NewsLifestyle

Peduli Bumi, 5 Brand Kosmetik Ajak Konsumen Ikut Daur Ulang

Hobring.com – Hari Bumi Sedunia atau Earth Day dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencintai lingkungan, salah satunya dengan mengembalikan kemasan produk skincare untuk didaur ulang.

Gaya hidup ramah lingkungan bisa diterapkan dalam perawatan kecantikan lho. Usaha mempercantik diri bukan berarti tidak mempedulikan kondisi lingkungan sekitar kita.

Sustainable beauty alias clean beauty memiliki banyak cara untuk diterapkan demi bumi yang lebih sehat. Dengan memilih produk dari merek yang ramah lingkungan, hingga memanfaatkan ulang atau reuse wadah sisa kemasan produk skincare kita.

Salah satu alternatif yang bisa ditempuh dengan mengembalikan wadah kemasan ke brand yang bersangkutan. Di Indonesia sendiri, ada lima brand kecantikan yang sudah menerapkan program daur ulang.

Baca Juga:

Nantinya, kemasan kosong itu akan dipilah dari brand yang bertanggungjawab menyetorkannya untuk diolah kembali. Berikut daftar brand kosmetik yang bisa daur ulang:

The Body Shop

Produk kecantikan yang satu in memang dikenal eco-friendly alias cinta lingkungan. Sebelum isu sustainable beauty ini ada, The Body Shop (TBS) telah menyediakan program daur ulang bertajuk Bring Back Our Bottle (BBOB).

Lewat program Bring Back Our Bottles, Anda bisa menukarkan kemasan atau botol kosong The Body Shop dengan dua poin member. Nantinya, poin ini bisa dikumpulkan untuk ditukarkan dengan hadiah khusus, dan hasil pengolahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

Pertama kali dirilis tahun 2008, program ini sudah berhasil mengumpulkan jutaan kemasan bekas dan meraih penghargaan dari Kementriaan Lingkungan Hidup dan Hutan Indonesia.

Somethinc

Produk kecantikan local, Somethinc juga menghadirkan program peduli lingkungan. Dengan bekerja sama dengan Waste4Change, konsumen dapat mengembalikan kemasan sisa skincare ke dropbox di gerainya.

Jika kamu ingin mengembalikan kemasannya, sebaiknnya wadah sudah dalam kondisi kosong, bersih dan kering. Menariknya, brand mereka tidak memberikan batasan merek apapun yang dapat dikembalikan. Untuk pengumpulan lima kemasan kosong, maka konsumen akan mendapatkan voucher sebesar Rp 10.000.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BLP Beauty (@blpbeauty)

By Lizzie Parra

Brand kecantikan lokal ini juga menyediakan program daur ulang berjudul There’s A Box For That (TABFT). Setiap kemasan kosong produknya bisa dikembalikan ke gerai terdekat untuk ditukar dengan satu stempel.

Mereka menawarkan tiap pengumpulan sepuluh stempel, konsumen bisa mendapatkan diskon sebesar Rp25.000 untuk setiap pembelian produk tanpa syarat apapun.

BLP bekerja sama dengan Waste4Change, layanan manajemen sampah, untuk mengelola dan mendaur ulang sisa kemasan yang berhasil dikumpulkan.

Innisfree

Merk kecantikan Korea Selatan ini sudah menginisiasi program ramah lingkungannya sejak tahun 2013. Innisfree menggalakkan kampanye ‘Empty Bottle Recycling’ sebagai wujud komitmen melestarikan lingkungan.

Untuk Anda yang mengembalikan botol kosong (kemasan perawatan kulit, rambut, dan badan, baik botol kaca maupun plastik) ke gerai Innisfree, akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan beragam produk atau promo menarik.

Meski demikian, setiap konsumen dibatasi hanya dpaat menukarkan maksimal lima kemasan saja per bulan. Sejak 2013 sampai 2018, sebanyak 12 ribu botol kosong telah didaur ulang oleh Innisfree.

Kiehl’s

Sustainability merupakan nilai yang dipegang Kiehl’s sejak awal berdiri. Kamu bisa mengembalikan kemasan kosong ┬áKiehl’s untuk ditukarkan dengan satu cap.

Lima cap yang terkumpul bisa ditukarkan dengan satu produk travel size Kiehl’s pilihan. Namun program ini hanya berlaku pada produk kemasan utuh saja, tidak untuk travel size maupun sampel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button