NewsLifestyleMusik

Pelanggan Berbayar Spotify Tembus 158 Juta

Hobring.com – Layanan musik, Spotify mengumumkan bahwa saat telah memiliki 158 juta pelanggan berbayar. Pemimpin streaming musik itu mengalami pertumbuhan jumlah pelanggan pada Q1 sebanyak 3 persen.

Tak hanya itu, Spotify juga mengalami peningkatan dalam hal pelanggan berbayar sebanyak 2 persen, dan 21 persen dari tahun ke tahun. Dengan begitu total pendapatan tumbuh sebesar 16 persen.

Spotify meyakini platformnya akan segera menjangkau 162 juta pengguna yang berbayar, meskipun baru-baru ini mengumumkan ada kenaikan harga di Amerika Serikat, Inggris dan Eropa.

Untuk paket keluarga di AS mengalami kenaikan harga sebesar $1 atau setarar Rp14.495, Kenaikan £1 atau setara RP20.255 untuk pelanggan paket Pelajar dan pengguna Duo di Inggris, sementara £2 atau setara Rp40.510 untuk pelanggan paket Keluarga di Inggris.

Baca Juga:

Sementara itu, di negara bagian Uni Eropa pelanggan paket Pelajar dan Duo akan mengalami kenaikan €1 atau setara Rp 20.252, dan pelanggan paket keluarga dikenakan harga €3 atau setara Rp60.757.

spotify 2
Dok. Foto: CNBC Indonesia

Mengutip dari GSM Arena, Spotify masih memimpin layanan streaming musik lainnya dalam hal pengguna aktif bulanan dengan total 356 juta. Sementara layanan streaming musik lain, Apple belum mengumumkan pencapaian apapun akhir-akhir ini, terakhir kali Apple mengumumkan 60 juta pengguna berbayar pada Juni 2019.

Baru-baru ini Apple mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan Langganan Podcast dengan iOS 14.6 pada bulan depan.

Senada dengan itu, Spotify juga mengatakan bahwa mereka juga akan segera menghadirkan fungsionalitas langganan berbayar ke beberapa podcastnya.

Podcaster yang ingin menawarkan langganan berbayar tidak perlu membayar biaya apa pun kepada Spotify selama dua tahun pertama dan mulai tahun 2023 harus membayar potongan 5%. Spotify akan menawarkan podcaster paket bulanan sebesar $ 2,99, $ 4,99, dan $ 7,99.

Sebaliknya Apple akan mengambil potongan 30% dari podcaster berbayarnya di tahun pertama, 15% di tahun kedua dan akan memiliki biaya tahunan $ 19,99.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button