News

Peringati Hari Air Sedunia, Inilah 5 Prinsip Valuing Water

Pada tanggal 22 Maret 2021 diperingati Hari Air Sedunia dengan tema Valuing Water

Hobring.com – Setiap tanggal 22 Maret, seluruh dunia tengah memperingati dan merayakan Hari Air Sedunia atau World Water Day yang diresmikan pertama kali dalam Sidang Umum PBB ke 47 pada tahun 1992. Adapun tema Hari Air Sedunia pada tahun ini adalah Valuing Water yang bertujuan untuk lebih menghargai air sebagai bagian dari sumber keberlangsungan kehidupan mahluk hidup di dunia.

Dengan meningkatkan kesadaran akan krisis air global saat ini dan fokus pada ketaatan menghargai air adalah cara untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 6 yang berkaitan erat tentang air dan sanitasi untuk semua mahluk hidup di tahun 2030.

Tak hanya sekadar menghargai air, keberadaan air di dunia saat ini memiliki nilai yang sangat besar dan berperan penuh bagi kehidupan kita baik itu dari segi makanan, budaya, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan keutuhan lingkungan alam kita.

UN Water melalui High-Level Panel on Water mengungkapkan bahwa ada lima prinsip dalam menilai air dengan cara mengalokasikan dan mengelola air secara berkelanjutan, efisien dan inklusif.

5 Prinsip Valuing Water dari HLPW di antaranya:

1. Recognize and Embrace Water’s Multiple Values

Prinsip ini adalah mengidentifikasi dan mempertimbangkan nilai-nilai yang beragam dari air ke berbagai kelompok dan kepentingan dalam setiap keputusan yang mempengaruhi keberadaan air.

Air memiliki peran penting antara kebutuhan manusia, sosial dan ekonomi kesejahteraan, keyakinan secara spiritual, serta kelangsungan ekosistem yang perlu sama-sama saling mempertimbangkan.

2. Reconcile Values and Build Trust

Prinsip ini adalah melakukan semua proses untuk merekonsiliasi nilai-nilai air dengan cara yang adil, transparan, dan inklusif.

Ketika keberadaan air sudah langka, semua akan melakukan pengorbanan bentuk apapun. Oleh karena itu, berbagai seruan dan ajakan untuk berbagi manfaat kepada semua mahluk hidup adalah cara yang perlu dilakukan sejak dahulu, kini bahkan sampai masa depan.

3. Protect the Sources

Prinsip berikutnya adalah berkaitan dengan sebuah nilai, pengelolaan, dan perlindungan terhadap semua sumber air, termasuk daerah aliran sungai, sungai, akuifer, asosiasiekosistem yang terpakai, dan aliran air bekas untuk generasi sekarang dan masa depan.

4. Educate to Empower

Prinsip Valuing Water berikutnya adalah meningkatkan pendidikan dan kesadaran publik tentang nilai intrinsik air dan peran pentingnya dalam semua aspek kehidupan.

Hal ini akan memungkinkan partisipasi masyarakat yang lebih luas yang berdampak pada keputusan yang bijaksana terhadap air, dan praktik berkelanjutan di berbagai daerah seperti penataan ruang, pembangunan infrastruktur, tata kota, pengembangan industri, pertanian, perlindungan ekosistem, dan penggunaan rumah tangga.

5. Invest and Innovate

Pastikan untuk mendapatkan investasi yang memadai dalam institusi, infrastruktur, informasi, dan inovasi untuk mewujudkannya dengan berbagai manfaat yang diperoleh dari air dan mengurangi risiko yang fatal di masa mendatang.

Jika saat ini kita mengabaikan salah satu dari nilai-nilai tersebut, hal itu akan berdampak dan berisiko fatal di masa depan.

Kehadiran SDG 6 adalah memastikan air dan sanitasi untuk semua. Tanpa pemahaman yang komprehensif tentang nilai multidimensi sejati air, kita tidak akan dapat melindungi sumber daya kritis ini untuk kepentingan semua orang.

Mulai hari ini mulailah untuk menghargai air meski tanpa tema Hari Air Sedunia. Sudah selayaknya, air mendapatkan perlindungan karena semua mahluk hidup sangat membutuhkan termasuk kita.

Sumber: UN Water

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button