MusikNews

Musik BTS Kini Bisa Didengar Kalangan Tunarungu Berkat Seniman Bahasa Isyarat

Hobring.com – Dialah Saori Fujimoto yang membawa lagu BTS untuk dipersembahkan kepada kalangan tuanrungu supaya mereka juga bisa menikmatinya. Ia punya cita-cita menghubungkan bahasa isyarat dengan musik.

Seorang yang menyebut dirinya seniman bahasa isyarat, yakni Saori Fujimoto (31), mulai belajar bahasa Korea Selatan pasca terpesona dengan boy band TVXQ. Ia kerap membawakan lagu K-pop dengan cara unik demi membantu kalangan tunarungu untuk menikmati musik.

Saori sudah tampil membawakan lagu BTS seperti “ON” (2020) dan “Dynamite” (2020), hingga mendapatkan ulasan positif dari penggemar di seluruh dunia, sebagaimana dilansir dari The Korea Times, ia memadukan gerakan bahasa isyarat dengan koreografi supaya penampilannya lebih dinamis.

“BTS sering menyampaikan pesan filosofis melalui lagu-lagunya dan bisa menghibur orang-orang di seluruh dunia. Karena itulah saya secara khusus ingin membuat beberapa konten musiknya dengan cara yang dapat dinikmati oleh semua orang, termasuk tunarungu.”

Saori Fujimoto

Kendati demikain, Saori berusaha untuk tidak terlalu banyak memasukkan penekanan pada gerakan tari, mengingat fakta jika para tunarungu bisa salah paham terhadap arti liriknya, bahkan arah wajah pun memiliki konotasi yang berbeda.

“Banyak orang dengan gangguan pendengaran tidak tahu bahasa Korea dan tata bahasanya dengan baik. Jadi saya harus berusaha untuk mengungkapkan lirik sejelas mungkin saat tampil.”

Saori Fujimoto

Baca juga:

Pada awalnya, dia mengaku punya penerjemah bahasa isyarat lainnya, namun, sekarang dirinya melakukan semuanya dari A sampai Z sendiri. Oleh sebabnya, dia akan membuat lebih banyak pertunjukan di saluran YouTube-nya, karena konten untuk tuna rungu selalu tidak memadai.

Meski begitu, beberapa orang pernah menyerangnya secara daring karena menggunakan bakatnya untuk mempromosikan K-pop dan KSL, alih-alih bahasa isyarat negaranya sendiri.

“Komentar negatif di akun media sosial saya terkadang menyakiti saya, namun saya tahu ada lebih banyak orang yang mendukung saya. Mereka memuji saya dan berterima kasih kepada saya karena menghasilkan konten menyenangkan.”

Saori Fujimoto

Saori menegasikan, akan terus menghubungkan tunarungu dengan K-pop, dan lainnya. Dia pun ingin mendirikan perusahaan sosial untuk mencapai tujuan itu dan terus membuat konten yang menghubungkan bahasa isyarat dan musik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button