LifestyleNews

Panduan Menyusui Bayi Bagi Ibu Positif Covid-19

Ada jalan untuk salurkan ASI ke bayi

Hobring.com – Meski seorang ibu sedang terjangkit Covid-19, bukan berarti tidak boleh menyusui bayinya, tetap dipersilakan, namun, ada yang perlu diperhatikan.

Ibu yang terdampak virus corona tetap diperbolehkan untuk memberikan ASI kepada si buah hati, seperti disadur dari laman KemenPPPA, dan tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan demi menjaga bayi supaya terjamin kesehatannya.

Saat ibu berstatus positif Covid-19, dipersilakan menyusui bayinya jika menginginkan hal itu. Namun, kalau kondisi ibu itu sedang lemah dan belum ingin melakukannya, disarankan untuk menunda menyusui serta memberikan ASI kepada bayinya dengan cara diperah.

Bagi ibu yang positif Covid-19 dan tetap ingin menyusi bayinya, wajib menerapkan hal berikut:

  • Menggunakan masker ketika menyusui
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi
  • Rutin membersihkan permukaan yang disentuh dengan disinfektan
  • Menerapkan etika bersin dan batuk

Baca juga:

Sementara itu, untuk para ibu positif Covid-19 atau memiliki penyakit yang menghalangi saat merawat bayi, hindari menyusui bayinya secara langsung. Oleh karena itu, dianjurkan menyusui bayi secara tidak langsung dengan memperhatikan hal di bawah ini:

  • Memompa atau memerah ASI
  • Mendapatkan donor ASI
  • Melakukan relaktasi

Meski ibu didiagnosis positif corona, bayi tetap dianjurkan menerima ASI, laporan Tirto yang mengutip laman Healthy Children menyatakan bahwa direkomendasikan supaya ibu memompa atau mengeluarkan ASI untuk bayinya agar tidak perlu menyentuh si buah hati.

Selanjutnya, andai ibu memompa payudara, harus membersihkan alat pompa hingga steril. Sang ibu juga mesti rutin mencuci tangan sebelum menyentuh botol, memberi makan, atau usai merawat bayi.

Penting diingat, tidak disarankan memberikan susu selain ASI pada bayi, dan mintalah bantuan orang lain yang sehat untuk menyalurkan ASI perahan pada bayi secara benar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button