NewsToys

Peduli Lingkungan, Ini yang Dilakukan Lego Lewat Plastik Daur Ulang

Hobring.com – Grup lego adalah sebuah perusahaan produksi mainan asal Denmark yang sudah berdiri sejak 1998. Baru-baru ini Lego membuat prototipe yang berasal dari limbah plastik.

Sebagai upaya kepeduliaannya terhadap lingkungan, Lego meluncurkan prototipe batu bata pertamanya yang terbuat dari plastik daur ulang.

Hal tersebut senada dengan langkah mereka untuk mencapai sebuah tujuan dalam hal membuat bahan berkelanjutan pada tahun 2030.

Dilansir dari laman Lego.com, prototipe itu menggunakan plastik PET dari botol bekas. Di mana bahan daur ulang yang dipilih Lego telah memenuhi persyaratan kualitas dan keamanan yang begitu ketat dari perusahaan.

Selama tiga tahun terakhir, para ilmuwan dan insinyur melakukan pengujian bahan kepada 250 lebih varian bahan PET dan ratusan formulasi plastik lainnya.


Baca Juga:


Tim yang terdiri dari 150 orang lebih itu akhirnya menemukan solusi berkelanjutan untuk produk Lego selanjutnya.

Mereka pun menghasilkan prototipe yang dapat memenuhi persyaratan mulai dari kualitas, keamanan dan permainan sesuai dengan persetujuan dari The US Food & Drug Administration (FDA) dan European Food Safety Authority (EFSA).

Wakil Presiden Grup Lego bagian Environmental Responsibility Tim Brooks mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan adanya terobosan tersebut.

“Tantangan terbesar dalam perjalanan keberlanjutan kami adalah memikirkan kembali dan menginovasi material baru yang tahan lama, kuat, dan berkualitas tinggi seperti bata kami yang ada – dan sesuai dengan elemen LEGO yang dibuat selama 60 tahun terakhir. Dengan prototipe ini, kami dapat menunjukkan kemajuan yang kami buat,” katanya pada Rabu, (23/6) yang dilansir dari laman Lego.com.

lego
Foto: freepik/8photo

Menurutnya, perusahaan masih membutuhkan beberapa waktu sebelum batu bata daur ulang itu siap dirilis kepada publik. Selain itu mereka akan terus meguji dan mengembangkan formulasi PET.

Kemudian mereka akan menilai apakah produk mereka akan dipindahkan ke tahap produksi percontohan atau tidak. Tahap pengujian ini yang kemudian diperkirakan Brooks akan memakan waktu cukup lama yakni satu tahun.

“Kami tahu anak-anak peduli dengan lingkungan dan ingin kami membuat produk kami lebih berkelanjutan. Meskipun akan membutuhkan waktu sebelum mereka dapat bermain dengan batu bata yang terbuat dari plastik daur ulang, kami ingin memberi tahu anak-anak bahwa kami sedang mengerjakannya dan membawa mereka dalam perjalanan bersama kami,” jelasnya.

“Eksperimen dan kegagalan adalah bagian penting dari pembelajaran dan inovasi. Sama seperti anak-anak membangun, membongkar, dan membangun kembali dengan batu bata LEGO di rumah, kami melakukan hal yang sama di lab kami.”

lego
Foto: Lego.com

Lego mendapatkan PET daur ulang yang bersumber dari para pemasok di Amerika Serikat. Dibutuhkan satu liter botol plastik PET untuk membuat sepuluh batu bata Lego berukuran 2×4.

Saat ini formulasi bahan sedang dipatenkan untuk dapat meningkatkan daya tahan PET agar kuat sebagai batu bata Lego yang selama ini kita lihat di toko mainan.

Bata prototipe daur ulang adalah perkembangan terbarukan dari Lego dalam membuat produk-produk berkelanjutan.

Pada 2020, perusahaan Lego mengumumkan akan mulai mengeluarkan plastik sekali pakai dari kotaknya. Selanjutnya pada 2018, Lego mulai memproduksi elemen dari bio-polietilen (bio-PE) yang terbuat dari tebu sebagai sumber bahan-bahan berkelanjutan.

lego
Foto: freepik/davit85

Brooks mewakili Lego Grup berkomitmen untuk memainkan perannya dalam membangun masa depan yang berkelanjutan bagi generasi masa depan.

Ia berharap produknya memiliki dampak positif pada bumi ini, tidak hanya permainan mereka tapi juga bahan-bahan yang mereka gunakan sebagai bagian dari kepeduliannya terhadap lingkungan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button