NewsLifestyle

Nggak Harus Mahal, Coba 7 Inspirasi Berkebun di Lahan Sempit

Hobring.com – Kegiatan berkebun tidak selalu identik dengan lahan yang luas. Dengan sedikit kemauan dan kreativitas, tempat kecil di pekaranganmu bisa lho disulap menjadi kebun siap panen aneka sayur dan buah-buahan.

Selain sebagai sarana rekreasi untuk terlepas dari penatnya rutinitas sehari-hari, berkebun juga menjadi jalan untuk mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar.

Berkebun di rumah bisa menjadi kegiatan yang meyenangkan, dan mendatangkan banyak manfaat.

Selain sebagai sarana rekreasi untuk terlepas dari penatnya rutinitas sehari-hari, berkebun juga menjadi jalan untuk mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga:

Sayangnya kebanyakan rumah di perkotaan saat ini tidak memiliki lahan yang luas karena mahalnya harga tanah.

Nggak usah khawatir, taman vertikal sering menjadi solusi praktis untuk tetap bisa berkebun di rumah dengan luas halaman yang terbatas.

Nggak harus ribet dan mahal, berkebun dengan metode ini bisa juga lho kamu buat dari barang-barang bekas, dan tentu saja akan mempercantik rumahmu.

Kamu termasuk yang suka berkebun tetapi tidak memiliki lahan yang luas? Yuk coba inspirasi berkebun di lahan sempit berikut ini:

inspirasi berkebun di lahan sempit

Bikin kebun vertikal

Berkebun dengan cara vertikal atau vertikultur sangat cocok dengan kondisi rumah yang lahannya sangat terbatas.

Kamu bisa berkreasi dengan kebun vertikal, yakni meletakan tanaman di dinding, pagar, atau papan.

Gunakan pipa panjang yang ditegakkan menyerupai menara dengan terlebih dulu melubangi beberapa bagian paralon sebagai wadah untuk tanah dan menanam bibit.

Selanjutnya, kamu bisa memasang pipa secara memanjang dan bertingkat menyerupai tangga agar wadah lebih stabil dan dapat memuat lebih banyak tanaman.

Luas tanah yang dibutuhkan untuk menanam secara vertikultur hanya sekitar 1 meter saja. Kamu bisa menanam kangkung, bayam, bawang, kentang dan wortel.

Sementara untuk tanaman buah seperti stroberi dan bunga mawar juga bisa kamu tanam secara vertikultur.

Baca Juga: 15 Jenis Tanaman Hias Gantung yang Tahan Panas

kantong tanaman

Ganti pot dengan kantong tanaman (planter bag)

Biasanya menanam dengan pot cenderung membutuhkan banyak tempat. Nah, kamu bisa nih menggantinya dengan kantong-kantong tanaman. Nantinya, kantong tanaman tersebut bisa diisi dengan tanah dan ditanami banyak tumbuhan.

Untuk memaksimalkan ruangan sempit, kantong bisa disusun dengan cara digantung atau dipasang di dinding. Gimana, tetap cantik kan?

toples bekas
Dok/Foto: balconygardenweb.com

Manfaatkan toples bekas

Berkebun di lahan sempit juga bisa kamu manfaatkan dengan toples bekas yang tidak digunakan di rumah.

Toples bekas, bisa kamu jadikan sebagai media tanam. Tanaman-tanaman penyedap rasa seperti basil, rosemary, atau oregano cocok ditanam di toples bekas.

inspirasi berkebun di lahan sempit
Dok/Foto: idealhome.co.uk

Bikin greenhouse mini

Punya greenhouse sendiri di lahan sempit? Kenapa enggak. Greenhouse dapat dibuat sendiri dengan sederhana di rumah, misal dengan model rak kaca yang tembus cahaya.

Menanam tanaman dalam sebuah greenhouse berfungsi untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar sesuai dengan karakter tanaman di dalamnya.

Beberapa tanaman seperti lidah mertua, suplir, atau daun gajah cocok lho ditanam dengan metode ini.

inspirasi berkebun di lahan sempit

Pakai bohlam bekas

Punya bohlam yang nggak terpakai? Coba deh jadikan bohlam bekas sebagai pot tanaman, lalu kamu paku di dinding. Biarkan akar tanamanmu jadi corak di bohlam tersebut! Gimana, menarik kan?

inspirasi berkebun di lahan sempit

Gantungin aja

Suka sama konsep taman gantung? Tenang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggantung pot tanamanmu kayak gini. Cocok nih untuk memeriahkan balkonmu!

Selain itu, kamu juga bisa nih menggantungkan tanaman, misalnya di dapur atau punya tiang penggantung baju nganggur?

Manfaatkan saja untuk menggantung tanamanmu. Tentunya pastikan tali penggantung kuat menahan beban tanaman dan pot ya.

inspirasi berkebun di lahan sempit

Kebun dalam rak

Ingin punya rak tanaman yang kekinian? Bisa terapkan rak display bertingkat kayak gini, nih.

Rak display atau rak teralis besi berfungsi meletakkan berbagai pot tumbuhan. Kamu bisa meletakkannya di dalam rumah.

Tentu saja kamu harus perhatikan pencahayaan yang cukup agar tanaman bisa berfotosintesis ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button