TravelingNews

Opsi 6 Tempat Wisata di Sumatera Barat Bernuansa Alam

Mulai dari Pegunungan, Hutan, Hingga Pulau Terpencil Ada Di Sini

Hobring.com – Rangkuman mengenai tempat wisata di Sumatera Barat ini mungkin dapat menjawab kebutuhan kalian ketika berencana liburan ke sana.

Ada banyak sekali tempat wisata di Sumatara Barat yang mengagumkan, mulai dari pegunungannya, hutan-hutannya, sampai pulau terpencil ada di wilayah tanah Minangkabau ini. Jangan ragu untuk berekreasi ke sana, sebab panorama alam yang menawan akan kalian nikmati.

Atas dasar itulah, dalam kesempatan kali ini, Hobring ingin menjabarkan beberapa di antaranya tempat wisata di Sumatera Barat, seperti Lembah Harau, Lawang Adventure Park, Bukit Guguak Sarai, Pulau Pagang, Hutan Lumut Singgalang, dan terakhir Pulau Cubadak.

Nama-nama tadi tentu bisa dicoba dan menarik untuk dijadikan pilihan liburan kalian, atau sebagai opsi tambahan untuk rencana jalan-jalan kalian yang akan datang. Jika ingin tahu rangkuman dari kami terkait tempat wisata di Sumatera Barat, baca selengkapnya di bawah ini.

Baca juga:

Lembah Harau

Tempat-wisata-di-Sumatera-Barat-Lembah-Harau-Hobring
Foto: chaptersunday.com

Tempat wisata di Sumatera Barat yang pertama, Lembah Harau, punya keindahan alam yang bakal memanjakan mata wisatawan sekalian. Di sana, bersemayam air terjun, hamparan padi berwarna hijau, sebuah kolam, hingga pegunungan yang tampak megah.

Posisi Lembah Harau sendiri diapit oleh dua bukit yang menjulang. Oleh sebabnya, di kawasan ini berjajar tebing-tebing granit terjal yang memiliki ketinggian dari 80-300 meter. Tentu, sangat menarik bagi para pelancong yang menyukai panjat tebing.

Lembah Harau berlokasi di Kota Kota Payakumbuh, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota. Kalau tertarik untuk mengunjunginya, kalian bisa memulai perjalanan dari Payakumbuh, 138 km dari Kota Padang, durasi tempuhnya sekitar 30 menit ke kawasan Lima Puluh Koto sebagai pintu masuk lembah ini.

Lawang Adventure Park

Tempat-wisata-di-Sumatera-Barat-Lawang-Adventure-Park-Hobring
Foto: travelade.com

Tempat wisata di Sumatera Barat yang kedua, Lawang Adventure Park, menawarkan pemandangan utuh dari Danau Maninjau yang memesona, terlebih di kala senja. Adapun berbagai aktivitas yang tersedia di sana, salah satunya adalah kegiatan olahraga ekstrim paralayang.

Di Lawang Adventure Park ini, banyak wisatawan dibuat kagum dengan panorama eksotis Danau Maninjau yang terhampar tepat di depan mata mereka, momen tersebut juga menjadi sasaran pengunjung untuk memotret penampakanya.

Andai tertarik menikmati sensasi fajar yang memikat, terdapat beberapa penginapan untuk menemani malam para pelancong. Selain itu, di sini pengunjung juga punya kesempatan memetik stroberi, apel dan jeruk secara langsung langsung dari kebun kalau sedang musimnya.

Lawing Adventure Park berada di Nagari Lawang, Kec. Matur, Kab. Agam. Jam operasionalnya dari hari Senin sampai Minggu, dibuka mulai pukul 7 pagi hingga jam 6 sore.

Kalau ingin mampir, pergilah ke Bukittinggi, dari sana bisa ditempuh 45 menit berkendara (kira-kira 23 km) dengan mengambil arah turun Jalan Ngarai ke Simpang Matur.

Bukit Guguak Sarai

Tempat-wisata-di-Sumatera-Barat-Bukit-Guguak-Sarai-Hobring
Foto: Benimography

Tempat wisata di Sumatera Barat yang ketiga, Bukit Guguak Sarai, merupakan lokasi liburan yang mesti disambangi khususnya bagi kalian penikmat aktivitas foto ekstrim dan penuh tantangan. Dari ketinggian sekitar 800 mdpl, wisatawan dapat menyaksikan bentang alam hamparan sawah sampai bukit yang berjejer.

Tentu, Bukit Guguak Sarai adalah surganya para pendaki dan fotografer dengan pemandangan lapang dari puncaknya. Menariknya, jalur menuju puncak dibuat sendiri oleh para penduduk Koto Sungai Lasi.

Kendati terkesan sangat menantang, namun, pengunjung cuma butuh kisaran 15-20 menit saja untuk mencapai puncak bukit.

