Gunung Bongkok bisa menjadi pilihan utama. Pasalnya Gunung Bongkok hanya memiliki ketinggian 900-an meter, sangat cocok bagi pemula yang belum memiliki pengalaman. Untuk masalah waktu, kalian hanya memerlukan satu jam untuk sampai ke puncak gunung ini.

Baca Juga:

Daya Tarik

Gunung Bongkok diketahui memiliki dua puncak, dan masing-masing puncak memiliki karakter dan keindahan yang berbeda. Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan mengetahui perbedaan kedua puncak tersebut ketika sudah sampai dipuncaknya.

Tapi, untuk bisa sampai ke puncak Gunung Bongkok, kalian akan sedikit mendapat tantangan. Tantangannya berupa  medan yang cukup berat, karena Gunung ini memiliki banyak bebatuan.

Namun, kalian tidak perlu khawatir saat melakukan pendakian. Karena disetiap jalur atau trek yang cukup terjal sudah disediakan tali tambang oleh pengelola Gunung. Hampir seluruh trek Gunung ini juga memiliki banyak pohon, yang membuat kalian akan merasa teduh saat mendaki.

Para pendaki juga memiliki dua opsi saat melakukan pendakian di Gunung Bongkok. Pertama, bagi kalian yang ingin menikmati waktu di puncak gunung hanya sebentar, kalian bisa saja melakukan perjalanan ini dalam waktu satu hari.

Opsi kedua, kalian yang ingin menikmati sunset dan sunrise di Gunung Bongkok, kalian bisa membawa perlengkapan yang cukup seperti makan, minum, obat-obatan, baju ganti dan tenda untuk berkemah.

Tempat berkemah di Gunung inipun ada dua, pertama kalian bisa berkemah di sekitar Pos 1 Munclu dan yang kedua di Puncak Datar. Tentu kedua tempat tersebut memiliki pemandangan yang indah.

Fasilitas

Gunung Bongkok juga sudah menyediakan beberapa fasilitas penting bagi para pengunjung diantaranya sebagai berikut;

  • Tempat parkir mobil dan motor
  • Warung makan
  • Mushola
  • Toilet Umum

Saran dan Tips

Gunung Bongkok sendiri berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan Purwarkarta, Purwarkarta, Jawa Barat. Jadi, bagi kalian yang tinggal di luar daerah Jawa Barat, kalian sangat di anjurkan unutk menggunakan aplikasi googlemaps untuk pergi ke Obyek Wisata ini, supaya tidak nyasar.

Lebih lanjut, hal utama yang harus kalian siapkan untuk memulai pendakian Gunung Bongkok ialah kondisi tubuh kalian harus dalam keadaan yang fit. Sebab mendaki Gunung Bongkok butuh stamina yang kuat.

Selain itu kalian juga harus membawa perlengkapan utama seperti air, makanan, obat2an dan yang menurut kalian penting. Karena ini bersifat liburan, kalian juga wajib membawa kamera untuk mengabadikan moment seru, unik dan bahagia di Gunung Bongkok.

Kalian juga dianjurkan memakai outfit yang nyaman, supaya leluasa dalam bergerak. Dan jangan lupa membawa jaket untuk menghindari suhu puncak yang dingin.

Nah, sekian informasi, saran dan tips dari Hobring mengenai Gunung Bongkok Ciamis. Semoga penjelasan diatas sedikit membuka pandangan kalian tentang Obyek Wisata satu ini. Tapi ingat, kalau pergi kesana, tetap jaga kelesetariannya ya! dan jangan membuang sampah sembarangan. Soalnya, kalau bukan kita, siapa lagi?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button