NewsHiburan

Nadiem Makarim Bagi Tips Sukses Asah Otak dan Berpikir Kritis Lewat TikTok

Hobring.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makariem berbagi tips sukses mengasah otak dan berpikir kritis lewat akun TikTok resmi Kemendikbud @kemendikbud.ri.

Tips ini menjadi bagian dari semangat Merdeka Belajar yang menjadi konsep dan program pendidikan inisiatif, sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang bahagia dan nyaman.

“Halo ini Mendikbud Nadiem Makarim, ingin membagikan tips sukses bagaimana cara mengasah otak dan berpikir kritis,” ujar Nadiem mengawali videonya di TikTok.

Menurutnya, kegiatan mengasah otak ini penting dilakukan agar kinerja otak tetap terjaga, karena layaknya dengan tubuh yang perlu dilatih agar senantiasa sehat, otak pun demikian. Sementara berpikir kritis adalah kunci agar tidak terjebak dengan informasi yang tidak benar.

Lebih lanjut, ada 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengasah otak dan berlatih berpikir kritis dengan suasana yang menyenangkan.

Membaca buku

Nadiem menuturkan, tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah rajin membaca buku. Dengan membaca buku setiap hari membantu kita menambah wawasan.

Dia juga menggarisbawahi untuk sebisa mungkin setiap hari membaca buku meski hanya 10 atau 20 halaman saja.

“Mau 10, 20, 50 halaman sehari, yang penting setiap hari kita membaca buku,” tutur Nadiem.

Saring informasi

Selanjutnya, Nadiem juga mengingatkan bahwa informasi yang kita dapat harus dikritisi dengan mencari banyak sumber terkait yang terpercaya.

Kamu diminta untuk tidak menelan mentah-mentah dan mudah informasi yang diterima. Penting untuk melakukan cross check atau cek silang.

“Harus cross check lagi, cari source (sumber lain) dan bicara dengan orang lain,” ucapnya.

Berteman dengan orang yang memiliki opini berbeda

Selanjutnya adalah memiliki teman yang berpandangan berbeda. Hal tersebut dapat memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

“Jangan berteman dengan orang yang hanya selalu setuju dengan kita, berteman dan berdiskusi dengan orang orang yang berbeda dari kita,” terang Nadiem.

Keluar dari zona nyaman

Terakhir, Nadiem mengatakan melakukan aktivitas di luar zona nyaman juga dapat menambah wawasan baru, pengalaman baru, serta pemikiran baru.

“Yuk mari kita bagikan tips dan pengalaman belajar kalian untuk sama-sama belajar dengan memakai tagar #samasamabelajar dan #merdekabelajar. Saya tunggu video kalian ya. Salam merdeka belajar!” tutup Nadiem.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button