Untuk menuju ke sana, bisa dimulai dari Solok yang jarak tempuhnya 15 menit berkendara melalui Sawahlunto. Kemudian, ambil belokan kanan pertama setelah menemukan SDN 05 Guguak Sarai, belok ke kanan lagi dan pengunjung akan menemukan tempat memulai perjalanan terjal dengan berjalan kaki.

Pulau Pagang

Tempat-wisata-di-Sumatera-Barat-Pulau-Pagang-Hobring
Foto: Wikimedia Commons

Tempat wisata di Sumatera Barat yang keempat adalah Pulau Pagang, di mana para pelancong akan disambut oleh air yang jernih dan pasir putih saat bertandang ke sana. Pemandangan bawah lautnya pun dipenuhi dengan ikan berwarna-warni, menjadikannya lokasi yang pas buat snorkeling.

Selain itu, Pulau Pagang ini merupakan tempat yang menarik untuk para pecinta solo traveller, atau mereka yang tidak suka dengan suasana keramaian, dan di sini wisatawan juga dapat mendirikan tenda untuk menginap di tepi pantainya.

Meski begitu, fasilitas yang tersedia belum lengkap, cuma ada beberapa penginapan saja dengan kisaran harga kurang lebih Rp250 ribu hingga Rp300 ribu per malam, dan aliran listrik juga masih terbatas di mana hanya tersedia dari pukul 6 sore sampai 12 malam.

Mau mendatanginya? Kalian bisa memulai perjalanan dari Padang, kemudian pergilah ke Pelabuhan Bungus (10 km), pengunjung harus menyewa perahu yang dipatok mulai dari Rp250 ribu per orang. Setelah itu, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk sampai di Pulau Pagang menggunakan speedboat.

Hutan Lumut Singgalang

Tempat-wisata-di-Sumatera-Barat-Hutan-Lumut-Singgalang-Hobring
Foto: andalastranswisata.com

Tempat wisata di Sumatera Barat yang kelima, yaitu Hutan Lumut Singgalang yang penuh dengan pepohonan hijau di mana kadang diselimuti kabut. Ini sangat cocok untuk para pecintah alam belantara, sebab hutan ini punya ciri khas berbalut lumut.

Keberadaan lumut tersebut tidak hanya di batang pohon, tetapi, juga menyebar hingga ke dahan-dahan pohon, dan hal itu bikin semua pepohonan besar di sini terlihat semakin eksotis untuk diabadikan oleh setiap pengunjung yang mampir ke sana.

Memang, pada dasarnya Hutan Lumut Singgalang bukanlah objek wisata resmi, melainkan salah satu jalur yang mesti dilewati para pendaki ketika sedang menuju ke Gunung Singgalang melalui jalur perkampungan Pansai Sikek. Oleh sebabnya, banyak di antara mereka memilih hutan menawan ini sebagai lokasi istirahat.

Pulau Cubadak

Tempat-wisata-di-Sumatera-Barat-Pulau-Cubadak-Hobring
Foto: booking.com

Tempat wisata di Sumatera Barat yang keenam, Pulau Cubadak, merupakan pulau yang berukuran kecil dengan luas hanya 40 kilometer. Walaupun begitu, ia sangatlah ekostis.

Wisatawan bisa menyaksikan hutan yang tidak tersentuh, pantai berpasir putih dengan bentangan pesisir sejauh 1,5 kilometer, serta panorama bawa air yang bisa dimanfaatkan untuk snorkeling atau diving.

Karena lokasinya yang terpencil, pulai ini baru punya satu akomodasi, yakni Cubadak Paradiso Resort. Bangunannya sendiri menyerupai arsitektur Minangkabau tradisional, dan Pulau Cubadak ini bisa dijadikan tempat untuk berbulan madu yang sempurna.

Kemudian, ada hutan dan bukit yang bisa dijelajahi, sebelum melakukannya disarankan menyewa jasa pemandu mengingat masih banyak satwa liar seperti monyet, rusa, babi, dan sebagainya yang masih berkeliaran bebas di pulau ini.

Perjalan ke Pulau Cubadak bisa dimulai dari Padang ke arah selatan menuju pelabuhan Ikan Carocok yang berjarak 57 km atau sekitar 2-3 jam berkendara. Pengunjung harus menaiki perahu cepat yang memakan biaya kira-kira Rp150 ribu dengan jangka waktu kisaran 20 menit.

Kalau kalian menginap di Paradiso Resort, bisa mengatur penjemputan dari bandara dengan syarat memesan penginapan 3 malam.

Demikian penjelasan lengkap Hobring mengenai tempat wisata di Sumatera Barat yang dapat menjadi opsi bagi kalian ketika berniat pergi liburan ke sana. Sebelumnya, kami juga sudah menerbitkan artikel tentang rekomendasi lokasi rekreasi di wilayah Batusangkar yang mungkin bisa jadi alternatif untuk kalian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button