NewsTraveling

Pertama dalam Sejarah, Ruang Bawah Tanah Colosseum Dibuka Untuk Umum

Hobring.com – Colosseum di Kota Roma, Italia merupakan salah satu ikon wisata yang wajib dikunjungi wisatawan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ruang bawah tanah Colosseum atau yang disebut hypogea dibuka untuk publik.

Colosseum dulunya merupakan tempat pertarungan para gladiator melawan binatang buas pada zaman Kerajaan Romawi.

Sementara itu, ruang bawah tanah Colosseum merupakan tempat para gladiator dan hewan buas menunggu sebelum akhirnya bertarung.

Dilansir dari CNN, Selasa (29/6) kini wisatawan bakal dapat berjalan melalui lorong-lorong di atas plaform kayu.

Pada area tersebut, wisatawan akan menjumpai koridor dan lengkungan yang menghubungkan hypogea dengan ruangan tempat gladiator dan hewan buas menunggu, sebelum memasuki lift yang akan mengantarkan mereka ke arena.

Sepanjang area hypogea diterangi oleh cahaya lilin, seolah mengajak pengunjung untuk bisa merasakan nuansa masa lalu melalui arsitektur Colosseum saat berjalan di sana.

Kementerian Kebudayaan Italia merilis restorasi besar-besaran area bawah tanah yang terdiri dari kubah dan lorong-lorong tempat para gladiator menunggu bertarung.

“Restorasi sangat penting untuk penelitian arkeologi karena memungkinkan kita merekonstruksi sejarahnya,” jelasnya yang dilansir dari CNN Travel, Selasa (29/6).

Pengerjaan restorasi besar-besaran di area bawah tanah ini dimulai pada 2018. Namun, pengerjaan sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Colosseum Roma
Colosseum, salah satu bangunan peninggalan peradaban Romawi Kuno (Britannica)

Italia semangat bangkit

Colosseum menjadi salah satu landmark paling terkenal di dunia. Wisata tersebut berhasil menarik 5 juta pengunjung per tahun sebelum masa pandemi.

Selama upacara, Della Valle berbicara secara singkat tentang pandemi Covid-19, dan dampaknya terhadap Italia yang digambarkannya sebagai sebuah “tragedi”.

“Sudah waktunya untuk memulai kembali untuk bergerak maju karena ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” kata Della Valle pada upacara pembukaan.

“Ketika bisnis swasta bekerja dengan baik dengan warisan seni publik, banyak hal terjadi,” tambahnya.

Pembukaan area bawah tanah Colosseum untuk wisatawan itu jadi yang pertama kali dalam sejarah sejak 2.000 tahun terakhir.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button